Resep Menciptakan Asinan Pepaya Mengkal Pedas

Buah pepaya banyak digemari masyarakat, alasannya rasanya yang menyegarkan dan sangat enak. Tak hanya itu, buah ini juga diketahui mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya yaitu melancarkan pencernaan, mencegah hipertensi, menyehatkan mata dan lain sebagainya.

Buah pepaya yang sudah matang dapat eksklusif dinikmati tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Sementara pepaya yang masih muda atau mengkel biasanya dijadikan sebagai salah satu materi menciptakan rujak. Buah pepaya seringkali dijadikan banyak sekali macam sajian olahan kuliner menyerupai keripik pepaya, selai, manisan, dodol dan lain sebagainya.

Untuk menciptakan asinan, maka buah pepaya mudalah yang banyak dipilih. Pasalnya, buah pepaya yang sudah matang terlalu lembek dan lembut sehingga tidak akan terasa gurih ketika dibentuk menjadi asinan. Selain itu, rasa buah pepaya yang sudah matang juga terlalu bagus sehingga lebih cocok dibentuk menjadi manisan, sop buah atau selai daripada dibentuk asinan.

Buah pepaya yaitu tanaman tropis yang tidak membutuhkan perlakuan khusus untuk dapat tumbuh. Jangka waktu berbuahnya juga sebentar dan banyak. Sehingga mencari buah pepaya tidak perlu menunggu musiman menyerupai buah lainnya. Melihat hal tersebut, tak heran kalau asinan pepaya mengkal lebih gampang dicari dibandingkan dengan asinan buah lainnya.

Dilain sisi, cara menciptakan asinan buah ini juga sangat gampang dan sederhana. Anda tidak memerlukan banyak materi dan peralatan untuk menciptakan asinan segar buah pepaya mengkal. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut ini yaitu ulasan lengkapnya.


Resep dan Cara Membuat Asinan Pepaya Mengkal Pedas


 alasannya rasanya yang menyegarkan dan sangat enak Resep Membuat Asinan Pepaya Mengkal Pedas

Bahan-bahan:

  • Pepaya mengkal 1 buah
  • Air 500 ml
  • Cabai merah 8 buah (sesuai selera)
  • Terasi udang sebanyak 1 buah
  • Gula secukupnya
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Garam secukupnya
  • Jeruk nipis 1 buah (peras dan ambil airnya)

Cara membuat:

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mengupas buah pepaya dari kulitnya. Jika sudah, potong-potong (sesuai selera). Jangan lupa untuk mencuci buah pepaya. Pasalnya, pepaya yang masih mengkal masih mempunyai banyak getah yang harus Anda bersihkan.
  2. Langkah selanjutnya, Anda siapkan panci dan isi dengan air. Haluskan bawang, terasi dan juga cabai. Jika Anda menyukai pedas, dapat menambahkan cabe sesuai dengan selera. Selanjutnya, masukkan bumbu halus tersebut ke dalam panci berisi air tadi, kemudian masak hingga mendidih.
  3. Apabila sudah mendidih, Anda masukkan garam dan gula kemudian tes rasanya. Selanjutnya, angkat kuah asinan dan masukkan buah pepaya. Diamkan asinan pepaya selama beberapa ketika hingga uap panasnya menghilang.
  4. Kemudian, masukkan perasan jeruk nipis. Tunggu hingga dingin. Jika sudah, barulah Anda masukkan ke dalam lemari es dan biarkan semalaman biar bumbunya meresep tepat ke dalam buah pepaya. Asinan, siap untuk dihidangkan.
Demikianlah ulasan mengenai resep menciptakan asinan pepaya mengkal pedas. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah sajian kuliner enak di rumah Anda.

0 Response to "Resep Menciptakan Asinan Pepaya Mengkal Pedas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel