Inilah 20 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang mempunyai ciri kulit kuning oranye bersisik dengan daun hijau yang memanjang dan runcing di tepinya. Karakteristik ini menciptakan nanas dijuluki sebagai buah yang berduri di luar namun manis di dalam. Bagi Anda yang takut untuk mengkonsumsi buah nanas, Anda sanggup menyimak kandungan nutrisi dan manfaat buah nanas berikut ini.


Kandungan Nutrisi Buah Nanas


Buah nanas biasa dinikmati eksklusif daging buahnya atau dibuat menjadi banyak sekali olahan sehat menyerupai salad, tart, camilan, smoothie dan sebagainya. Sementara itu, nutrisi dalam buah nanas meliputi:

  • Kalori 50 kcal
  • Karbohidrat 13.52 g
  • Lemak 0.12 g
  • Serat 1.40 g
  • Protein 0.54 g
  • Vitamin, yang terdiri dari vitamin A, C, E, K, niasin, riboflavin, tiamin, piridoksin dan asam folat
  • Elektrolit yang terdiri dari 1 mg sodium dan 109 mg potasium
  • Mineral, yang mencakup magnesium, kalsium, tembaga, zat besi, mangan, fosfor, seng dan selenium
  • Fitonutrien yang terdiri dari beta karoten 35µg dan beta kriptoxanthin 0 mcg


20 Manfaat Buah Nanas yang Wajib Anda Ketahui


 Buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang mempunyai ciri kulit kuning oranye bersis Inilah 20 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Karena kandungan nutrisinya yang bermacam-macam tersebut, ada banyak manfaat buah nanas yang sanggup didapatkan. Buah nanas bermanfaat untuk kesehatan organ dalam dan juga untuk kecantikan penampilan. Manfaat dari buah nanas ialah sebagai berikut.

1.  Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah nanas untuk kesehatan jantung berkaitan dengan potasium dan vitamin C yang menjadi antioksidan bagi jantung. Antioksidan yang terserap oleh badan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang terjaga akan mencegah Anda dari serangan jantung serta gangguan kardio lainnya.

2.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Bromelin, salah satu jenis enzim protease yang terkandung di dalam buah nanas berfungsi untuk menghidrolisis peptida protein menjadi molekul yang lebih kecil, yaitu asam amino. Asam amino ini berfungsi untuk memfasilitasi peresapan kalsium serta nutrisi lainnya.

3.  Mengatasi Hipertensi

Nutrisi potasium yang tinggi di dalam buah nanas sanggup menyeimbangkan sodium penyebab hipertensi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah nanas secara teratur, tekanan darah yang semula tinggi sanggup kembali dalam angka normal. Selain itu, buah nanas juga mempunyai sifat merilekskan pembuluh darah serta jaringan saraf.

4.  Menjaga Keremajaan Kulit

Buah nanas mengandung sintesis kolagen yang sanggup menjaga kulit supaya kencang dan terlihat lebih muda. Selain itu, asam amino dan vitamin C dari buah nanas juga bermanfaat untuk memperbaiki sel dan jaringan kulit  yang rusak. Untuk mendapat manfaat ini, Anda sanggup mengoleskan sari buah nanas ke seluruh area wajah dan membiarkannya selama 10 menit sebelum dibersihkan dengan air.

5.  Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Untuk mendapat manfaat yang satu ini, Anda harus menciptakan gabungan air sari buah nanas dengan minyak kelapa. Kedua materi tersebut lalu dioleskan pada bibir. Selain mengatasi persoalan bibir, air sari buah nanas yang kaya vitamin C juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan.

6.  Mencegah Serta Mengatasi Flu dan Batuk 

Manfaat buah nanas untuk kesehatan lainnya ialah mencegah serta mengatasi flu dan batuk. Flu dan batuk merupakan penyakit yang sering muncul akhir cuaca ekstrim. Agar Anda tetap fit walaupun di tengah cuaca ekstrim, Anda sanggup mengonsumsi buah nanas yang kaya akan vitamin, mineral dan bromelin.

7.  Melembabkan dan Mencerahkan Kulit

Anda sanggup memakai salah satu buah tropis ini untuk melembabkan, menyegarkan, sekaligus mencerahkan kulit secara alami. Untuk mengatasi gangguan kulit akhir terik matahari dan polusi, Anda cukup menciptakan ramuan alami dari 3 sdm air nanas dengan kuning telur dan susu secukupnya. Campuran ketiga materi tersebut dioleskan dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan memakai air hangat.

8.  Memperkuat Sistem Imun

Manfaat buah nanas lainnya ialah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nutrisi dalam buah nanas akan bekerja bersama glisin dalam proses kimia untuk membangun dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, Anda sanggup terhindar dari banyak sekali penyakit yang mengganggu acara maupun pekerjaan Anda.
9.  Mengobati Sinusitis, Serak dan Gangguan Tenggorokan Lainnya

Buah nanas merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi, alasannya sanggup mengatasi gangguan pernapasan menyerupai sinusitis, tenggorokan serak dan sebagainya.  Enzim bromelain dari nanas akan mengurangi lendir pada sinus serta meminimalisir peradangan yang terjadi.

10.  Mencegah Rambut Rontok Sekaligus Menebalkan Rambut

Manfaat buah nanas untuk kecantikan yang berkaitan dengan rambut ialah sebagai berikut. Vitamin C dari buah nanas berfungsi sebagai antioksidan yang menguatkan rambut sehingga rambut tidak gampang rontok. Anda sanggup memakai air sari nanas menyerupai ketika Anda mengoleskan conditioner sambil memijat-mijat kulit kepala. Anda juga sanggup menunjukkan asupan nutrisi rambut dari dalam dengan rajin mengonsumsi nanas.

11.  Mengatasi Kulit Kaki yang Pecah-Pecah

Daripada memakai salep berbahan kimia, akan lebih kondusif apabila Anda memakai materi alami menyerupai buah nanas untuk mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah. Dengan mengoleskan air sari buah nanas ke serpihan kaki yang pecah-pecah secara teratur, kulit kaki yang tadinya terlihat garang dan tidak menarik akan berubah halus dan cantik.

12.  Melembutkan dan Memperkuat Kuku

Manfaat buah nanas untuk kecantikan juga terkait dengan kuku. Mereka yang mempunyai kuku yang kering dan ringkih sanggup memakai buah nanas untuk mengembalikan kesehatan kuku Anda. Vitamin A dan vitamin C dalam buah nanas itulah yang akan menutrisi kuku.

Anda hanya cukup memakai gabungan air sari nanas dengan 1 butir kuning telur, 1 sdm air lemon, dan 2 tetes lemon oil sebagai lotion untuk kuku Anda. Olesan lotion kuku tersebut dibiarkan 15 menit sebelum dibersihkan. Kebiasaan ini sanggup rutin dilakukan setiap malam sebelum tidur.

13.  Mencegah Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan pengendapan kolesterol dan lemak di pembuluh darah arteri. Apabila dibiarkan, kinerja organ jantung sanggup terganggu alasannya menumpuknya zat kapur yang dibuat dari kolesterol dan lemak. Agar terhindar dari resiko terburuk, Anda sanggup mengonsumsi buah nanas yang kaya akan antioksidan ini.

14.  Sebagai Obat Cacing Alami

Manfaat buah nanas lainnya ialah sebagai obat cacing alami. Enzim dalam buah nanas mempunyai kegunaan untuk menyingkirkan benalu yang ada di dalam organ pencernaan menyerupai usus. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli obat cacing kimia untuk mengatasi penyakit cacing perut.

15.  Mengatasi Bronkitis

Bronkitis ialah gangguan sistem pernapasan akhir benjol virus atau kuman di akses pernapasan. Karena benjol pada akses bronkus, akses organ paru-paru sanggup mengalami peradangan atau inflamasi. Untuk mengobatinya, Anda sanggup mengonsumsi buah nanas secara rutin. Anda juga sanggup membuatnya menjadi jus yang menyegarkan.

16.  Menjaga Kesehatan Mata

Beta karoten dalam buah nanas merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan mata. Dengan konsumsi secara teratur, Anda sanggup meminimalisir resiko penyakit degenerasi mata. Oleh alasannya itu, mulai ketika ini Anda harus sering mengonsumsi buah nanas maupun produk olahannya menyerupai selai.

17.  Merawat Regenerasi Sel-Sel Kulit Mati

Buah nanas ialah materi alami yang sanggup membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Anda sanggup mengambil beberapa potong daging buah nanas segar dan mengoleskannya ke area wajah. Setelah sel kulit mati terangkat, Anda sanggup melihat perbedaannya, yaitu kulit yang tadinya kusam menjadi lebih cerah.
18.  Mencegah Kanker

Satu dari sekian banyak manfaat buah nanas untuk kesehatan yang penting untuk diketahui ialah sebagai biro anti kanker. Antioksidan dari buah nanas merupakan komponen penting untuk mengusir radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel-sel absurd penyebab kanker berbahaya. Nutrisi buah nanas yang bertemu arginin dan L-sistein akan menjadi “tameng” terhadap radikal bebas.

19.  Mengatasi Mual

Walaupun dalam jumlah banyak buah nanas sanggup berbahaya bagi ibu hamil, namun dengan dosis yang direkomendasikan buah nanas sanggup mengatasi mual pada perempuan yang memasuki masa awal kehamilan. Mual dan gangguan morning sickness lainnya sanggup diatasi kalau konsumsi buah nanas dilakukan dengan pengawasan dokter.

20.  Menghilangkan Jerawat

Manfaat buah nanas untuk kecantikan yang terakhir pada pembahasan ini ialah untuk mengatasi persoalan jerawat. Buah yang mempunyai cita rasa eksotis ini mengandung banyak vitamin C yang sanggup membunuh kuman penyebab jerawat.

Demikian beberapa gosip seputar nutrisi dan manfaat buah nanas yang sudah dirangkum kali ini. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya, alasannya intinya semua buah itu baik untuk dikonsumsi asal kita tahu bagaimana cara mengonsumsinya dengan baik dan seberapa banyak yang sanggup dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah 20 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel