Inilah 15 Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan

Pisang yaitu buah yang paling gampang ditemukan dan dikenal oleh lebih banyak didominasi penduduk Indonesia. Harganya yang merakyat, mengenyangkan, gampang ditemukan dan sanggup diolah menjadi aneka macam macam panganan menjadi alasan besar lengan berkuasa mengapa buah pisang sangat disukai. Di indonesia ada aneka macam macam jenis pisang yang sanggup ditemukan ibarat pisang tanduk, pisang kepok, pisang siam, pisang emas dan banyak lagi jenisnya. Semua jenis pisang ini tentunya mempunyai ciri yang khas dari jenisnya masing-masing.

Kali ini kita akan membahas salah satu jenis pisang yang niscaya sudah tidak asing lagi, yaitu pisang kepok. Pisang kepok selain bisa dimakan langsung, banyak juga yang mengolahnya menjadi kolak, masakan ringan cantik bolu, setup pisang, pisang goreng dan masih banyak lagi yang tentunya sanggup memanjakan lidah. Lalu, bagaimana dengan manfaat yang kita dapatkan dari mengonsumsi pisang kepok ini? Berikut ulasannya.


Kandungan Nutrisi Pisang Kepok


Buah pisang kepok mempunyai kulit yang lebih tebal dibandingkan kulit pisang ambon. Selain itu, walaupun telah matang, tekstur daging pisang kepok masih terasa keras. Bau pisang kepok juga tidak seharum pisang ambon. Walaupun begitu, ada banyak manfaat pisang kepok untuk kesehatan bagi orang yang memakannya. Dari Jurnal Nutrisi Universitas Diponegoro, dalam pisang kepok kuning terdapat:

  • Air 65.94%
  • Karbohidrat 31.4%
  • Protein 1.75%
  • Lemak 0.19%
  • Abu 0.72%
  • Antioksidan 12.34%
  • Inulin 0.1265%
  • Serat bergairah 1.14%


Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan


 Pisang yaitu buah yang paling gampang ditemukan dan dikenal oleh lebih banyak didominasi penduduk Indone Inilah 15 Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan

Pisang kepok terdiri dari 2 macam, yaitu kepok kuning dan kepok putih. Karena kandungan inulin, proksimat dan antioksidan yang tinggi dari pisang kepok, orang yang mengonsumsi pisang kepok kuning maupun pisang kepok putih bisa mendapat banyak manfaat khususnya untuk kesehatan diantaranya, yaitu:

1.  Menurunkan Kolesterol

Manfaat yang pertama yaitu membantu menurunkan kolesterol. Hal ini menurut sebuah penelitian oleh mahasiswa fakultas kedokteran yang menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi pisang kepok kuning secara terencana mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah. Serat yang terdapat dalam pisang kepok itulah yang bekerja mengikat cairan empedu untuk menyerap kolesterol dari darah dan mengeluarkannya dalam bentuk feses.

2.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Pisang kepok juga sanggup dikonsumsi sehari-hari untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Untuk mendapat manfaat ini, Anda bisa memakan pisang kepok matang secara eksklusif ataupun mengolahnya terlebih dahulu. Hanya, saja, hasil pengolahan dengan cara digoreng kurang direkomendasikan oleh mereka yang mempunyai diabetes atau jantung koroner.

3.  Memperkuat Sistem Imun

Buah pisang kepok mengandung potasium yang bermanfaat dalam setiap proses metabolisme di dalam tubuh. Salah satu proses kimia dalam tubuh yang membutuhkan potasium yaitu produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Seperti yang kita tahu, sel darah putih merupakan komponen penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
4.  Merilekskan Saraf Tegang Akibat Stress

Potasium yang ada dalam pisang kepok tidak hanya berguna untuk memperkuat sistem imun. Jaringan syaraf di seluruh bab tubuh membutuhkan asupan potasium semoga tidak gampang tegang akhir tekanan / stress. Apabila Anda sedang stress atau depresi, alasannya dilema pekerjaan dan lainnya, Anda bisa rutin mengonsumsi pisang kepok di waktu-waktu tertentu ibarat sebelum makan, ketika santai di sore hari dan sebagainya.

5.  Melancarkan Sistem Ekskresi Pada Ginjal

Manfaat pisang kepok terhadap proses ekskresi pada ginjal juga penting untuk Anda ketahui. Organ ginjal merupakan kawasan penyaringan zat-zat beracun dari darah semoga dikeluarkan bersama urin. Agar proses ekskresi di dalam ginjal optimal, potasium diharapkan untuk mengatur perembesan zat penting yang masih diharapkan tubuh ibarat kalsium semoga tidak terbawa bersama urin. Kalsium yang menumpuk di organ ginjal bisa menimbulkan penyakit kerikil ginjal. Oleh alasannya itu, disinilah kiprah potasium dibutuhkan.

6.  Mencegah Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar merupakan dilema kesehatan yang menciptakan seseorang tidak nyaman setiap saat. Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan, alasannya kurang asupan serat dari sayuran dan buah-buahan sehingga feses keras dan sulit dikeluarkan. Untuk mengatasi sembelit, Anda tidak hanya harus memperbanyak minum air putih dan makan sayuran. Anda juga perlu memakan buah ibarat pisang kepok yang gampang diserap oleh organ pencernaan.

7.  Membantu Penyerapan Kalsium Pada Tulang

Selain mengatur perembesan kalsium pada ginjal, potasium yang terkandung dalam buah pisang kepok juga penting untuk memaksimalkan perembesan kalsium untuk tulang. Selain itu, prebiotik dalam pisang kepok juga membantu perembesan nutrisi lainnya untuk tulang semoga lebih besar lengan berkuasa dan terhindar dari gangguan kesehatan yang menyerang tulang ibarat osteoporosis.

8.  Sebagai Sumber Asupan Energi

Karbohidrat dalam buah pisang merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan seseorang semoga tetap berenergi dan tidak lemas ketika beraktivitas. Karbohidrat dan kalori yang terdapat dalam buah pisang kepok yang dimakan juga merupakan unsur penting dalam proses pembakaran atau metabolisme tubuh.

9.  Membantu Mengatasi Sakit Maag

Orang yang mempunyai sakit maag biasanya tidak diperkenankan mengemil atau memakan masakan tertentu. Mereka yang mempunyai maag dan sering kambuh bahkan harus lebih sering memakan masakan yang “ramah” untuk organ lambung, usus dan seterusnya. Salah satu masakan yang baik untuk orang yang mempunyai maag yaitu pisang kepok. Nutrisi dalam buah pisang kepok mempunyai sifat antacid yang bisa mengontrol produksi asam lambung berlebih.

10.  Mengontrol Tekanan Darah

Satu dari sekian banyak manfaat pisang kepok untuk kesehatan yaitu sebagai salah satu sumber masakan yang sanggup mengontrol tekanan darah. Pisang kepok mengandung mineral kompleks ibarat kalium yang sanggup menyeimbangkan zat pemicu naiknya tekanan darah. Mereka yang mempunyai hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa melaksanakan diet makan khusus serta mengonsumsi pisang kepok semoga tekanan darahnya kembali normal.

11.  Mengatasi Diare Pada Bayi

Pisang kepok ternyata tidak hanya membawa banyak manfaat untuk orang dewasa. Pisang kepok yang dimakan oleh ibu menyusui bisa menciptakan bayinya tidak gampang terkena diare. Ibu yang sedang menyusui bisa memakan beberapa buah pisang kepok mentah yang digoreng tanpa memakai minyak. Sebelum digoreng tanpa minyak, pisang dipotong tipis-tipis terlebih dahulu.

12.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi laki-laki atau perempuan yang mempunyai berat tubuh berlebih alias obesitas, mereka bisa mengonsumsi buah pisang kepok. Kalori dan karbohidrat dari pisang kepok yang dikonsumsi secara rutin sebelum makan akan menciptakan orang yang mengalami obesitas merasa agak kenyang. Karena telah tidak mengecewakan kenyang, porsi makan pun bisa dikurangi. Selain sanggup mengurangi porsi makan, buah yang dalam bahasa Tagalog dikenal dengan nama saba ini juga sanggup menawarkan imbas kenyang lebih lama.
13.  Menjaga Kesehatan Mata

Buah yang mempunyai bentuk bersegi-segi ini juga berguna untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid yang memberi warna kuning pada pisang kepok kuning merupakan prekusor vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, karotenoid dari pisang kepok yang dikonsumsi bisa mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal pemicu kanker.

14.  Menyehatkan Usus Besar

Inulin dari buah pisang kepok memang lebih sedikit dibandingkan yang terdapat dalam umbi-umbian. Namun, jikalau dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, inulin dalam pisang yaitu yang terbanyak. Inulin yang masih tergolong ke dalam polisakarida membantu mengoptimalkan perembesan kalsium dan magnesium di dalam usus besar. Sambil melaksanakan kiprah tersebut, inulin juga membantu mengoptimalkan produksi bifidobacteria dan lactobacilli yang berefek positif untuk usus.

15.  Sebagai Makanan yang Baik Untuk Orang yang Memiliki Diabetes

Bagi Anda atau yang anggota keluarganya yang mempunyai dilema diabetes, Anda perlu mengetahui manfaat pisang kepok khususnya untuk kesehatan orang yang mempunyai diabetes. Menurut pakar nutrisi, inulin yang mempunyai 10% rasa cantik gula tidak menawarkan imbas pada kadar gula darah. Oleh alasannya itu, orang dengan penyakit diabetes tetap kondusif memakan buah ini. Inulin yang terdapat dalam pisang kepok juga sanggup menggantikan fungsi lemak dan tepung bagi orang yang menjalani diet diabetes.

Meskipun daging buahnya yang matang sanggup dimakan langsung, namun buah pisang kepok bersama-sama tidak tergolong sebagai “pisang meja” ibarat pisang ambon dan pisang raja. Pisang kepok tergolong sebagai kelompok buah yang lebih yummy dinikmati sehabis diolah terlebih dahulu. Orang yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu bisa memakan buah ini dengan cara direbus, dikukus atau mencampur pisang kepok dengan oatmeal atau yogurt menjadi minuman atau masakan sehat.

Pisang yang berbentuk pipih atau gepeng ini digolongkan sebagai sumber pati resistan dan memberi imbas flatuensi atau gas dalam perut. Demikian beberapa informasi seputar kandungan nutrisi dan manfaat pisang kepok yang bisa dibagikan untuk Anda pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah 15 Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel