20+ Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Nampaknya, belum banyak orang yang mengetahui mengenai manfaat buah pir. Padahal manfaat buah tersebut tidak kalah banyak dari buah-buah lainnya, mulai dari kecantikan sampai kesehatan. Wajar saja alasannya bersama-sama pir bukanlah buah orisinil Indonesia, melainkan berasal dari negara di Eropa Barat.

Meski demikian, pir sangat disukai oleh penduduk Indonesia. Hal ini dikarenakan pir mempunyai banyak kandungan air sehingga cocok untuk dijadikan pelepas dahaga terutama di negara tropis menyerupai Indonesia. Jika digigit daging buahnya sangat renyah dan empuk. Kulit buah yang matang berwarna kuning pucat berbintik coklat dan daging buah berwarna putih.

Mengenai kandungan nutrisinya, pir merupakan salah satu buah dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Ia mempunyai sejumlah nutrisi pokok dan sejumlah nutrisi mikro lainnya yang diharapkan oleh tubuh. Daripada penasaran, eksklusif saja simak ulasan mengenai kandungan serta manfaat buah pir berikut.


Kandungan Nutrisi Buah Pir


Telah disinggung di atas bahwa buah pir mempunyai sejumlah nutrisi makro (pokok) dan mikro. Makro menerangkan bahwa nutrisi tersebut terdapat pada buah pir dalam jumlah besar, sedangkan mikro hanya sedikit. Meski demikian, keduanya sama penting alasannya mempunyai tugas masing-masing dalam menjaga kesehatan tubuh. Langsung saja, berikut kandungan nutrisi dalam 100 gr buah pir yang dihimpun dari data USDA Nutrient Nasional.

1.  Nutrisi Makro

Buah pir mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, ialah sekitar 15.4 gr. Ia juga mempunyai kandungan gula sebanyak 9.8 gr dan serat sebanyak 3 gr. Untuk proteinnya, pir hanya mempunyai sebanyak 0.38 gr dan tidak mempunyai lemak. Sedangkan jumlah kalori di dalamnya sebesar 58 kkal.

2.  Nutrisi Mikro

Buah pir hampir mencukupi kebutuhan akan semua jenis vitamin B. Ia mengandung vitamin B1 sebesar 0.012 mg, B2 0.025 mg, B3 0.157 mg, B5 0.048 mg, B6 0.028 mg dan B9 7 mg. Ia juga mengandung vitamin C sebanyak 4.2 mg. Selain itu buah pir juga mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng, kalium dan tembaga.

Itulah sejumlah kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gr buah pir. Dengan mengonsumsi satu buah pir tentu Anda akan mendapat asupan nutrisi yang berlipat, alasannya ukuran buah pir sedang saja bisa mencapai 170gr. Lalu bagaimana dengan manfaat dari masing-masing nutrisi tersebut? Tenang saja, di bawah ini akan eksklusif dibahas mengenai manfaat buah pir secara lengkap.


Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan


 belum banyak orang yang mengetahui mengenai manfaat buah pir 20+ Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah pir tak hanya bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, namun ia juga sanggup menciptakan kulit wajah Anda menjadi semakin menawan. Apakah bisa? Tentu saja iya, alasannya buah pir mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang mana sangat mempunyai kegunaan untuk menjaga kulit dari radikal bebas. Berikut beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan.

1.  Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah pir yang pertama, ialah untuk meningkatkan sistem imun. Dikatakan demikian alasannya buah pir mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang mana keberadaannya akan merangsang produksi sel darah putih. Di dalam badan sel darah putih dikenal sebagai antibodi. Maka dari itu dengan rutin mengonsumsi pir setiap hari dipastikan sistem kekebalan badan Anda akan meningkat.

2.  Menjaga Gula Darah

Manfaat buah pir untuk kesehatan selanjutnya, ialah menjaga gula darah. Hal ini agaknya kurang bisa dimengerti, alasannya buah pir mempunyai kandungan gula yang tinggi. Memang benar, namun hal tersebut diimbangi dengan rendahnya indeks gliserin pada buah tersebut. Selain itu tingginya serat di dalamnya juga turut membantu dalam mengontrol gula darah.

3.  Sebagai Sumber Energi

Telah Anda ketahui bahwa buah pir mengandung cukup banyak karbohidrat dan gula. Tentu saja hal tersebut cukup untuk Anda jadikan masakan sumber energi saat sedang menjalani diet atau hanya sekedar untuk pengganjal perut.

4.  Sebagai Sumber Antioksidan

Vitamin C dikenal sebagai sumber antioksidan yang bisa menjaga badan dari serangan radikal bebas. Itulah salah satu manfaat buah pir untuk kecantikan yang akan Anda dapatkan kalau rutin mengonsumsinya. Dikatakan demikian, alasannya radikal bebas akan menciptakan kulit menjadi tidak sehat, menyerupai kering, kusam dan keriput.

5.  Mengurangi Peradangan

Satu lagi manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan, ialah mengurangi peradangan alasannya ia mempunyai sifat sebagai anti-inflamasi alami. Berbagai persoalan peradangan tentu bisa diatasi dengan gampang kalau Anda rutin mengonsumsi buah satu ini. Selain itu sifat anti radang buah pir juga bisa Anda jadikan cara untuk mengurangi pembengkakan di sekitar area wajah yang berjerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuatnya menjadi masker atau hanya sekedar mengoleskan belahan buahnya pada area jerawat.

6.  Menurunkan Resiko Kanker

Lagi-lagi manfaat satu ini jawaban ulah dari antioksidan. Pasalnya antioksidan dalam pir mempunyai sifat antikarsinogenik yang sangat diunggulkan dibandingkan dengan buah lainnya. Ia dikaitkan dalam pencegahan bermacam-macam jenis kanker, menyerupai paru-paru, prostat, usus dan rektum.
7.  Mempercepat Penyembuhan Luka

Penyembuhan luka merupakan tugas dari asam karbonat atau vitamin C itu sendiri. Hal ini dikarenakan vitamin C bertanggung jawab atas pembentukan sel dan jaringan gres pada ogran-organ di seluruh badan manusia. Lantas apa hubungannya? Jadi, saat tangan tergores dan mengeluarkan darah, secara otomatis hal tersebut menciptakan sel menjadi rusak dan nantinya vitamin C akan menggantinya dengan membentuk sel baru.

8.  Terhindar Dari Osteoporosis

Buah pir juga mengandung kalsium, mangan, magnesium, fosfor, yang mana baik untuk kesehatan tulang. Meskipun tidak dalam jumlah yang banyak namun setidaknya kalsium dalam pir sudah cukup untuk menyempurnakan atau mewakili asupan kalsium Anda per harinya.

9.  Baik Untuk Penderita Anemia

Anemia merupakan suatu penyakit kekurangan sel darah merah. Hal tersebut bisa terjadi,  alasannya asupan zat besi dalam badan kurang memadai. Akibatnya produksi sel darah merah menjadi terhambat dan menimbulkan kelelahan. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi kalau Anda rutin mengonsumsi pir, alasannya di dalamnya terdapat zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

10.  Cocok Sebagai Menu Diet

Jika Anda sedang menjalani diet, maka disarankan untuk memasukan buah pir ke dalam daftar sajian diet. Dikatakan demikian alasannya buah pir mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah kalau dibandingkan dengan buah lainnya. Meski demikian tidak perlu khawatir kekurangan energi, alasannya kandungan karbohidrat dan nutrisi lainnya sangatlah banyak.

11.  Baik Untuk Ibu Hamil

Tentu Anda sudah tahu bukan bahwa folat merupakan nutrisi yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para ibu hamil? Hal ini tak lain alasannya folat (vitamin B9) sanggup meningkatkan fungsi otak dan mencegah cacat pada janin. Selain itu, kandungan protein dalam buah pir juga akan membantu meningkatkan kecerdasan dan menyuburkan rambut bayi Anda kelak.

12.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah pir selanjutnya, ialah untuk melancarkan susukan pencernaan. Hal ini sudah terperinci alasannya adanya kandungan serat yang cukup tinggi. Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet, alasannya serat tinggi juga akan membantu menciptakan Anda merasa kenyang lebih lama.

13.  Mengatasi Masalah Penuaan Dini

Salah satu tanda Anda terkena radikal bebas, ialah terjadinya penuaan dini yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus di wajah. Supaya hal tersebut tidak terjadi, maka rajinlah mengonsumsi buah pir, alasannya kandungan antioksidannya sanggup membantu kulit menangkal radikal bebas.

14.  Menyehatkan Kulit

Manfaat buah pir untuk kecantikan satu ini nampaknya sudah tidak perlu dipertanyakan. Pasalnya vitamin C, antioksidan dan kadar air yang cukup tinggi akan menciptakan kulit menjadi sehat. Selain itu kandungan serat juga sanggup membantu mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

15.  Melembabkan Kulit

Pir mengandung humectants alami, ialah suatu senyawa yang berfungsi untuk melembabkan kulit dengan cara mengatur keseimbangan air dalam tubuh. Sudah terperinci dengan rutin mengonsumsinya Anda bisa mendapat manfaat buah pir untuk kecantikan satu ini. Supaya lebih maksimal, imbangi juga dengan asupan air putih yang cukup ya!

16.  Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Kulit berminyak sangat berbeda dengan kulit lembab ya! Kulit sehat ditandai dengan sifat kulit yang lembab, kenyal dan kencang, sedangkan kalau berminyak merupakan tanda bahwa kulit Anda sedikit mengalami masalah. Maka dari itu agar sanggup mencicipi manfaat buah pir untuk kecantikan satu ini, ada baiknya Anda rutin memakai masker buah pir. Dengan begitu sekresi kelenjar sebaceous (kelenjar yang memproduksi minyak) akan mengalami penurunan.

17.  Mencegah Tumbuhnya Jerawat

Tahukah Anda bahwa antioksidan juga sanggup membantu kulit wajah terhindar dari jerawat? Ini sangat akrab hubungannya dari manfaat antioksidan itu sendiri. Maksudnya, antioksidan akan menciptakan kulit wajah menjadi lebih sehat. Kaprikornus Anda bisa bayangkan kalau kulit wajah tidak sehat, otomatis akan banyak sel-sel kulit mati menumpuk dan menyumbat pori-pori wajah sehingga menimbulkan jerawat.

18.  Menyehatkan Bibir

Siapa sangka bahwa dengan mengonsumsi buah pir, bibir Anda sekalipun juga akan mencicipi manfaatnya. Hal ini dikarenakan kandungan asam yang ada di dalamnya akan membantu sel-sel dalam bibir terhidrasi lebih usang sehingga menjadi tetap sehat. Jika Anda ingin mencicipi manfaat buah pir untuk kecantikan ini maka rutinlah mengonsumsi buahnya ya!

19.  Membantu Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Selain radikal bebas banyak faktor yang menimbulkan sel kulit mati, salah satunya ialah tidur berlebihan, murka dan depresi. Jika kulit mati menumpuk maka akan menimbulkan kerutan di wajah dan menciptakan wajah menjadi tidak sehat. Dengan adanya vitamin C dan antioksidan pada buah pir hal tersebut tentu bisa dihindari.

20.  Menyehatkan Rambut

Buah pir yang matang mengandung sorbitol dan glusitol. Keduanya merupakan alkohol gula alami yang sanggup menutrisi rambut dan kulit kepala, tetap sehat dan lembab.

21.  Menjaga Tekanan Darah

Manfaat buah pir untuk kesehatan yang terakhir, ialah menjaga tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dalam buah pir akan menciptakan sistem kardiovaskular menjadi rileks sehingga pembekuan darah bisa dihindari. Maka dari itu konsumsilah kalium dari buah pir ini secara rutin, alasannya tanpanya fungsi penting dalam badan akan menjadi lambat.

Itulah kandungan dan beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi Anda. Mulailah rutin mengonsumsi buah pir untuk mencicipi manfaatnya.

0 Response to "20+ Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel