Cara Menciptakan Asinan Buah Salak Pedas

Salak yaitu salah satu buah tropis yang sangat terkenal di Indonesia. Hal ini tentu alasannya rasanya yang bagus dan juga menyegarkan. Tapi, pernahkah Anda mencoba camilan asinan buah salak? Jika belum pernah, maka Anda patut untuk mencobanya.

Buah salak selain yummy juga mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Disamping dapat dimakan secara langsung, buah salak sering diolah menjadi aneka macam macam hidangan makanan, mulai dari kripik salak, dodol salak, selai dan asinan. Asinan buah memang banyak disukai,  alasannya cita rasanya yang unik dan menyegarkan.

Tak heran jikalau banyak yang mengolah buah salak ini menjadi asinan yang menggugah selera. Dengan perpaduan antara bumbu cabai, garam dan cuka, menciptakan resep asinan buah ini menjadi begitu nikmat. Kudapan asinan sangat cocok disajikan bersama keluarga dalam konidisi santai atau untuk beberapa program rumah menyerupai arisan.

Tidak perlu membelinya di luar, Anda dapat menciptakan asinan pedas buah salak sendiri di rumah. Bahan-bahannya sangat sederhana dan dapat dibeli dimana saja. Selain itu, proses pembuatannya juga sangat gampang dan praktis sehingga tidak akan menyulitkan Anda. Bahkan, Anda yang belum pernah memasak pun dapat menciptakan asinan buah segar ini di rumah.


Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Salak Pedas


 Salak yaitu salah satu buah tropis yang sangat terkenal di Indonesia Cara Membuat Asinan Buah Salak Pedas

Bahan-bahan:

  • Buah salak sebanyak 500 gram
  • Gula pasir sebanyak 200 gr
  • Air sebanyak 400 ml
  • Cuka 3 sendok makan
  • Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • Cabe merah kriting sebanyak 5 buah
  • Cabe merah besar sebanyak 7 buah
  • Terasi goreng sebanyak 1/2 sendok teh

Cara membuat:

  1. Pertama, Anda kupas buah salak dari kulitnya hingga bersih. Lalu belah buah salak menjadi dua bab dan buang bijinya. Jika sudah, basuh daging salak hingga bersih.
  2. Langkah selanjutnya, siapkan panci dan tambahkan dengan air. Masukkan bumbu halus yang sudah disiapkan dan masak kuah asinan hingga mendidih. Apabila sudah mendidih, Anda masukkan gula, cuka dan garam sambil diaduk merata. Masak semua materi hingga mendidih dan angkat.
  3. Saring kuah asinan (opsional) dan tunggu hingga kuah agak hangat. Selanjutnya, masukkan daging buah salak yang sudah dipotong menjadi dua bagian. Aduk hingga merata. Kemudian, masukkan asinan buah salak ke dalam lemari es. Jika sudah dingin, asinan buah segar ini dapat pribadi Anda sajikan bersama keluarga di rumah.
Untuk rasa yang lebih nikmat, Anda dapat menaruh asinan di lemari es dalam waktu yang lebih usang setidaknya selama 24 jam. Dengan begitu, bumbu kuah asinan akan lebih meresap dan rasanya pun akan semakin segar dan nikmat. Jika ingin lebih pedas, Anda dapat menambahkan cabe sesuai dengan selera.

Bagaimana? Cara menciptakan asinan buah salak pedas ini sangat gampang bukan? Demikianlah ulasan mengenai resep asinan buah kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Cara Menciptakan Asinan Buah Salak Pedas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel