Cara Menciptakan Selai Pepaya Yang Lezat

Pepaya mempunyai aneka macam kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, beberapa diantaranya yaitu vitamin A,  B, C, kalsium, niacin, zat besi, kalium, fosfor, protein dan lain sebagainya. Selain enak dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi selai yang lezat.

Selai pepaya merupakan salah satu makanan komplemen untuk camilan anggun kering, roti dan aneka makanan lainnya. Selai yang terbuat dari buah pepaya ini mempunyai cita rasa yang enak dan tekstur yang lembut sehingga sangat terasa nikmat di lidah.


Resep Membuat Selai Pepaya


 Pepaya mempunyai aneka macam kandungan yang bermanfaat untuk badan Cara Membuat Selai Pepaya yang Lezat

Pada dasarnya, cara menciptakan selai pepaya tidak jauh berbeda dengan selai buah lainnya. Agar selai yang dihasilkan bercita rasa lezat, buah pepaya yang dipakai harus benar-benar matang. Dengan begitu, selai buatan Anda akan terasa anggun dan lezat. Bagi Anda yang tertarik untuk menciptakan selai pepaya, berikut ini yaitu bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 1 buah pepaya yang sudah matang
  • Air dingin  
  • Gula pasir secukupnya
  • Air hangat
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Belah buah pepaya matang menjadi dua bagian. Lalu, keluarkan semua biji yang ada di dalamnya hingga benar-benar bersih. Selanjutnya, potong-potong kecil memakai pisau dan bersihkan dengan air higienis hingga getah pepaya sudah tidak ada lagi.
  2. Langkah selanjutnya, rendam buah pepaya yang sudah dipotong tadi ke dalam panci yang sudah diisi dengan air hangat. Tambahkan garam secukupnya. Lalu, diamkan selama 5 menit.  
  3. Apabila sudah direndam, angkat buah pepaya tadi kemudian tiriskan hingga tidak ada air rendaman yang menetes lagi. Jika sudah kering, Anda parut atau blender buah pepaya tadi dan letakkan di dalam panci untuk dimasak. Saat memasak buah pepaya, Anda tambahkan gula pasir secukupnya (sesuai selera). Selai tentunya akan terasa enak ketika disajikan dengan rasa yang manis.
  4. Masak selai buah pepaya dengan api yang sedang sembari diaduk terus. Anda harus tetap mengaduk biar selai yang sedang dimasak tidak menggumpal dan dapat matang secara merata. Jika selai sudah berubah warna menjadi cokelat dan mengental, maka saatnya untuk Anda mengangkat selai tersebut.
  5. Selanjutnya dinginkan selai terlebih dahulu. Apabila sudah dingin, tuangkan pada toples beling kedap udara. Pastikan jikalau toples tersebut memang tertutup biar selai dapat abadi dalam waktu yang lama. Sekarang, Anda dapat mengoleskan selai enak ini pada roti atau makanan lain sehingga rasanya akan semakin enak dan menggugah selera.

Bagaimana cara menciptakan selai buah pepaya di atas sangat gampang bukan? Apalagi bahan-bahannya juga sangat gampang ditemukan di pasar tradisional atau minimarket terdekat. Sekian ulasan terkait dengan resep selai pepaya. Semoga resep di atas dapat dijadikan sebagai rujukan untuk Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah.

0 Response to "Cara Menciptakan Selai Pepaya Yang Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel