10 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah

Seperti yang diketahui, belimbing wuluh mempunyai rasa yang sangat asam. Tak heran bila kebanyakan orang tidak bisa mengonsumsinya secara langsung. Meskipun begitu, ada aneka macam manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang bisa Anda jadikan sebagai perawatan alami untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Belimbing wuluh bisa diolah menjadi masker atau jus untuk merawat kesehatan kulit dan wajah.


Kandungan Nutrisi Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh mengandung aneka macam nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya ialah vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan mineral. Selain itu, terdapat pula fosfor, zat besi, potasium, kalsium, serat, karbohidrat, fosfor dan lain sebagainya.

Disamping itu, belimbing wuluh juga banyak mengandung flavonoid, saponin, glukosid, tanin, sulfur, oksalat dan kalium sitrat yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Melihat banyaknya kandungan yang ada di dalam belimbing wuluh, tak heran bila buah sayur ini mempunyai aneka macam manfaat.


Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Wajah


 belimbing wuluh mempunyai rasa yang sangat asam 10 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah

1.  Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat yang pertama ialah mengecilkan pori-pori pada kulit. Dengan begitu, kotoran atau basil tidak akan menyumbat di dalam pori-pori. Di mana hal tersebut merupakan salah satu penyebab dari munculnya jerawat.
   
2.  Menghambat Proses Penuaan

Jika dilihat dari zat-zat yang terkandung dalam belimbing wuluh, memang tidak mengherankan bila belimbing ini bisa menghambat proses penuaan. Pasalnya, terdapat kandungan vitamin C dan A yang sangat bermanfaat sebagai zat antioksidan yang bisa menghalau radikal bebas yang menjadi penyebab proses penuaan dini. Kandungan mineral dan vitamin yang ada terdapat di belimbing wuluh juga mempunyai kegunaan untuk mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit sehingga wajah akan tampak abadi muda.

3.  Menghaluskan Kulit

Manfaat dari belimbing wuluh untuk wajah lainnya ialah menghaluskan kulit. Hal ini tentu saja, lantaran kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah ini.

4.  Mengatasi Panu

Seperti yang diketahui, panu ialah salah satu dari penyakit kulit yang cukup merisihkan dan menciptakan setiap orang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata belimbing wuluh bermanfaat untuk mengatasi panu secara bertahap. Hal ini dikarenakan adanya kandungan anti basil dan anti jamur yang ada di dalam belimbing wuluh.

5.  Mengatasi Jerawat

Manfaat selanjutnya ialah mengatasi infeksi pada wajah. Jerawat ialah problem sepele tapi harus segera diatasi. Pasalnya, infeksi bisa menimbulkan bekas dan flek hitam pada wajah. Di dalam belimbing wuluh, terdapat antioksidan yang berfungsi untuk menyamarkan bekas infeksi pada wajah.
Dilain sisi, kandungan anti basil dalam buah sayur ini juga bisa mencegah munculnya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Karena menyerupai yang diketahui, penyebab utama dari munculnya infeksi pada wajah ialah basil atau kotoran yang menyumbat pada pori-pori kulit.

6.  Memutihkan Kulit Wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang sudah terbukti keampuhannya ialah memutihkan kulit wajah secara efektif dan alami. Pasalnya di dalam belimbing wuluh terdapat kandungan nutrisi yang sanggup memutihkan kulit.

7.  Mengurangi Minyak Berlebih

Minyak pada wajah ialah salah satu penyebab munculnya jerawat. Tapi, tidak perlu khawatir, lantaran Anda bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah memakai belimbing wuluh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dalam belimbing wuluh. Di mana vitamin ini berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah.
  
8.  Mengangkat Sel Kulit Mati

Agar kulit wajah tampak bersinar dan merona, maka sel-sel kulit mati yang melekat harus diangkat. Cara alami yang bisa Anda lakukan ialah dengan memakai masker belimbing wuluh. Karena buah sayur ini mempunyai kandungan yang sanggup mengangkat kulit mati pada wajah. Dengan begitu, kulit Anda akan semakin segar dan terlihat menyerupai remaja.

9.  Meronakan Warna Bibir

Belimbing wuluh mempunyai kegunaan untuk meronakan warna bibir secara alami. Setiap perempuan pastinya ingin mempunyai bibir merona, lantaran akan terlihat segar dan menawan. Nah, belimbing wuluh ini bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat, lantaran mengandung aneka macam nutrisi yang baik untuk menjaga kesejukan bibir dan membuatnya terlihat lebih merah merona.

Kandungan nutrisi dalam buah ini yang bisa menciptakan bibir merona merah ialah vitamin C dan juga  vitamin A. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa mengoleskan belimbing wuluh yang sudah dibersihkan sebelumnya pada bibir setidaknya dua kali dalam sehari. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengkombinasikan buah ini dengan madu biar kulit mati pada bibir bisa terangkat. Dengan begitu, bibir akan terlihat segar dan merah alami.

10.  Menghilangkan Komedo

Manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang terakhir ialah menghilangkan komedo. Komedo merupakan salah satu problem wajah yang sangat mengganggu. Namun, memakai masker belimbing wuluh, maka komedo hitam ataupun putih pada wajah Anda akan segera hilang secara alami dan efektif.


Cara Membuat Masker Belimbing Wuluh


Setelah melihat banyaknya kandungan nutrisi serta manfaat yang dimiliki belimbing wuluh, lantas bagaimana cara mengolah buah ini biar bisa digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah? Untuk bisa mendapat manfaat dari buah ini, Anda bisa mengolahnya menjadi masker. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan dan cara menciptakan serta penggunaan masker belimbing wuluh:

Bahan-bahan:

  • 10 buah belimbing wuluh
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama-tama basuh belimbing wuluh hingga bersih.
  2. Masukkan buah belimbing wuluh dan air hangat secupnya ke dalam blender. Kemudian, blender hingga halus.
  3. Masker belimbing wuluh siap untuk digunakan.

Cara penggunaan:

  1. Bersihkan wajah Anda hingga benar-benar higienis memakai sabun pembersih wajah yang biasa dipakai.
  2. Keringkan wajah Anda, kemudian balurkan masker belimbing wuluh pada wajah secara merata.
  3. Diamkan sekitar 10 menit, kemudian gosok secara perlahan kulit wajah supaya sel-sel kulit mati bisa terangkat.
  4. Bilaslah wajah Anda memakai air yang mengalir.

Waktu terbaik untuk memakai masker alami ini ialah sesaat sebelum tidur. Karena pada malam hari, kulit wajah mempunyai waktu untuk bernafas dan menyerap nutrisi dengan lebih baik. Dengan begitu, wajah Anda keesokan harinya akan tampak lebih bagus dan cerah. Bagaimana? Cara menciptakan masker belimbing wuluh di atas sangat gampang bukan? Apalagi, masker ini terbuat dari materi alami yang tentunya tidak akan menimbulkan imbas samping yang berbahaya bagi kulit.

0 Response to "10 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel