Ini 12 Penyebab Perempuan Sulit Hamil, Menopause Dini Salah Satunya

Masalah kehamilan yakni masalah bersama yang sifatnya “bilateral” antara suami dan istri, dan bukan semata-mata dilema istri. Sehingga kalau istri mengalami sulit hamil maka penyebabnya sanggup berasal dari kedua belah pihak.

Bagi sebagian pasangan, mempunyai anak atau keturunan bukanlah masalah. Karena mereka gampang mempunyai anak di periode awal ijab kabul mereka.

Bagi sebagian yang lain, mempunyai anak atau keturunan mungkin merupakan cita-cita yang bertahun-tahun belum sanggup diwujudkan. Bersabar, berdoa dan berusaha sudah dilakukan, tapi si buah hati tak juga membuktikan gejala bakal hadir.

Masalah kehamilan yakni masalah bersama yang sifatnya  Ini 12 Penyebab Wanita Sulit Hamil, Menopause Dini Salah Satunya

Apa bekerjsama yang menjadikan seorang perempuan sulit hamil ? Mengapa sebagian perempuan sanggup cepat hamil sedangkan sebagian yang lainnya susah ?

Penyebab perempuan sulit hamil

Menurut ilmu pengetahuan ada beberapa faktor penyebab perempuan sulit hamil. Berikut diantaranya :

#1. Sindrom ovarium polikistik  (PCOS)

PCOS (polycystic ovaries syndrome) yakni sebuah kondisi yang menjadikan produksi hormon androgen berlebih dan menjadi salah satu penyebab utama ketidaksuburan pada wanita. Ketidakseimbangan hormon yang diakibatkan oleh PCOS menjadikan masalah dengan ovulasi dan siklus haid pun terganggu. Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan kelebihan berat tubuh dan resistensi insulin.

#2. Menopause dini

Pengertian menopause dini yakni kekurangan atau hilangan menstruasi dan tanda awal habisnya folikel ovarium sebelum seorang perempuan mencapai umur 40 tahun. Jika fungsi indung telur (ovarium) dan menstruasi berhenti sebelum umur 40 tahun, maka seorang perempuan dianggap menopause dini. Penyakit kekebalan tertentu atau bahkan terapi radiasi sanggup menjadi penyebab menopause dini pada wanita.

#3. Kerusakan pada jalan masuk telur (tuba)

Ketika jalan masuk tuba meradang, hal ini mungkin disebabkan lantaran adanya penyumbatan atau jaringan parut, yang pada gilirannya, menjadikan infertilitas. Kerusakan tersebut umumnya disebabkan oleh nanah penyakit menular seksual, terutama klamidia. Kasus-kasus lain yang sanggup menjadikan penyumbatan pada tuba  termasuk penyakit radang panggul, atau bekas operasi akhir kehamilan ektopik.

#4. Endometriosis

Endometriosis yakni suatu kondisi dimana jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini biasanya akan menghipnotis indung telur, telur, jalan masuk telur, rahim dan bahkan fungsi sperma. Dalam masalah endometriosis yang ringan, konsepsi masih mungkin terjadi lantaran tidak semua perempuan akan mengalami infertilitas. Pada masalah ini, laparoskopi sanggup dipakai untuk menghilangkan jaringan parut yang disebabkan oleh endometriosis untuk membantu pembuahan.

#5. Ovarium jaringan parut

Faktor lain yang menghipnotis ovulasi perempuan yakni kerusakan fisik pada ovariumnya. Kerusakan tersebut sanggup disebabkan oleh pembedahan akhir kista ovarium. Operasi konstan yang luas atau invasif sanggup menjadikan kerusakan jaringan parut ke titik di mana folikel ovarium tidak sanggup lagi dewasa, kesannya proses ovulasi menjadi tidak lengkap.

#6. Adhesi pelvis

Adhesi pelvis sanggup diartikan sebagai jaringan parut yang terbentuk sehabis operasi panggul, usus buntu yang sanggup mengganggu kesuburan. Adhesi pelvis sanggup mengubah struktur jalan masuk tuba, sehingga sulit untuk telur perempuan melaksanakan perjalanan melalui jalan masuk tersebut.

#7. Masalah tiroid

Hipertiroidisme yakni suatu kondisi dimana kelenjar tiroid terlalu aktif. Sedangkan tiroid hipotiroidisme, merupakan kondisi yang disebabkan oleh tiroid kurang aktif. Keduanya sanggup menjadikan masalah ketidaksuburan dan susah hamil pada wanita.

#8. Pengobatan kanker

Memiliki kanker dan menjalani radioterapi atau bentuk lain pengobatan kanker sanggup mengganggu fungsi dari sistem reproduksi laki-laki atau wanita. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan kesuburan seorang perempuan salah satu penyebabnya yakni efek samping dari radiasi.

Namun kondisi ini juga tergantung dari cuilan tubuh yang di sinari. Wanita yang menjalani terapi radiasi harus membicarakan dengan dokter mereka wacana efek pengobatan yang mungkin akan menghipnotis kesuburan mereka.

#9. Obat-obatan dan gaya hidup tertentu

Obat-obatan tertentu sanggup menjadikan infertilitas pada wanita. Tetapi dengan menghentikan konsumsi obat itu sepenuhnya, perempuan masih mungkin untuk kembali menjadi subur ibarat semula. Menggunakan obat-obatan, minum alkohol, merokok, contoh makan tidak sehat dan kelebihan berat tubuh atau kekurangan berat badan, dan olahraga atletik berlebihan juga sanggup menjadikan perempuan sulit hamil dan infertilitas.

#10. Faktor usia

Usia juga dianggap sebagai faktor umum terkait infertilitas pada wanita. Wanita di atas 40 tahun mempunyai jumlah sel telur lebih rendah dan cenderung kurang sehat. Kemungkinan keguguran juga lebih tinggi pada perempuan yang usianya lebih tua.

#11. Kualitas sperma yang rendah

Kualitas sperma yang rendah biasanya disebabkan lantaran adanya kelainan pada pembentukan spermatozoa. Selain itu, baik buruknya contoh hidup seorang laki-laki sanggup menghipnotis tinggi rendahnya kualitas sperma. Bila kualitas sperma seorang suami rendah, sanggup dipahami bila istri kemudian menjadi sulit hamil, bukan ?

#12. Kondisi psikologis

Kondisi psikologis suami istri sangat menghipnotis kemungkinan kehamilan pada seorang wanita. Kondisi dan situasi rumah tangga yang tidak harmonis, tidak ceria, menyimpan masalah, stress, sering cekcok, sanggup menjadikan terjadinya masalah kesulitan kehamilan pada pasangan tersebut.

Baca juga : 11 Makanan Yang Dianjurkan Agar Cepat Hamil

Untuk memahami apa sesungguhnya yang menjadi penyebab sulit hamil pada pasangan suami-istri, maka dibutuhkan upaya bersama dari mereka. Kedepankan kebersamaan dan jauhi ego masing-masing. Semoga cita-cita mendapat si buah hati sanggup segera terwujud.

0 Response to "Ini 12 Penyebab Perempuan Sulit Hamil, Menopause Dini Salah Satunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel