Inilah 16 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Salak merupakan salah satu buah yang bisa tumbuh di kawasan tropis. Buah yang tampilannya ibarat sisik itu ternyata sangat digemari oleh banyak orang. Dibalik rasanya yang manis agak keasaman ini ternyata buah salak mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Jika dilihat dari segi tampilan memang buah salak ini tidak terlalu menarik, namun ternyata buah salak mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia. Terlepas dari rasanya yang asam manis, buah salak sangat baik kalau dikonsumsi secara langsung. Agar bisa mendapat kandungan gizi secara maksimal dari buah salak disarankan untuk tidak membuang kulit arinya. Apa saja kandungan gizi dari buah salak? mari kita simak pembahasan dibawah ini.


3 Kandungan Gizi Terbaik Dari Buah Salak   



1.  Beta Karoten

Kandungan pertama buah salak yakni senyawa beta karoten. Senyawa tersebut sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata. Berdasarkan penelitian menyimpulkan bahwa kandungan senyawa beta karoten pada buah salak 5 kali lebih besar dari buah semangka dan buah mangga. Kaprikornus untuk menjaga kesehatan mata, Anda tidak harus mengonsumsi wortel saja namun juga bisa menggantinya dengan buah salak.

2.  Vitamin C

Kandungan vitamin C pada buah salak ternyata cukup tinggi, yaitu sekitar 10% atau setara dengan 8,4 miligram. Vitamin C ini sangat diharapkan oleh tubuh untuk melindungi dari serangan aneka macam virus. Vitamin C pada buah salak juga bisa dijadikan obat bagi penderita sariawan, panas dalam dan bibir pecah-pecah.

3.  Serat

Selama ini masyarakat percaya dengan mitos yang menyampaikan bahwa dengan mengonsumsi buah salak akan menimbulkan kita sulit untuk BAB. Namun, mitos tersebut tidak 100% benar. Pada buah salak terdapat kulit ari yang mengandung serat. Kandungan serat itulah yang membantu untuk memudahkan BAB, jadi kalau Anda memakan buah salak jangan membuang kulit arinya.

Selain itu, masih banyak lagi kandungan gizi yang terdapat di dalam buah salak diantaranya ialah karbohidrat, zat besi, protein, kalsium, fosfor dan potasium. Dengan banyaknya kandungan gizi pada buah bersisik tersebut maka tidak heran kalau mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui


 Salak merupakan salah satu buah yang bisa tumbuh di kawasan tropis Inilah 16 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

1.  Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat buah salak yang mungkin tidak banyak diketahui orang-orang ialah sanggup meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan pektin dan potasium yang terdapat pada buah salak tersebut mempunyai tugas untuk meningkatkan kecerdasan otak. Tidak hanya itu, kandungan potasium dan pektin juga berkhasiat untuk pengendali fungsi jantung, fisiologi serta mengobati penyakit kanker prostat.

2.  Mengobati Diare

Jika Anda terjangkit penyakit diare jangan pribadi mengonsumsi obat-obatan dari materi kimia. Cobalah untuk mengonsumsi buah ibarat salak. Buah salak bisa dijadikan sebagai obat penyakit diare. Cukup dengan mengonsumsi sebanyak 20 gram buah salak yang masih muda untuk mengurangi diare.

3.  Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium yang terdapat pada buah salak dipercaya bisa untuk menjaga kesehatan tulang. Khususnya bagi ibu hamil, manfaat buah salak bisa dijadikan untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Sehingga janin bisa tumbuh dengan tulang yang kuat. 
4.  Menjaga Stamina

Selain dipakai untuk membentuk jaringan tulang pada janin, kalsium di dalam buah salak juga mempunyai tugas penting untuk ibu hamil dalam menyiapkan kelahirannya. Dengan asupan kalsium yang didapat dari buah salak, menciptakan stamina ibu hamil menjadi lebih terjaga. Kalsium harian yang dibutuhkan oleh ibu dan janinnya pun bisa tercukupi.

5.  Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang mempunyai tugas penting dalam tubuh. Jika terdapat gangguan pada jantung otomatis semua pecahan organ lainnya pun ikut terganggu. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan jantung dengan cara mengonsumsi buah-buahan ibarat salak. Kandungan kalium pada salak dipercaya bisa untuk menjaga kesehatan jantung.

6.  Mencegah Obesitas

Pada buah salak terkandung serat yang berkhasiat untuk menjaga berat tubuh tetap ideal. Pada ibu hamil problem yang biasa terjadi ialah kelebihan berat badan. Untuk bisa menjaga berat tubuh semoga tetap ideal ialah salah satunya dengan mengonsumsi buah salak.

7.  Program Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani jadwal diet tentunya harus mengurangi porsi makan setiap harinya dan menggantikannya dengan makanan lain yang bisa menunjukkan rasa kenyang. Pada buah salak terkandung serat yang bisa menunjukkan rasa kenyang. Selain itu, terdapat juga kandungan fitonutrien, tanin dan vitamin C yang bisa membantu menjalankan jadwal diet Anda.

8.  Membantu Melancarkan Pencernaan

Buah salak terdiri dari flavonoid, beta karoten, saponin, tanin dan kalsium yang mempunyai manfaat untuk menjaga sistem imunitas pada tubuh. Manfaat kandungan tanin pada buah salak bisa dijadikan sebagai obat diare sehingga sistem pencernaan padan tubuh menjadi lancar.

9.  Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel, buah salak juga dipercaya bisa untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan beta karoten bisa menjaga kesehatan mata kita semoga tetap fokus. Kesehatan mata dihentikan disepelekan maka dari itu untuk mengganti wortel, Anda bisa memanfaatkan buah salak.

10.  Mengobati Rabun Jauh

Jika selama ini Anda menerka bahwa hanya wortel saja yang sanggup mengobati rabun jauh, kini Anda sudah tahu ada buah lainnya yang bisa mengobati rabun jauh, yaitu salak. Kandungan vitamin A tinggi yang ada pada buah salak bisa meningkatkan ketajaman mata dalam memandang obyek dan melihat cahaya. Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan dari materi kimia, cukup dengan makan salak dan wortel sudah bisa mengurangi rabun jauh Anda.

11.  Mengatasi Anemia

Di dalam buah salak terdapat kandungan zat besi dan tiamin yang sangat diharapkan oleh tubuh. Manfaat buah salak untuk kesehatan dengan kandungan tersebut ialah bisa meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Pada ibu hamil, sangat diharapkan asupan zat besi yang cukup semoga tidak kekurangan oksigen untuk dirinya maupun janinnya.

12.  Mencegah Kanker

Banyak orang yang bersusah payah mencari obat untuk bisa mengobati penyakit kanker. Namun, sebelum terlambat ada baiknya Anda mencegah dengan mengonsumsi buah-buahan ibarat salak. Pada buah salak terdapat zat anti kanker yang berada pada kulit arinya. Kaprikornus setiap makan buah salak usahakan untuk tidak membuang kulit arinya, sebab disitulah terdapat banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan manusia.

13.  Sebagai Agen Antioksidan

Salah satu jenis buah yang mengandung beta karoten ialah buah salak. Senyawa beta karoten ini berfungsi sebagai zat antioksidan alami bagi tubuh. Zat antioksidan ini sangat diharapkan untuk tubuh semoga menangkal serangan radikal bebas yang didapat dari lingkungan sekitar. Hebatnya, kandungan beta karoten pada buah salak 3 kali lebih tinggi dari buah mangga.

14.  Mencegah Penuaan Dini

Bagi perempuan penampilan menjadi segala-galanya maka dari itu aneka macam cara dilakukan semoga tetap terlihat infinit muda. Untuk bisa mencegah penuaan dini, Anda tidak perlu memakai cream atau obat-obatan berbahan kimia. Disarankan konsumsilah buah salak, sebab terdapat kandungan yang dipercaya bisa untuk mengatasi problem penuaan dini.
15.  Mengobati Gangguan Asam Lambung

Manfaat buah salak untuk kesehatan berikutnya ialah mengatasi permasalahan penyakit asam lambung. Khususnya bagi ibu hamil biasanya rentan terkena penyakit asam lambung, sebab sering mengalami mual dan muntah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah salak secukupnya.

16.  Membantu Membentuk Sistem Memori Janin

Ketika dalam masa kehamilan, bukan hanya ibunya saja yang harus mendapat asupan gizi yang cukup, janinnya pun harus mendapatkannya. Dalam proses pembentukan tubuh janin, diharapkan senyawa pektin yang berkhasiat untuk membentuk sistem memori janin. Senyawa pektin tersebut bisa didapatkan dari buah salak.

Untuk ibu hamil memang tidak ada larangan khusus untuk mengonsumsi buah salak, asalkan tidak berlebihan. Sayangnya, bagi penderita tifus dan maag tidak disarankan untuk mengonsumsi buah salak, sebab dikhawatirkan justru akan mengganggu kesehatan usus. Demikianlah gosip mengenai kandungan dan manfaat buah salak bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah 16 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel