14 Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

Buah lontar atau siwalan dalam bahasa Inggris disebut dengan palmyra fruit. Buah yang mempunyai diameter 4-7 inci dan mempunyai kulit gelap ini tumbuh secara bergerombol. Bagian yang dimanfaatkan dari buah ini yakni daging buahnya yang berwarna putih sampai kuning kecoklatan menyerupai kolang kaling. Selain buahnya, akar lontar, nira pohon lontar dan bunga lontar juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini ada beberapa isu menarik seputar manfaat buah lontar serta kandungan nutrisi di dalam daging buah lontar yang penting untuk Anda simak baik-baik.


Kandungan Nutrisi Buah Lontar


Masyarakat Asia memanfaatkan buah ini sebagai adonan pudding, kue, minuman segar, serta aneka hidangan epilog lainnya. Buah yang menyerupai dengan kolang kaling ini mengandung beberapa nutrisi penting yang diharapkan oleh tubuh. Nutrisi yang terdapat dalam buah lontar antara lain sebagai berikut.

1.  Air

Air merupakan komponen yang mendominasi buah lontar. Dalam 100 gram lontar mentah, terdapat 77 gram air. Selain air, buah ini juga mengandung protein 1 gram per 100 gram lontar mentah.

2.  Karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan satu diantara beberapa nutrisi yang mendominasi buah lontar. Dalam 100 gram sajian buah siwalan ini, terdapat 21 gram karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh.

3.  Fosfor

Buah lontar merupakan salah satu sumber mineral fosfor. Dalam 100 gram buah mentah, terdapat 33 mg fosfor. Jumlah mineral ini lebih banyak dibandingkan kalsium, vitamin C, niasin, riboflavin dan tiamin yang sama-sama terkandung dalam buah lontar.


Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan


 Buah lontar atau siwalan dalam bahasa Inggris disebut dengan  14 Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

1.  Makanan Diet

Manfaat buah lontar yang pertama yakni sebagai salah satu suplemen masakan diet . Karbohidrat  dan gula dalam buah yang sanggup dikalengkan ini sanggup menggantikan kalori nasi apabila Anda ingin menurunkan berat badan. Buah ini juga bermanfaat untuk dikonsumsi oleh orang remaja maupun belum dewasa yang terkena malnutrisi.

2.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah lontar mempunyai zat menyerupai vitamin B2, B1 dan B3 yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus mengurangi resiko gangguan pencernaan pada perut dan sembelit.  Vitamin B1 yang terdapat dalam buah lontar berguna untuk memproduksi asam hidroklorat yang berperan khusus dalam sistem pencernaan.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi

3.  Mengatasi Stress

Manfaat buah lontar untuk kesehatan yang penting untuk diketahui yakni sebagai masakan alami untuk mengatasi stress. Berdasarkan sebuah penelitian, vitamin C dalam buah lontar bermanfaat untuk memperbaiki mood seseorang yang sedang mengalami stress.

4.  Mengobati Gangguan Pada Hati

Buah lontar merupakan masakan alami yang sanggup mengobati gangguan pada hati. Selain memakan buahnya, orang dengan gangguan hati juga akan lebih cepat sembuh apabila mengonsumsi ramuan dari bunga lontar.

5.  Mengatasi Lelah dan Lemas

Seperti yang telah disebutkan pada bahasan kandungan nutrisi buah lontar, buah ini mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat tersebut sanggup menambah asupan nutrisi pada orang yang sedang lelah dan lemas, lantaran kekurangan energi.

6.  Membantu Mengobati Diabetes

Manfaat buah lontar bagi kesehatan selanjutnya yakni untuk membantu mengobati diabetes. Buah lontar merupakan masakan yang sempurna dikonsumsi oleh mereka yang mederita penyakit diabetes, lantaran kandungan gula dalam daging buah ini tidak berpotensi meningkatkan kadar gula darah pada orang yang mempunyai diabetes.

7.  Sebagai Isoton Untuk Orang yang Mengalami Dehidrasi

Kandungan air nira lontar sanggup menjadi sumber isoton bagi mereka yang kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan tubuh. Sebagaimana yang kita tahu, air berisoton lebih baik dalam mengisi kembali cairan tubuh dibandingkan air minum biasa.

8.  Menyejukkan Tubuh

Selain manfaat diatas, buah lontar yang bertekstur kenyal ini sanggup menjadi olahan masakan yang mendinginkan dan menyejukkan tubuh. Anda sanggup memotong buah lontar menjadi beberapa bagian, kemudian mencampurnya dengan susu dan madu.

9.  Mengatasi Gangguan Kulit

Salah satu manfaat buah lontar yang penting diketahui oleh Anda terutama perempuan yakni khasiat buah lontar untuk mengatasi gangguan pada kulit. Dermatitis yang mengganggu penampilan sanggup diatasi dengan buah ini. Masalah kulit lainnya baik pada belum dewasa maupun bayi juga sanggup diobati memakai daging buah lontar.

Untuk mengatasi gangguan kulit jawaban cuaca panas, Anda sanggup mengambil kain katun yang disterilkan  dengan cara direbus dalam air bersih. Kemudian, Anda sanggup menaruh daging buah lontar ke area kulit  dan menutupnya dengan kain steril selama 15-20 menit.

10.  Melawan Radikal Bebas

Vitamin C yang terdapat dalam daging buah lontar bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh melalui lubang pernapasan. Sebagaimana yang kita tahu, radikal bebas membawa racun yang sanggup mengakibatkan penyakit dalam tubuh bila tidak segera didetoksifikasi.

11.  Menyehatkan Ginjal

Manfaat lainnya dari buah lontar yakni khasiat konsumsi buah lontar semoga kesehatan ginjal tetap terjaga. Mineral fosfor yang terdapat dalam buah inilah yang berperan melancarkan proses metabolisme dalam ginjal sehingga racun sanggup terbawa dalam urin keluar dari tubuh.

Anda sanggup menciptakan olahan minuman dengan buah lontar untuk mendapat manfaat ini. Pertama, Anda harus menyiapkan gula jawa, susu atau air kelapa, kapulaga, buah lontar dan es batu. Gula jawa, air kelapa atau susu dan kapulaga direbus sampai mendidih. Selanjutnya, Anda sanggup memasukkan potongan lontar dan es kerikil ke dalam air kelapa atau susu yang dididihkan tadi.

12.  Menghambat Penuaan Dini

Sebagaimana yang kita tahu, penuaan dini disebabkan oleh aneka macam faktor. Salah satu penyebab terjadinya penuaan dini yakni paparan radikal bebas pada sel. Agar terhindar dari persoalan ini, Anda sanggup mengambil manfaat buah lontar yang kaya akan vitamin dan mineral ini.

Simak juga: Manfaat Buah Leci

13.  Melancarkan Fungsi Otak

Satu dari sekian banyak manfaat buah lontar bagi kesehatan yakni membantu fungsi kerja otak. Umumnya, otak membutuhkan energi semoga sanggup menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh lantaran itu, sukrosa dan glukosa dalam buah lontar sanggup menjadi nutrisi yang sanggup diubah menjadi energi untuk otak.

14.  Sebagai Obat Alami Untuk Cacingan

Manfaat lainnya yang sama pentingnya dan perlu untuk diketahui para kaum ibu yakni terkait dengan persoalan cacingan. Apabila Anda mendapati anak Anda mengalami cacingan, Anda sanggup memanfaatkan akar pohon buah lontar.

Demikian beberapa ulasan mengenai manfaat buah lontar yang nantinya sanggup Anda bagikan kepada kerabat, tetangga maupun kawan kerja Anda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "14 Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel