20 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Sawo yaitu salah satu buah yang hanya tumbuh di kawasan beriklim tropis menyerupai Indonesia. Rasanya pun sangat manis dan daging buahnya juga legit. Jika Anda pecinta buah tersebut, ada beberapa manfaat buah sawo yang akan Anda ketahui. Ternyata buah yang berbentuk oval tersebut sangat baik untuk kesehatan.

Memang banyak yang tidak mengetahui apa saja manfaat buah sawo bagi kesehatan. Kebanyakan dari mereka tidak mau tahu wacana dilema tersebut, mereka asal makan dan menikmatinya saja. Tak ada ruginya apabila Anda mengetahui beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh buah yang berwarna coklat ini. Sebelum membahas wacana manfaat, ada baiknya bila Anda mengetahui wacana isi kandungan nutrisi yang ada di dalam buah sawo.


Kandungan Nutrisi yang Ada Pada Buah Sawo


Kandungan nutrisi pada buah sawo sangat bermacam-macam ada vitamin, mineral, kalori dan masih banyak lagi. Sebelum membahas satu per satu nutrisinya, sebagai isu bila buah ini berasal dari Amerika Tengah. Nama lain dari sawo yaitu sapota atau nama latinnya berjulukan Manilkara Zapota. Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buah oval tersebut antara lain, yaitu:

1.  Zat Antioksidan

Meskipun sawo mempunyai rasa yang manis, tetapi ternyata buah tersebut kaya akan zat antioksidan. Zat antioksidan yang terkandung yaitu tanin. Senyawa tersebut termasuk dalam keluarga polifenol dan fungsinya pun juga sangat baik bagi tubuh.

2.  Kalori

Pada 100 gram buah sawo yang matang terdapat 83 kalori, tak heran bila Anda memakan beberapa buah sawo maka akan terasa kenyang. Namun, harap berhati-hati bagi penderita diabetes untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak.

3.  Serat

Buah yang tumbuh subur di kawasan tropis ini selain tinggi kalori juga kaya serat. Ada penelitian yang menyampaikan bila 1 buah sawo mengandung 5,6 gram serat. Jadi, sudah dipastikan bila buah sawo mempunyai manfaat untuk kesehatan terutama pencernaan.

4.  Vitamin

Tentu Anda semua mengetahui bila buah-buahan itu niscaya mengandung banyak vitamin. Begitu pula pada sawo, ada beberapa vitamin penting, yaitu vitamin B9, vitamin B3 dan vitamin B5 serta vitamin C.

5.  Mineral

Selain vitamin, kandungan buah sawo juga terdapat beberapa mineral penting. Ada besi, tembaga, kalium dan juga asam pantotenat yang sangat diharapkan tubuh.

6.  Kalium

Sawo juga mengandung zat kalium yang mempunyai peranan penting sebagai pencegah pendarahan. Tentu akan sangat baik apabila Anda sering mengonsumsi buah tersebut.

7.  Zat Besi

Penting bagi Anda mengonsumsi kuliner atau buah-buahan yang banyak mengandung zat besi. Zat besi mempunyai fungsi sebagai pembentuk sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh.

8.  Asam Folat

Asam folat sanggup membantu pertumbuhan otak dan pada sawo juga terkandung zat yang sangat baik bagi ibu hamil tersebut.

9.  Protein

Memang kandungan protein pada sawo hanya 0,5 gram saja, tetapi keuntungannya bisa Anda dapatkan ketika Anda rutin mengonsumsinya.

10.  Lemak

Lemak yang terkandung pada sawo bukanlah lemak jahat melainkan lemak nabati yang sangat erat bagi kesehatan Anda. Terhitung ada 1,1 gram lemak yang terdapat pada 1 buah sawo matang.


Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui


 Sawo yaitu salah satu buah yang hanya tumbuh di kawasan beriklim tropis menyerupai Indonesia 20 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

1.  Melancarkan Buang Air Besar

Karena kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah sawo bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Tidak hanya itu saja, ternyata buah yang berasal dari Amerika Tengah tersebut sering dipakai sebagai obat pencahar yang alami.

2.  Obat Diare Alami

Manfaat selanjutnya yaitu sebagai obat diare yang alami. Selain sebagai obat pencahar, buah ini ternyata juga bisa mengobati diare. Cara membuatnya sangat mudah, Anda tinggal ambil beberapa buah sawo yang sudah diperas airnya, kemudian minum segera.

3.  Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Manfaat buah sawo yang lainnya yaitu membantu pembentukan sel darah merah. Ini disebabkan, lantaran buah tersebut banyak mengandung zat besi yang diharapkan tubuh untuk membentuk sel darah. Oleh lantaran itu, bagi penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Lalu bagi ibu hamil juga wajib hukumnya memakan sawo, lantaran akan mengurangi rasa lemas akhir kekurangan darah.

4.  Mengobati Sariawan

Buah sawo mempunyai kandungan yang kaya akan vitamin C, oleh lantaran itulah buah ini bisa mengobati sariawan.

5.  Mengobati Radang Mulut

Selain daging buahnya, daunnya pun bermanfat untuk kesehatan, yaitu sebagai obat radang mulut. Caranya, yaitu rebuslah beberapa lembar daun sawo, kemudian pakai untuk berkumur-kumur setiap hari.

6.  Menjaga Kesehatan Mata

Buah yang berwarna coklat tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan mata, lantaran banyak mengandung vitamin A. Apabila Anda bosan dengan wortel mungkin sawo bisa menjadi gantinya.

7.  Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah sawo yang lainnya yaitu mencegah penuaan dini. Karena banyak mengandung vitamin E dan juga kaya akan zat antioksidan, maka buah tersebut bisa mempercantik kulit Anda. Kulit Anda akan terhindar dari keriput dan akan selalu terlihat kencang.
8.  Sebagai Pencegah Kanker Usus

Dikarenakan mempunyai kandungan serat yang banyak, maka kesehatan pencernaan Anda akan terjamin. Terutama bagi usus, kinerja usus tidak akan berat dan terhindar dari kanker apabila Anda mengonsumsi kuliner yang kaya serat menyerupai buah sawo.

9.  Menjaga Kesehatan Tulang

Buah yang mempunyai rasa manis tersebut juga mempunyai manfaat yang lain menyerupai menjaga kesehatan tulang. Mengapa bisa begitu? Karena pada sawo terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang sangat bagus untuk tulang.

10.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sawo mengandung zat antioksidan dan juga vitamin C yang sangat tinggi, oleh lantaran itulah buah ini sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi orang yang mengonsumsinya.

11.  Sebagai Sumber Energi

Dengan banyaknya kalori atau karbohidrat yang terdapat dalam sawo, maka buah tersebut sangat cocok sebagai sumber energi. Memakan beberapa buah tersebut bisa menciptakan perut Anda kenyang dan kegiatan Anda pun tidak akan terganggu.

12.  Baik Bagi Ibu Hamil

Pada sawo mengandung banyak vitamin, mineral dan juga asam folat yang sangat baik bagi ibu hamil. Penting bagi bumil mengonsumsi buah guna membantu tumbuh kembang janin.

13.  Sebagai Obat Pendarahan

Kandungan kalium yang terdapat dalam buah manis ini juga bermanfaat sebagai obat pendarahan. Kalium sendiri berperan sebagai zat yang bisa menghentikan darah pada penggalan tubuh yang luka.

14.  Sebagai Obat Diet Alami

Jika Anda mengalami dilema berat tubuh mungkin dengan mengonsumsi sawo secara rutin bisa membantu. Karena banyak mengandung kalori maka perut Anda akan merasa kenyang dan nafsu makan pun menjadi terkontrol.

15.  Melembabkan Kulit

Selain mencegah penuaan dini, sawo juga mempunyai manfaat yang lain bagi kesehatan kulit, yaitu bisa melembabkan kulit. Vitamin E yang ada di dalamnya bisa menciptakan kulit Anda terhindar dari busik dan tentu penampilan akan semakin menarik bila Anda rutin mengonsumsi buah yang satu ini.

16.  Mengobati Disentri

Untuk mengobati penyakit yang satu ini Anda tinggal ambil beberapa buah sawo yang masih muda. Kemudian haluskan buah tersebut dan campuri dengan sedikit garam, konsumsi obat herbal tadi secara rutin maka disentri akan segera sembuh.

17.  Mencegah Osteoporosis

Selain sanggup menjaga kesehatan tulang, buah ini juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi akan menguatkan tulang dan Anda pun akan terhindar oleh penyakit tersebut.
18.  Mengurangi Mual Pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil apalagi ketika hamil muda maka intensitas mual dan muntah semakin meningkat, lantaran imbas hormon. Anda pun akan mengalami istilah morning sickness dan itu menjadi hal yang lumrah. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi buah sawo. Pasalnya kandungan vitamin B pada buah tersebut sangat ampuh mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil.

19.  Mencegah Infeksi

Lagi-lagi tugas vitamin C dan zat antioksidan pada sawo sangat membantu kesehatan tubuh Anda. Serangan radikal bebas seketika akan gampang dikalahkan apabila tubuh Anda mempunyai sistem kekebalan tubuh yang tinggi dan abses di dalam tubuh pun akan cepat tertangani. Sebagai contoh, apabila Anda tidak sengaja terkena pisau maka luka Anda akan cepat menutup dengan sendirinya dan terhindar dari abses kuman.

20.  Membantu Pertumbuhan Pada Anak

Buah yang banyak mengandung vitamin, mineral, energi, serat dan kalsium menyerupai sawo maka akan membantu pertumbuhan pada anak. Apabila bawah umur merasa bosan dengan makanannya mungkin menggantinya dengan buah sawo yaitu wangsit yang baik.

Demikianlah isu seputar kandungan nutrisi dan manfaat buah sawo bagi kesehatan. Semoga dengan adanya ulasan ini sanggup menambah wawasan Anda.

0 Response to "20 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel