Segudang Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

Siapa yang tidak mengenal buah tomat, buah dengan warna merah menyala dan mempunyai rasa yang sedikit asam. Buah berbiji ini memang sanggup dengan gampang ditemukan di Indonesia, harganya pun tidak mahal bahkan buah ini sudah menjadi barang wajib di dapur, alasannya yaitu memang bisa menambah cita rasa dari masakan. Namun, siapa yang akan menyangka jikalau manfaat tomat sangat banyak dan baik untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan wajah.


Kandungan Nutrisi Buah Tomat


Mungkin Anda bingung, bagaimana mungkin dalam buah mungil berjulukan tomat terkandung berbagai manfaat yang sangat besar? Hal ini dikarenakan alasannya yaitu banyaknya kandungan nutrisi dalam buah tersebut sehingga manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan wajah tidak perlu diragukan lagi. Dalam 100 gram buah tomat ternyata mengandung:

  • 3% vitamin A
  • 33% vitamin C
  • 3% zat besi
  • 1% kalsium
  • 2 gram protein
  • 51 mg karbohidrat
  • 28 gram gula
  • 6 gram serat
  • 2 mg sodium
  • 0% lemak baik itu lemak jenuh maupun lemak trans

Tidak hanya mempunyai beberapa kandungan nutrisi dan vitamin menyerupai di atas, tomat juga mengandung vitamin B6, vitamin K, betakaroten, magnesium, tembaga, fosfor, niacin, thiamin dan juga asam folat. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam buah tomat tentu tidak mengherankan jikalau manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan sangatlah banyak.


Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan


 buah dengan warna merah menyala dan mempunyai rasa yang sedikit asam Segudang Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

1.  Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat tomat untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan alasannya yaitu tingginya serat yang terkandung dalam buah tomat ternyata bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Sehingga dengan rutin mengonsumsi buah tomat maka secara tidak eksklusif sistem pencernaan Anda selalu sehat.

2.  Memperkuat Tulang

Manfaat buah tomat berikutnya yaitu untuk memperkuat tulang. Adanya vitamin K yang ada dalam buah berwarna merah ini memang dipercaya bisa menguatkan dan menyehatkan tulang sehingga Anda akan jauh dari penyakit osteoporosis yang akan menciptakan tulang menjadi keropos.

3.  Menjadi Obat Pencegah Kanker

Penyakit kanker memang menjadi salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja. Namun, bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit mematikan tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah tomat dari sekarang. Kandungan likopen yang ada dalam buah asam manis ini ternyata bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

4.  Menajamkan Penglihatan

Semua orang niscaya tahu apabila vitamin A memang mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan mata dan bisa menajamkan indra penglihatan. Kandungan vitamin A dalam buah tomat memang sangat tinggi bahkan dengan mengonsumsi buah ini, kebutuhan harian vitamin A dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Sehingga tidak mengherankan jikalau salah satu manfaat tomat untuk kesehatan yaitu bisa menajamkan kembali indra penglihatan.

5.  Pencegah Diabetes Alami

Bagi penderita diabetes, jumlah gula yang harus dikonsumsi memang harus dibatasi namun tidak sepenuhnya dihilangkan. Dalam buah tomat sendiri terkandung zat gula yang kondusif untuk dikonsumsi khususnya untuk para penderita diabetes. Tidak hanya itu, kandungan kromium yang ada dalam buah ini juga sanggup menyeimbangkan kadar gula yang ada dalam tubuh.

6.  Menyehatkan Rambut

Manfaat tomat untuk kesehatan kulit khususnya kulit kepala memang tidak perlu diragukan lagi. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam tomat ternyata bisa menjaga kesehatan kulit kepala sehingga akan menciptakan rambut tumbuh lebih berpengaruh mulai dari akar sampai ujung rambut.

7.  Membentuk Otot

Untuk sanggup membentuk otot, latihan fisik memang sangat wajib untuk dilakukan. Akan tetapi makanan penunjang juga sangat penting dan dihentikan diabaikan. Salah satu nutrisi yang diharapkan untuk membentuk otot yaitu protein. Buah tomat mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga tidak mengherankan buah yang satu ini selalu menjadi pilihan bagi yang ingin membentuk otot tubuh.

8.  Mengontrol Kolesterol

Di dalam tubuh insan terdapat dua jenis lemak, yakni lemak baik dan lemak jahat yang sering dikenal dengan nama kolesterol. Untuk mengatasi lemak jahat tersebut, Anda bisa memanfaatkan buah tomat. Salah satu manfaat tomat untuk kesehatan yakni untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan alasannya yaitu banyaknya mineral yang ada dalam buah tomat memang bisa membantu mengatur jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh.

9.  Mencegah Kerusakan Sel

Manfaat tomat untuk kesehatan selanjutnya yaitu bisa mencegah kerusakan sel. Umumnya kerusakan ini terjadi, alasannya yaitu tubuh terkena radikal bebas yang memang sangat berbahaya untuk tubuh khususnya kulit. Oleh alasannya yaitu itu, tidak ada salahnya untuk mengganti sajian minuman makan siang Anda menjadi jus tomat. Kandungan likopen yang ada dalam buah ini memang dipercaya bisa menanggulangi dan melindungi sel-sel tubuh dari ancaman radiasi dan radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Buah Naga

10.  Menstabilkan Kerja Jantung

Manfaat tomat yang tak kalah penting untuk diketahui yaitu untuk menstabilkan kerja jantung. Dalam sebuah tomat berukuran sedang mengandung kurang lebih 235 mg kalium. Kalium tersebut nantinya bisa mengontrol denyut jantung semoga lebih stabil. Tidak hanya itu, dengan stabilnya denyut jantung maka Anda bisa terhindar dari penyakit stroke dan juga jantung.

11.  Mengurangi Kadar Lemak Dalam Tubuh

Bagi Anda yang sedang menjalani aktivitas diet untuk menurunkan berat badan, namun tidak kunjung terlihat hasilnya, Anda bisa mencoba mengonsumsi tomat dari sekarang. Tingginya kandungan protein, kalori dan karbohidrat dalam tomat memang bisa menjaga berat tubuh semoga lebih stabil. Rendahnya kandungan lemak dalam tomat juga akan menciptakan proses pembakaran lemak menjadi lebih maksimal.

12.  Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat buah tomat selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan gigi. Kaprikornus bagi Anda yang mengalami problem pada kesehatan gigi sebaiknya selain berkonsultasi dengan dokter dan rajin menjaga kebersihan gigi kini harus mulai mengonsumsi buah tomat. Tingginya kalsium pada tomat bisa menjaga kesehatan dan menjaga kekuatan dari gigi.

13.  Mengobati Nyeri Punggung

Masalah nyeri punggung yang terjadi akhir adanya peradangan memang tidak bisa dianggap remeh. Jika Anda mulai mencicipi nyeri khususnya pada bab punggung, sebaiknya untuk mulai mengonsumsi tomat dari sekarang. Kandungan karotenoid dan bioflavonoid dalam tomat memang dikenal sebagai anti radang sehingga akan meringankan nyeri yang terjadi. Namun, jikalau nyeri terjadi secara berkelanjutan sebaiknya segera periksa ke dokter.

14.  Kondisioner Alami

Manfaat buah tomat selanjutnya yaitu untuk dipakai sebagai kondisioner alami. Selain bisa melembutkan rambut sehingga tidak gampang kusut, tomat juga bisa menciptakan rambut lebih bersinar. Caranya yakni dengan mengoleskan jus tomat pada rambut secara merata. Gosok rambut perlahan selama 20 menit, kemudian bilas sampai bersih.

15.  Menghilangkan Bau Kulit Kepala

Kulit kepala anyir memang jarang terjadi, umumnya rambut yang akan bau, alasannya yaitu kotor meskipun terdapat alasan lain yang memungkinkan kulit kepala menjadi bau. Namun, jikalau hal tersebut terjadi, Anda bisa memanfaatkan sari tomat yang sudah disaring, kemudian menjadikannya sebagai obat oles. Pijak perlahan kulit kepala dan biarkan mengering selama 30 menit, gres bilas dan basuh dengan sampo semoga lebih wangi.

16.  Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat tomat lainnya yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan B6 yang ada dalam tomat memang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak khususnya untuk menghindari terjadinya kerusakan yang akan menjadikan efek jelek pada otak. Tidak hanya sanggup menjaga kesehatan otak, B6 yang ada dalam tomat juga bisa membantu pembentukan anti bodi dalam tubuh, membantu menghasilkan sel darah merah dan juga bisa mencegah anemia.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan Wajah


 buah dengan warna merah menyala dan mempunyai rasa yang sedikit asam Segudang Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

1.  Melindungi Kulit Wajah Dari Kerusakan

Manfaat tomat untuk wajah yang pertama yaitu untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan yang terjadi. Kandungan likopen yang ada dalam tomat memang bisa melindungi kulit wajah dari kerusakan yang ditimbulkan akhir imbas jelek dari sinar ultraviolet dari paparan sinar matahari.

2.  Menghilangkan Jerawat

Bagi Anda yang ingin menghilangkan abuh secara alami, sebaiknya gunakan buah tomat. Kandungan vitamin A dan C dalam tomat memang bisa menghilangkan abuh termasuk ruam merah yang muncul akhir jerawat. Yang perlu dilakukan yaitu dengan menggosokkan tomat pada abuh atau memakai tomat sebagai masker.

3.  Mengecilkan Pori-Pori dan Mengencangkan Wajah

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya yaitu untuk mengecilkan pori-pori dan juga mengencangkan kulit wajah. Manfaat ini bisa Anda peroleh cukup dengan memakai masker tomat secara teratur, caranya:

  • Blender tomat sampai halus, kemudian ambil dua sendok jus tomat dan tambahkan satu sendok air, aduk.
  • Bersihkan wajah dengan kapas, kemudian usapkan jus tomat pada wajah sembari dipijat merata kurang lebih selama 15 menit.
  • Bersihkan wajah sampai benar-benar higienis memakai air yang mengalir.

4.  Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak bisa memanfaatkan buah yang satu ini. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Ambil 1 buah tomat dan mentimun yang sudah dicuci higienis dan dipotong-potong kecil.
  • Masukkan ke dalam blender. Lalu, blender sampai halus.
  • Kemudian gunakan masker tersebut dengan cara mengoleskannya pada kapas, gres ditempel-tempelkan pada muka.
  • Biarkan sampai kering, gres boleh dibilas dengan air sampai bersih.

Jika Anda rutin melakukannya, tidak hanya minyak pada wajah yang akan berkurang, tetapi pori-pori juga akan ikut mengecil.

5.  Mencerahkan Kulit

Manfaat tomat untuk wajah lainnya yaitu untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin C pada tomat memang ampuh untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam. Caranya dengan menggosok buah tomat yang sebelumnya sudah dipotong secara merata. Agar hasil lebih maksimal lakukan hal tersebut setiap hari.

Demikian ulasan mengenai manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini secara rutin setiap harinya baik dikonsumsi secara eksklusif atau diolah terlebih dahulu guna menjaga kesehatan dan kecantikan yang Anda miliki.

0 Response to "Segudang Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel