15 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Buah bengkoang, meskipun kita menyebutnya sebagai buah, bergotong-royong bengkoang termasuk dalam pembagian terstruktur mengenai umbi-umbian, lantaran tumbuh di dalam tanah. Buah bengkoang sendiri mempunyai bentuk membulat dengan kulit kuning pucat dan daging buah berwarna putih. Buah dengan kandungan air yang menyegarkan ini mengandung banyak sekali jenis nutrisi yang diharapkan oleh badan kita.

Dengan kadar air sampai 90 persen, rasa manis yang dimiliki oleh air pada buah bengkoang berasal dari inulin yang termasuk oligosakarida. Selain inulin, nutrisi yang terkandung di dalam buah bengkoang cukup bervariasi, termasuk fosfor dan kalsium. Karena itu, tidak heran kalau ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah yang satu ini. Berikut uraian lengkapnya.


Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit


 bergotong-royong bengkoang termasuk dalam pembagian terstruktur mengenai umbi 15 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

1.  Menyembuhkan Penyakit Empedu dan Batu Ginjal

Penyakit empedu dan kerikil ginjal merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi badan kita dan sanggup terjadi kepada siapa saja. Penderita kedua penyakit tersebut sangat disarankan untuk mengonsumsi buah bengkoang secara rutin. Buah bengkoang mempunyai kandungan nutrisi dalam bentuk potassium dan fosfor dalam jumlah yang cukup banyak. Baik potassium maupun fosfor, sanggup membantu menyembuhkan penyakit empedu dan kerikil ginjal secara efektif.

2.  Memperlancar Pencernaan

Sistem pencernaan kita lebih rentan terhadap banyak sekali jenis penyakit dibandingkan dengan cuilan lain pada badan kita, lantaran makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Gangguan pencernaan serta konstipasi terjadi lantaran makanan yang kita konsumsi mengandung serat dalam jumlah yang sedikit. Gejala yang sanggup ditimbulkan oleh kekurangan serat ialah mulai dari perut melilit sampai kesulitan dalam buang air besar. Di sinilah kandungan serat dalam buah bengkoang sanggup membantu untuk memperlancar pencernaan serta mencegah terjadinya konstipasi.

3.  Membantu Menekan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Apabila kadar kolesterol pada darah sudah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, badan akan terancam banyak sekali jenis penyakit berbahaya menyerupai stroke dan penyakit jantung. Kadar kolesterol pada darah tersebut sanggup diturunkan secara drastis dengan mengonsumsi antioksidan menyerupai yang terkandung dalam buah bengkoang. Selain antioksidan, nutrisi lain menyerupai vitamin C, buah bengkoang juga mempunyai kandungan air dan serat dalam jumlah yang tinggi. Nutrisi tersebut juga diharapkan untuk menurunkan kadar kolesterol.
4.  Mengobati Diare

Salah satu cara untuk mengobati diare ialah dengan mengonsumsi bengkoang secara teratur. Penyakit diare sendiri dikarenakan oleh kekurangan konsumsi serat dalam pasokan makanan sehari-hari. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah bengkoang mempunyai kandungan serat dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh lantaran itu, dengan mengonsumsi buah bengkoang secara langsung, kita akan sanggup mencicipi manfaat serat yang terkandung dalam buah bengkoang tersebut.

5.  Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Tingginya kandungan kadar gula dalam darah merupakan penyebab utama timbulnya penyakit diabetes mellitus. Mengonsumsi buah bengkoang secara teratur sanggup membantu untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya pada tingkat yang ideal. Hal ini pada risikonya akan sanggup mencegah terjadinya diabetes mellitus. Untuk mencicipi manfaat dari buah bengkoang tersebut, kita sanggup mengonsumsi buah bengkoang secara eksklusif atau memprosesnya menjadi jus untuk sanggup diserap dengan mudah.

6.  Mengobati Sariawan

Selain kekurangan asupan Vitamin C, sariawan juga sanggup disebabkan oleh alergi dan ketidakstabilan yang terjadi pada daya tahan tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Vitamin C merupakan antioksidan yang sanggup ditemukan pada bengkoang dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk sanggup mengobati sariawan dengan memakai buah bengkoang, kita perlu menciptakan jus bengkoang dan menambahkannya dengan satu sendok teh madu. Sebelum menelan jus bengkoang ini, sebaiknya jus tersebut ditahan dalam verbal selama beberapa saat.

7.  Mengurangi Dampak Menopause Pada Wanita

Menopause merupakan siklus dalam kehidupan perempuan yang tidak sanggup dihindari lagi. Ketika masa menopause sedang berlangsung, badan perempuan akan kekurangan estrogen sehingga badan menjadi kurang segar. Buah bengkoang merupakan sumber alami sebagai fitoestrogen atau sumber estrogen yang berasal dari tanaman. Dengan mengonsumsi buah bengkoang, badan akan mendapat pasokan estrogen yang sanggup membantu semoga badan menjadi segar kembali.

8.  Memperlancar Produksi ASI

Banyak dari ibu modern mengalami duduk masalah dalam memproduksi air susu ibu atau ASI selama masa menyusui yang disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk menanggulangi duduk masalah ini, biasanya ibu hamil tersebut membeli susu debu yang dijual dengan bebas di pasaran. Hal ini sangat disayangkan, lantaran susu semacam itu mengandung materi sintetis yang tidak sesuai dengan kondisi badan bayi. Salah satu cara alami yang sanggup dipakai untuk memperlancar produksi ASI ialah dengan mengonsumsi buah bengkoang.

9.  Menurunkan Produksi Asam Lambung yang Berlebih

Dalam keadaan yang normal, produksi asam lambung sanggup membantu dalam proses penguraian makanan ketika makanan memasuki lambung. Akan tetapi, ketika produksi asam lambung tersebut berlebih maka zat asam ini akan menggerus lapisan dalam kulit lambung dan mengakibatkan penyakit maag yang disertai dengan perut melilit. Produksi asam lambung sanggup dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat alkali menyerupai buah bengkoang. Zat alkali inilah yang akan menetralisir asam lambung dan pada risikonya akan membantu mencegah penyakit lambung.

10.  Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan badan merupakan cuilan penting dari badan yang melindungi badan dari banyak sekali jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan mikroorganisme berbahaya. Tanpa sistem kekebalan badan yang kuat, badan akan gampang terkena penyakit yang berbahaya. Untuk menjaga semoga sistem kekebalan badan sangat disarankan untuk mengonsumsi buah bengkoang. Buah bengkoang mengandung fitonutrien yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.
11.  Mencegah Terjadinya Tanda-Tanda Penuaan Dini

Manfaat bengkoang untuk kulit ialah mencegah ternjadinya gejala penuaan dini. Penuaan dini merupakan duduk masalah kulit yang sering dialami oleh orang yang masih muda. Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya garis tipis pada wajah, keriput atau noda hitam. Tanda dari penuaan dini tersebut sanggup dicegah dengan memanfatkan bengkoang. Buah bengkoang mengandung Vitamin C yang sanggup menangkal radikal bebas penyebab munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

12.  Membantu Kulit Terlihat Lebih Cerah

Karena terpapar oleh sinar matahari secara langsung, permukaan kulit sanggup kekurangan cairan dan mengakibatkannya menjadi kering dan kusam. Untuk menciptakan kulit semoga mendapat kecerahannya kembali, kita sanggup mengonsumsi buah bengkoang yang mengandung Vitamin B1 dan Vitamin C. Kedua vitamin tersebut sanggup bekerja secara bersamaan untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan kusam, lantaran paparan sinar matahari.

13.  Menyegarkan Kulit

Salah satu manfaat yang sanggup kita dapatkan dari buah bengkoang ialah sifat alaminya sebagai penyegar kulit atau astringent. Manfaat ini tentunya akan sangat berkhasiat bagi kita yang harus bekerja di lapangan dan terkena paparan sinar matahari yang menyengat secara langsung. Cara terbaik untuk memanfaatkan khasiat ini ialah dengan memarut daging buah bengkoang dan menggunakannya sebagai masker.

14.  Menjaga Kesehatan Kulit

Sebagai lapisan paling luar yang berada pada badan manusia, kulit rentan terhadap banyak sekali duduk masalah kesehatan yang disebabkan oleh beberapa hal menyerupai polutan, radikal bebas, kotoran, serta sengatan sinar matahari secara langsung. Buah bengkoang mengandung banyak sekali nutrisi penting menyerupai vitamin B1 dan vitamin C yang bermanfaat untuk menciptakan kulit tetap terlindungi dari penyebab gangguan kesehatan kulit tersebut.

15.  Membantu Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan duduk masalah kesehatan kulit umum yang sanggup terjadi pada siapapun tanpa memandang usia serta jenis kelamin. Buah bengkoang sanggup dipakai untuk membantu menghilangkan nanah yang mengganggu dan susah untuk dihilangkan. Perawatan alami dengan bengkoang sanggup membantu menghilangkan kotoran dan kuman yang menjadi penyebab jerawat.

Itulah beberapa manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk sanggup memanfaatkan kandungan nutrisi di dalamnya, kita sanggup mengonsumsi buah bengkoang secara teratur. Selain itu, terdapat juga jenis perawatan untuk kulit sanggup dilakukan dengan cara memarut daging buah bengkoang untuk dijadikan masker.

0 Response to "15 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel