20 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buah semangka merupakan buah yang mempunyai bentuk yang bundar dan besar. Dengan ukuran yang jumbo ini, buah semangka mempunyai berbagai kandungan air, yaitu sebanyak 80%. Tidak heran, jikalau buah ini cocok sekali sebagai penyegar badan sekaligus penghilang dahaga terlebih dikala cuaca panas.

Keuntungan lain dari buah semangka yaitu bahwa buah ini sanggup dimakan meski telah beberapa ahad disimpan, dengan syarat kawasan penyimpanannya yaitu kawasan yang teduh dan dingin. Apabila buah telah dibelah, sebaiknya buah segera dimakan atau disimpan di dalam lemari pendingin. Bagi Anda yang masih jarang mengonsumsi semangka, Anda bisa membaca warta seputar nutrisi dan manfaat buah semangka berikut ini.

Ada bermacam-macam manfaat buah semangka untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan apabila Anda sering mengemil atau memakan produk olahan dari buah ini. Anda bisa mengonsumsi daging buah semangka eksklusif atau membuatnya menjadi minuman dengan yogurt atau susu. Anda juga bisa menciptakan salad buah dengan materi utama semangka dan buah-buahan lainnya menyerupai stroberi, kiwi, dan sebagainya.


Kandungan Nutrisi Buah Semangka


Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat buah semangka untuk kecantikan maupun untuk kesehatan, Anda perlu mengetahui beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah semangka segar. Dari data USDA National Nutrient, dalam 100 g buah semangka segar terdapat:

  • Energi 30 kcal
  • Karbohidrat 7.6 g
  • Serat 0.4 g
  • Vitamin A 569 IU
  • Vitamin C 8.1 mg
  • Potasium 112 mg
  • Tembaga 42 µg
  • Magnesium 10 mg
  • Likopen 4532 µg

Selain nutrisi yang telah disebutkan di atas, buah semangka segar juga mengandung beberapa nutrisi lainnya menyerupai protein, lemak, folat, niasin, pantothenic acid, pyridoxine, tiamin, vitamin E, sodium, kalsium, zat besi, mangan, seng, alfa-karoten, beta kriptoxanthin dan lutein zeaxanthin. Semua nutrisi tersebut yaitu nutrisi yang sangat diharapkan oleh tubuh.


Manfaat Buah Semangka yang Wajib Anda Ketahui


 Buah semangka merupakan buah yang mempunyai bentuk yang bundar dan besar 20 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah semangka berkaitan dengan banyak aspek. Ada yang mencakup kesehatan organ dalam dan ada pula yang berkaitan dengan perawatan luar. Terkait aspek-aspek tersebut, berikut beberapa manfaat dari buah yang mempunyai nama latin Citrullus lanatus ini.

1.  Menyehatkan Jantung

Manfaat buah semangka untuk kesehatan yang pertama yaitu menyehatkan organ jantung. Kandungan citruline dalam semangka bermanfaat untuk meningkatkan produksi arginin. Arginin ini mempunyai kegunaan untuk mengoptimalkan elastisitas pembuluh darah. Likopen dalam daging buah semangka juga bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas yang masuk ke organ jantung.

2.  Membantu Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat buah semangka untuk kecantikan yaitu mengatasi rambut rontok. Rambut yang rontok bisa disebabkan oleh kurang lancarnya sirkulasi darah yang membawa nutrisi di kulit kepala sehingga setiap helai rambut gampang terlepas dari kulit kepala. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut, jaringan kulit kepala membutuhkan asam amino yang disebut dengan arginin. Arginin ini bisa ditingkatkan produksinya dengan citrulin yang terdapat dalam buah semangka.

3.  Mengatasi Dehidrasi

Buah semangka sanggup mengatasi kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan tubuh. Semangka mempunyai bermacam-macam elektrolit menyerupai sodium dan potasium yang sanggup mengganti ion badan yang hilang akhir acara fisik. Apabila Anda sering mengonsumsi buah semangka, Anda bisa menurunkan resiko terkena kehilangan cairan tubuh setelah beraktivitas. Karena itu, tidak heran apabila banyak orang yang akan mengonsumsi buah semangka setelah berolahraga atau beraktivitas fisik.

4.  Sebagai Agen Anti Inflamasi

Flavonoid, triterpenoid dan karoten dalam buah semangka bermanfaat sebagai biro anti inflamasi. Karoten merupakan zat yang efektif untuk meminimalisir inflamasi. Sementara itu, triterpenoid bekerja untuk memblok zat penyebab inflamasi. Karena itu, tidak heran apabila atlet atau olahragawan sering terlihat meminum jus semangka sebelum maupun sehabis berlatih.

5.  Menyehatkan Mata

Terkait manfaat buah semangka untuk kesehatan organ mata, uraiannya yaitu sebagai berikut. Karoten yang tergabung bersama vitamin A dalam buah semangka akan membantu produksi pigmen pada retina. Pigmen ini akan melindungi gangguan mata yang sering muncul ketika menginjak usia tua. Dengan rajin mengonsumsi buah semangka, maka Anda telah mempersiapkan kesehatan mata Anda di masa tua.

6.  Menguatkan Tulang

Manfaat buah semangka selanjutnya yaitu memperkuat tulang. Likopen yang terdapat dalam buah semangka sanggup membantu menyehatkan tulang. Selain itu, potasium dalam semangka juga bermanfaat untuk menjaga kalsium biar terserap optimal ke tulang dan sendi. Dengan tulang yang besar lengan berkuasa semenjak muda, Anda bisa terhindar dari problem tulang ketika menginjak usia bau tanah menyerupai osteoporosis.
7.  Mengatasi Kulit Wajah yang Berminyak

Manfaat buah semangka untuk kecantikan yang juga perlu diketahui yaitu mengatasi kulit berminyak pada wajah. Apabila tidak ada pepaya atau buah kaya vitamin A lainnya, Anda bisa memakai semangka untuk mengatasi problem wajah berminyak yang sering menyebabkan kurang percaya diri dalam berpenampilan. Vitamin A yang terdapat dalam semangka sanggup meminimalisir produksi minyak di wajah sekaligus mengecilkan pori-pori wajah.

8.  Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa memakai air buah semangka. Sebelum melaksanakan perawatan untuk menghilangkan jerawat, Anda harus membersihkan wajah. Selanjutnya, olesi area wajah yang berjerawat dengan air semangka. Agar steril, Anda bisa memakai cotton ball atau kapas dan membiarkan 15 menit sebelum dibersihkan. Dengan perawatan beberapa kali, abses akan hilang dan tidak meninggalkan bekas pada wajah.

9.  Menyehatkan Ginjal

Manfaat buah semangka untuk kesehatan ginjal juga penting untuk diketahui. Kandungan air yang banyak pada semangka menciptakan buah ini sanggup memperbanyak air seni. Selain itu, buah ini juga disebut sebagai diuretic alami yang melancarkan ekskresi pada ginjal. Selain sanggup melancarkan proses eksresi pada ginjal, potasium dalam semangka juga bermanfaat untuk meminimalisir konsentrasi zat pembentuk kerikil ginjal.

10.  Sebagai Anti-Aging

Salah satu manfaat buah semangka untuk kulit yaitu sebagai anti-aging. Tanda-tanda penuaan dini  menyerupai keriput akan lebih gampang muncul apabila Anda sering terkena radikal bebas. Terkait hal ini, semangka kaya akan vitamin A dan C yang bisa membasmi radikal bebas. Radikal bebas penyebab munculnya gejala penuaan menyerupai keriput sanggup dihambat dengan mengoleskan air sari buah semangka pada seluruh area wajah serta memakan daging buahnya. Dengan rutin mengaplikasikan kebiasaan ini, gejala penuaan bisa dihambat.

11.  Mengatasi Ketombe

Manfaat buah semangka untuk kecantikan yang sama pentingnya yaitu mengatasi gangguan pada rambut menyerupai ketombe. Kandungan mineral dan fitonutrien yang terdapat dalam buah semangka akan memenuhi nutrisi yang diharapkan oleh rambut dan kulit kepala. Anda bisa menggosok-gosokkan kulit semangka yang telah dihilangkan daging merahnya ke area kepala.

12.  Mengatasi Gangguan Kulit Akibat Sinar Matahari

Untuk mengatasi sunburn atau kulit gelap akhir paparan sinar matahari langsung, Anda bisa menciptakan face pack alami dari daging buah semangka dan mentimun yang dibentuk menjadi bubur. Kedua materi tersebut dibentuk dengan perbandingan sama. Setelah itu, Anda cukup menempatkan bubur kedua materi alami tersebut ke atas kain bersih. Bungkusan kain tersebut lalu diaplikasikan ke serpihan kulit yang terbakar dan dibiarkan 20 menit. Setelah 20 menit, Anda bisa membersihkan wajah dengan air bersih.

13.  Mengatasi Hipertensi

Buah semangka juga sanggup mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi yang sering menyebabkan komplikasi organ jantung, ginjal dan organ lainnya. Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa dinormalkan dengan potasium dan mineral mangan yang terdapat dalam semangka. Selain itu, sifat antioksidan semangka yang dikonsumsi juga bisa melindungi badan dari sklerosis.

14.  Memperkuat Sistem Imun

Buah-buahan yang kaya vitamin C sanggup berperan sebagai antioksidan. Salah satu buah yang kaya vitamin C itu yaitu semangka. Vitamin C pada semangka sanggup memperkuat sistem imun dan sel tubuh. Sel badan yang didukung banyak nutrisi sehat akan melindungi badan dari radikal bebas yang masuk ke badan bersama oksigen. Sel badan yang baik juga akan menciptakan jaringan badan yang luka cepat dalam penyembuhannya.

15.  Membantu Menyehatkan Jaringan Saraf

Terkait manfaat buah semangka untuk kesehatan saraf, nutrisi yang berperan dalam hal ini yaitu potasium. Tidak hanya pada jaringan saraf kepala, mineral yang satu ini sanggup merilekskan jaringan saraf di seluruh badan termasuk otot. Otot yang rileks akan lebih kecil kemungkinannya untuk cedera. Jaringan saraf kepala yang rileks juga sanggup menciptakan seseorang tidak gampang mengalami gangguan tidur.

16.  Melembabkan dan Menyegarkan Kulit

Satu dari sekian banyak manfaat buah semangka untuk kecantikan yaitu sebagai materi alami untuk melembabkan sekaligus menyegarkan kulit yang kering. Sebelum mengaplikasikan pelembab alami dari air buah semangka, Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu. Selain melembabkan, pelembab dari air semangka juga bisa menutrisi kulit yang pucat dan lembek.

Simak juga: Manfaat Buah Kiwi

17.  Mengatasi Gangguan Tidur

Polisakarida dalam buah semangka bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur bagi mereka yang mempunyai gangguan tidur. Polisakarida ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi serotonin, zat yang menciptakan otak rileks. Untuk mendapat manfaat yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi 2 potong buah semangka ketika makan malam.

18.  Sebagai Obat Alami Untuk Impoten

Selain sebagai buah yang menyegarkan, semangka yang dikonsumsi laki-laki secara rutin juga bisa menurunkan resiko terkena impoten. Hal ini lantaran adanya asam arginin yang sanggup merilekskan pembuluh darah sehingga tidak terjadi disfungsi ereksi.

19.  Mencegah Kanker

Likopen dalam semangka dipercaya lebih banyak 2 kali lipat dibandingkan yang ada pada tomat. Likopen yang banyak ini akan melindungi sel badan dari radikal bebas yang membawa basil atau virus penyebab kanker. Penelitian gres juga menemukan bahwa nutrisi dari semangka efektif untuk membunuh sel kanker pada payudara.

20.  Sebagai Toner Alami Untuk Wajah

Daging buah semangka yang berwarna merah tidak hanya segar ketika dimakan. Air daging buah semangka merupakan materi alami untuk merawat kulit. Toner alami dari sari buah semangka bisa dicampurkan dengan madu atau bubuk hazelnut sebelum diaplikasikan ke seluruh area wajah dan leher.

Masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan apabila Anda rutin mengonsumsi buah ini dalam porsi yang normal. Dalam sekali makan, sebaiknya Anda tidak memakan porsi buah semangka secara berlebihan. Demikian beberapa warta seputar nutrisi dan manfaat buah semangka yang bisa menjadi rujukan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "20 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel