Manfaat Buah Sirsak Dan Daunnya Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal buah sirsak? Buah dengan daging berwarna putih ini cukup terkenal di tengah-tengah masyarakat. Rasa buah ini memang sedikit masam. Akan tetapi, rasa masam ini justru menciptakan buah sirsak banyak diminati oleh masyarakat. Manfaat buah sirsak juga sangat banyak untuk kesehatan.

Sirsak bisa dimakan secara eksklusif ketika buahnya telah matang. Agar lebih lezat, buah sirsak bisa diolah menjadi jus yang segar dan cocok dinikmati ketika siang hari. Ada hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan buah sirsak ini. Selain mempunyai rasa unik yang lezat, manfaat buah ini juga cukup konkret untuk kesehatan kita. Tak hanya buahnya, daun sirsak juga mempunyai khasiat yang anggun untuk kesehatan manusia. Berikut ini akan dijelaskan wacana manfaat buah dan daun sirsak untuk kesehatan. Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.


Kandungan Nutrisi Buah Sirsak


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat buah dan daun sirsak, pertama-tama akan dibahas secara tuntas terlebih dahulu mengenai kandungan buah sirsak. Di dalam satu buah sirsak, terdiri dari sejumlah vitamin dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan. Satu buah sirsak terdiri dari 20% kulit buah, 67,5% daging yang sanggup dimakan, 4% hati buah dan 8.5% biji.

Menurut Radi, Seorang Pakar Nutrisi, selain mengandung vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin B, di dalam buah sirsak juga terkandung zat sukrosa sebesar 2.54%, levulosa sekitar 0.04% dan dekstosa sebesar 5.05%. Untuk lebih jelasnya lagi, pada setiap 100 gram daging sirsak di dalamnya akan mempunyai komposisi nutrisi sebagai berikut.

Komposisi kalori sebanyak 65 cal dengan karbohidrat sebanyak 16.3 gram. Di dalam buah sirsak juga terkandung protein sebesar 1.0 gram, lemak 0.3 gram, kalsium sebesar 14.0 mg, zat besi sebesar 0.6 mg, fosfor sebesar 27.0 mg, Vitamin A sebesar 10.0 SI. Vitamin B1 sebesar 0.07 mg dan vitamin C sebesar 20 gram. Data komposisi kandungan nutrisi buah sirsak ini sangat valid lantaran diperoleh dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Dari beberapa nutrisi yang disebutkan di atas, buah ini cenderung baik untuk dikonsumsi.


Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan


 Buah dengan daging berwarna putih ini cukup terkenal di tengah Manfaat Buah Sirsak dan Daunnya Bagi Kesehatan

1.  Sebagai Sumber Energi Untuk Tubuh

Kandungan karbohidrat yang cukup banyak pada buah sirsak bisa menimbulkan buah ini sebagai salah satu buah penghasil energi. Selain itu, adanya kandungan vitamin B1 menciptakan buah ini lebih bermanfaat untuk menambah jumlah energi serta menjaga kesehatan dan fungsi beberapa organ badan ibarat otak, jantung, paru-paru serta ginjal. Vitamin B1 ini bertindak sebagai ko-enzim yang berfungsi untuk mengubah zat glukosa menjadi energi.

2.  Mampu Meningkatkan Imunitas

Sistem imunitas yang terjaga akan menghalau banyak sekali penyakit yang mengancam kesehatan manusia. Manfaat buah sirsak bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu sanggup meningkatkan sistem imunitas kita. Manfaat ini diperoleh dari kandungan senyawa yang dimulai dari senyawa acetogenis hingga dengan muricepantocin. Selain meningkatkan kekebalan badan kita, buah sirsak juga bisa dijadikan sebagai buah yang bisa menangkal penyakit.

3.  Meningkatkan Kosentrasi

Buah ini juga mempunyai kandungan zat tiamin. Zat tiamin ini berfungsi untuk meningkatkan memori dan juga konsentrasi manusia. Adanya beberapa vitamin dalam buah sirsak juga sanggup menciptakan otak bisa terlepas dari stress dan juga memperkuat sistem saraf motorik di dalam otak.

4.  Menjaga Sistem Pencernaan Agar Tetap Sehat

Sebagian besar orang mengalami sistem pencernaan yang bermasalah. Hal ini disebabkan oleh badan kekurangan zat-zat yang bisa membantu proses pencernaan. Tubuh membutuhkan serat, vitamin dan beberapa nutrisi lainnya untuk melancarkan sistem pencernaan. Dalam buah sirsak terkandung beberapa nutrisi yang sanggup melancarkan sistem pencernaan manusia.

5.  Membantu Proses Produksi Hemoglobin

Dalam buah sirsak terkandung zat yang berjulukan riboflavin yang berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah atau yang kita sebut dengan hemoglobin. Zat ini juga sanggup membantu mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Dengan demikian, kinerja organ-organ vital badan pun akan semakin optimal.

6.  Mengurangi Resiko Terkena Serangan Jantung

Dari sebuah hasil penelitian, ditemukan fakta wacana manfaat dari buah sirsak yang bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit di mana kondisi arteri pada jantung mengalami penebalan sehingga sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung pun akan terjadi. Buah sirsak bisa menghilangkan aterosklerosis yang ada dalam jantung.

Baca juga: Manfaat Buah Pepaya

7.  Mencegah Katarak

Katarak yaitu salah satu penyakit mata yang sering mengancam seseorang yang telah berusia lanjut. Untuk mencegah penyakit katarak, Anda bisa melakukannya dengan sering mengonsumsi buah sirsak minimal satu hari sekali.

8.  Melawan Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh sebagian besar orang. Penyakit ini mempunyai terapi penyembuhan yang sangat rumit. Sebagian besar penderita kanker bahkan tidak bisa tertolong, lantaran ganasnya penyakit ini. Untuk mencegah kanker, biasakan mengonsumsi buah sirsak pada sela-sela kegiatan Anda.

9.  Mengurangi Resiko Terkena Diabetes

Rasa buah sirsak ada yang masam, ada juga yang sedikit manis. Meskipun mempunyai rasa manis, di dalam buah sirsak kadar gulanya cukup rendah sehingga sanggup mengurangi resiko diabetes. Oleh lantaran itu, jus buah sirsak bisa menciptakan Anda terhindar dari resiko terkena diabetes.

10.  Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Sirsak mengandung niacin, yang mana zat ini bisa meningkatkan kandungan kolesterol HDL atau kolesterol baik dalam badan dan menekan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Oleh lantaran itu, penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah ini untuk mendapat manfaatnya.

11.  Mencegah Anemia

Seperti yang telah disebutkan di atas, di dalam buah sirsak terkandung zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zat besi sanggup meningkatkan proses produksi sel darah merah sehingga menciptakan Anda terhindar dari penyakit anemia.

12.  Menjaga Kesehatan Tulang Serta Gigi

Di dalam buah sirsak terkandung zat fosfor dan juga kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Oleh lantaran itu, buah ini juga bisa dikonsumsi oleh buah hati Anda supaya proses pertumbuhan tulang anak menjadi lebih maksimal.

13.  Mengobati Diare

Ganguan penyakit diare sering menghampiri sebagian besar orang, terutama anak-anak. Untuk menyembuhkan penyakit diare, Anda bisa mengonsumsi jus buah sirsak sebagai obat tradisionalnya. Untuk bayi, cukup minumkan sebanyak 2 – 3 sendok makan saja untuk mengobati diare.

14.  Mengatasi Ambeien

Penyakit ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang sanggup mengganggu kegiatan sehari-hari kita. Penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi jus buah sirsak sebagai pengobatan alternatifnya.

15.  Mengatasi Penyakit Liver

Manfaat terakhir yang penting juga untuk diketahui yaitu sanggup mengatasi penyakit liver. Bagaimana caranya? Cukup dengan mengonsumsi buah sirsak secara eksklusif atau mengolahnya menjadi jus. Konsumsi buah ini setiap hari supaya penyakit liver Anda segera terobati.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dari mengonsumsi buah sirsak. Oleh lantaran itu, Anda tidak perlu ragu atau takut lagi untuk mengonsumsi buah ini.


Kandungan Daun Sirsak yang Baik Untuk Kesehatan


Sudah menjadi diam-diam umum bahwa daun sirsak memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh lantaran itu, Anda yang mempunyai pohon sirsak di kebun samping rumah wajib membaca ulasan ini supaya bisa memanfaatkan apa yang ada di sekeliling Anda menjadi lebih bermanfaat.

Sebelum membahas mengenai manfaat daun sirsak, ada baiknya membahas tuntas terkait dengan kandungan apa saja yang ada pada satu lembar daun sirsak. Di dalam daun sirsak terdapat zat-zat yang sering dijadikan sebagai materi obat. Zat-zat tersebut di antaranya yaitu annohexocin, acetogennins, anonol, annocatacin, annomuricin dan anomurine. Masing-masing zat tersebut mempunyai tugas sendiri-sendiri untuk kesehatan. Beberapa zat di antara yang telah disebutkan di atas bisa membunuh sel kanker yang berkembang dalam tubuh. Langsung saja kita lihat manfaat dari daun sirsak berikut ini.


Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Manusia


 Buah dengan daging berwarna putih ini cukup terkenal di tengah Manfaat Buah Sirsak dan Daunnya Bagi Kesehatan

1.  Mengobati Asam Urat

Sudah semenjak dahulu daun sirsak digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk penyakit asam urat. Untuk pembuktiannya, Anda bisa melihat komposisi dari obat-obat asam urat yang ada di pasaran. Sebagian besar di antaranya memakai daun sirsak sebagai materi utamanya. Anda pun bisa menciptakan ramuan daun sirsak sendiri untuk mengatasi penyakit asam urat Anda.

Caranya sangat mudah, cukup rebus sekitar 6 hingga dengan 10 lembar daun sirsak yang telah dibersihkan. Rebus dengan dua gelas air hingga mendidih hingga hanya menyisakan satu gelas saja. Ramuan ini bisa diminum dengan takaran 2 kali sehari supaya manfaat yang diperoleh bisa lebih maksimal.

2.  Mengobati Diabetes

Manfaat yang selanjutnya yaitu sanggup mengobati penyakit mematikan ibarat diabetes. Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh umat manusia. Dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak, jumlah gula dalam darah bisa distabilkan sehingga kadar gula darah normal dan diabetes pun hilang.

Cara menciptakan ekstrak daun sirsak sangat mudah, cukup siapkan 2 – 5 lembar daun sirsak bau tanah yang sudah dibersihkan, kemudian rebus dengan dua gelas air hingga mendidih hingga menyisakan satu gelas air saja. Minum ekstrak daun sirsak ini secara rutin pada pagi dan malam hari.

3.  Sakit Punggung

Manfaat selanjutnya yaitu sanggup mengobati sakit punggung. Caranya sangat mudah. Ambil 20 lembar daun sirsak tua, kemudian bersihkan. Rebus dengan lima gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga air tersisa hanya tiga gelas. Kemudian minum ramuan daun sirsak tersebut sebanyak satu kali sehari dengan takaran sebesar 3/4 cangkir.

4.  Antibodi

Sama ibarat buah sirsak, daun sirsak juga bermanfaat sebagai antibodi atau antioksidan. Antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan kita lantaran sanggup mengusir banyak sekali gangguan penyakit. Cara menciptakan daun sirsak sebagai ramuan antibodi yaitu dengan menciptakan ekstrak daun sirsak ibarat yang telah dijelaskan di atas.
5.  Menguatkan Syaraf

Ekstrak daun sirsak yang diolah dengan cara direbus ternyata sanggup bermanfaat untuk menguatkan sistem syaraf dan juga meredakan nyeri. Ekstrak daun sirsak bisa dikonsumsi secara rutin dua kali sehari untuk memaksimalkan manfaatnya.

6.  Melebarkan Pembuluh Darah

Pembuluh darah yang terlalu sempit akan memicu serangan jantung. Agar terhindar dari serangan jantung dan juga stroke, Anda bisa mengonsumsi eksrtak daun sirsak secara rutin.

7.  Membantu Menurunkan Demam

Ketika badan demam secara tiba-tiba, tak perlu selalu memakai obat sebagai cara mengatasinya. Cukup dengan menciptakan ramuan daun sirsak dengan cara direbus dan diambil airnya sebagai cara alternatif untuk menurunkan demam tubuh.

8.  Mengatasi Rematik

Manfaat daun sirsak selanjutnya yaitu sanggup mengatasi penyakit rematik. Penyakit ini kerap mengganggu mereka yang telah berusia senja. Untuk mengatasi rasa sakit yang luar biasa ini, cukup buat ekstrak daun sirsak sebagai ramuan tradisionalnya.

9.  Sebagai Ramuan Antiradang

Peradangan pada badan kerap kali terjadi terutama ketika kondisi badan kurang prima. Untuk mengatasi hal ini, silahkan manfaatkan daun sirsak untuk mengobatinya. Ekstrak daun sirsak bisa mengatasi peradangan dan pembengkakan tubuh.

10.  Mencegah Perkembangan Sel Tumor

Tumor memang berbeda dengan kanker. Perkembangannya tidak seganas sel kanker. Penyakit ini bisa juga diobati dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak.

11.  Melancarkan Pencernaan

Sama ibarat buah sirsak, daun sirsak ternyata juga sanggup bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan kita.

12.  Meningkatkan Produksi ASI

Bagi para ibu menyusui yang mengeluhkan produksi ASI yang tidak cukup untuk kebutuhan si kecil, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak. Ekstrak daun sirsak bisa meningkatkan produksi ASI yang sudah dibuktikan oleh sebagian besar orang.

13.  Mengatasi Jerawat

Masalah jerawat pada wajah kita juga bisa diatasi dengan memakai daun sirsak. Caranya cukup dengan menumbuk daun sirsak, kemudian menempelkannya pada area yang berjerawat.

14.  Mencegah Penuaan Dini

Selain sanggup mengobati jerawat, daun sirsak juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, yaitu sanggup mencegah penuaan dini. Caranya yaitu dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirsak, kemudian membalurkannya ke seluruh wajah untuk memudarkan kerutan pada wajah.

15.  Mengobati Luka Bakar

Manfaat daun sirsak yang terakhir yaitu sanggup mengobati luka bakar. Caranya sangat mudah, cukup haluskan daun sirsak dan tempelkan ke penggalan badan yang terkena luka bakar. Zat antiradang pada daun sirsak akan bekerja efektif pada luka bakar.

Demikianlah beberapa manfaat buah sirsak dan daunnya bagi kesehatan. Semoga isu ini bisa menjadi tumpuan untuk Anda.

0 Response to "Manfaat Buah Sirsak Dan Daunnya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel