15 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan Tubuh

Kekayaan tanah air memang tidak bisa diremehkan. Buah yang tumbuh di tanah air Indonesia terbukti mempunyai banyak sekali manfaat yang sayang sekali untuk disia-siakan. Manfaat buah srikaya bagi kesehatan badan misalnya. Buah ini mempunyai banyak kandungan kaya nutrisi dan zat-zat lain yang bisa dipakai untuk mengobati aneka macam macam penyakit.


Buah Srikaya, Mulai Dari Ujung Akar Hingga Buah


Mengenal buah srikaya, mungkin kebanyakan hanya mengenalnya dalam bentuk selai atau hanya buahnya saja. Padahal, mulai dari ujung akar sampai buahnya, mempunyai banyak sekali manfaat.

1.  Akar

Akar tumbuhan ini mempunyai kandungan alami berupa polifenol, tannin dan flavonoid. Kesemuanya merupakan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Akar pohon ini bisa diramu menjadi obat herbal yang berkhasiat.

2.  Kulit Pohon dan Batang

Tidak jauh dari akar, ada kulit pohon yang tidak kalah berkhasiat. Kandungannya hampir sama menyerupai akar, sehingga obat herbal yang dibentuk dari batang dan kulit pohon tumbuhan srikaya juga sangat berkhasiat.

3.  Daun

Daun tumbuhan srikaya mempunyai khasiat mengobati cacingan, diare dan penyakit pencernaan lainnya. selain itu, reumatik sampai asam urat bisa diobati dengan ramuan dari daun tumbuhan srikaya ini.

4.  Biji

Selain akar, kulit pohon, batang dan daun, bijinya juga mempunyai banyak manfaat. Kutu yang bersarang di rambut, cacingan, sampai pencernaan yang lemah bisa diobati dengan biji buah srikaya. Namun, bukan berarti harus menelan bijinya bulat-bulat ya, ada cara pengolahan tersendiri.

Bagaimana? Ternyata banyak sekali manfaat dari masing-masing cuilan tumbuhan srikaya ini untuk kesehatan selain daging buahnya. Mulai dari ujung ke ujung kandungan dalam tumbuhan ini bisa dimanfaatkan seluruhnya.


Kandungan Nutrisi Buah Srikaya


Buah srikaya mengandung aneka macam macam kandungan. Kesemuanya mempunyai manfaat yang tidak bisa diremehkan. Kandungan tersebut di antaranya adalah:

1.  Tanin

Kandungan ini biasanya memang ada dalam tumbuhan teh. Namun, zat ini juga terdapat pada buah srikaya yang masih muda. Jadi, jangan heran kalau buah srikaya yang masih belum matang mempunyai tingkat keasaman atau malah kepahitan tertentu.

2.  Asam Amino

Asam Amino penting sebagai nutrisi bagi tubuh. Zat-zat ini berfungsi mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan sel. Apalagi untuk sel otak yang masih berkembang, zat ini sangat anggun sehingga perlu dikonsumsi dalam jumlah tertentu setiap harinya.

3.  Potassium

Potassium yaitu salah satu mineral yang menjadi keharusan. Mineral ini tidak diproduksi oleh tubuh, padahal sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan. Kekurangan potassium akan menjadikan aneka macam macam penyakit.

4.  Magnesium

Sama menyerupai potassium, magnesium ini sangat penting untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk memenuhi asupan magnesium untuk menjaga badan Anda supaya tetap sehat.

5.  Niasin

Senyawa organik ini terkait dengan  kandungan vitamin B. Dan kekurangan vitamin B akan menjadikan penyakit-penyakit yang merepotkan. Mulai dari gampang lelah, lesu dan letih, sampai gangguan pencernaan, serta penyakit lainnya.

Kelima kandungan tersebut yaitu yang jarang diketahui masyarakat umum. Sisanya, sama menyerupai buah lain, buah srikaya mengandung aneka macam vitamin, mineral, karbohidrat, serat, serta gula buah. Setelah mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam satu buah srikaya, berikutnya mari kita simak apa saja manfaat buah srikaya berikut ini.


Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan


 Kekayaan tanah air memang tidak bisa diremehkan 15 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan Tubuh

Kira-kira apa saja manfaat buah yang satu ini untuk kesehatan? Apakah hanya sebatas pada penyembuhan dan pencegahan penyakit saja? ternyata tidak. Ada beberapa manfaat yang tidak berafiliasi langsung, namun tetap kuat bagi kesehatan manusia.

1.  Mengobati Asma

Penyakit yang satu ini menjadi momok bagi penderitanya. Aktivitas mereka akan dibatasi alasannya yaitu sekalinya terkena serangan, akan sangat merepotkan dan menyakitkan. Buah srikaya mempunyai manfaat sebagai obat asma. Antioksidan dalam buah ini menjadi penangkal untuk beberapa penyebab kambuhnya penyakit ini.

2.  Mengobati Anemia

Magnesium dan zat besi sangat penting untuk menjaga keseimbangan dalam darah. Karena itu, konsumsi srikaya yang mengandung kedua zat ini akan membantu mengatasi penyakit anemia.

3.  Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat akan menjadikan penyakit yang mematikan. Salah satunya yaitu stroke dan kegagalan fungsi organ lainnya. Karena itu, konsumsilah buah srikaya yang mengandung niasin. Zat ini bisa menurunkan kolesterol jahat dalam badan tanpa terkecuali.

Baca juga: Manfaat Tomat

4.  Sebagai Makanan Alami Untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau penyakit gula biasanya akan dibatasi konsumsi gula dan karbohidratnya. Manfaat buah srikaya bagi kesehatan penderita diabetes sangat besar. Karena mengandung gula buah yang tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah sekaligus mengandung zat yang sanggup menstabilkan gula darah.

5.  Menurunkan Hipertensi

Hipertensi juga menjadi salah satu cikal bakal penyakit jantung menyerupai stroke. Buah srikaya mengandung zat yang akan menurunkan tekanan darah Anda, sehingga resiko tersebut bisa dikurangi.

6.  Memperlancar Pencernaan

Serat dalam buah-buahan menyerupai srikaya sangat tinggi. Makara kalau ingin lancar BAB dan bebas dari gangguan pencernaan, konsumsilah buah srikaya serutin mungkin. Niscaya pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar. Manfaat buah srikaya yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin diet, bukan?

7.  Mengobati Diare

Diare biasa dialami setiap orang setidaknya beberapa kali dalam setahun. Untuk mengatasinya, menjaga pencernaan sangatlah penting. Namun, untuk yang sudah terlanjur terkena diare, maka asupan vitamin, mineral dan zat lain dalam buah srikaya bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan diare.

8.  Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Potassium dan magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Karena kandungan kedua zat tersebut bisa memenuhi kebutuhan potassium dan magnesium tubuh.

9.  Sebagai Pestisida Alami

Untuk mengusir hama tanaman, biasanya dipakai pestisida. Namun, materi kimia dalam pestisida akan terakumulasi dalam badan sehingga menjadikan aneka macam penyakit sampai keganjilan pada janin. Kandungan resin dan annonain dalam srikaya bisa menjadi pestisida alami yang tidak terlalu membahayakan kesehatan manusia.

10.  Menjaga Kesehatan Mata

Siapa yang tidak ingin mempunyai mata yang sehat? Kalau ingin mempunyai mata yang sehat maka asupan vitamin dan riboflavin dalam buah srikaya akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

11.  Mencegah Arthritis

Kandungan magnesium dan potassium, serta zat besi sudah niscaya akan menciptakan tulang dan gigi semakin terjaga kesehatannya. Maka bagi yang takut terkena arthritis, konsumsi buah srikaya akan memberi manfaat lebih sebagai pencegah datangnya arthritis.

12.  Menyembuhkan Bisul

Manfaat selanjutnya yaitu sanggup menyembuhkan penyakit kulit menyerupai bisul. Caranya, yaitu buah srikaya dihaluskan, kemudian dicampur dengan sedikit garam, kemudian balurkan pada bisul. Maka nanah Anda akan segera sembuh.

13.  Menjaga Kesehatan Jantung

Jika kolesterol dan hipertensi sanggup diturunkan, maka resiko terkena penyakit jantung juga akan menurun. Karena pentingnya menjaga kesehatan jantung, maka konsumsilah buah srikaya supaya jantung Anda selalu sehat.
14.  Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat dan gula dalam buah srikaya berbeda dengan yang ada pada masakan pokok. Selain memberi energi, buah srikaya juga lebih sehat alasannya yaitu tidak mengandung tambahan aksesori apapun.

15.  Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah srikaya yang terakhir yaitu untuk meningkatkan sistem imun. Sistem imun tidak akan bertahan selamanya. Akan ada masa naik turun sehingga perlu asupan menyerupai vitamin untuk menjaga badan Anda supaya tetap bugar. Buah srikaya mengandung aneka macam macam vitamin yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Itulah aneka macam manfaat penting buah srikaya yang perlu diketahui. Beberapa di antaranya mungkin tidak berkaitan dengan Anda alasannya yaitu bukan termasuk penderita. Namun, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Makara tidak ada salahnya rutin mengonsumsi buah srikaya supaya badan Anda tetap sehat dan kuat.

Jika melihat pembahasan di atas, maka tidak heran kalau buah srikaya ini menjadi favorit beberapa orang, apalagi rasa buah yang sudah matang manis dan bisa pribadi dimakan. Meski banyak bijinya, namun rasanya saja sudah cukup untuk memuaskan kebutuhan badan Anda. Bagi Anda yang ingin tetap sehat dengan cara yang enak, mengonsumsi buah srikaya bisa menjadi alternatif yang tepat.

0 Response to "15 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel