Resep Menciptakan Manisan Buah Jeruk Dan Kulitnya

Jeruk menjadi salah satu buah yang paling populer dan mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain dikonsumsi langsung, buah yang mempunyai rasa asam manis ini bisa diolah menjadi manisan buah jeruk yang lezat. Bahkan, bukan hanya itu saja, kulit buahnya pun juga bisa dibentuk manisan yang enak dan unik. Sehingga sanggup dikatakan bahwa semua bagiannya sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan kudapan yang bergizi.


Resep Membuat Manisan Buah Jeruk


 Jeruk menjadi salah satu buah yang paling populer dan mempunyai kandungan vitamin C yang  Resep Membuat Manisan Buah Jeruk dan Kulitnya

Manisan buah jeruk gampang sekali untuk dibuat. Langkah-langkah yang harus dilakukan juga tidak berbeda jauh dengan manisan pada umumnya. Bahkan bisa dikatakan justru tidak seribet dan sesulit manisan lain ibarat manisan mangga atau pepaya. Agar lebih terperinci pribadi saja dibahas materi dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram jeruk
  • 400 gram gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • 400 ml air

Cara membuat:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan semua materi yang diperlukan. Jeruk yang dipakai baiknya jenis qumkuat atau sunkis yang berukuran kecil dan berwarna orange terang. Jika memakai jeruk ukuran besar akan berbeda rasanya dan biasanya warna yang dihasilkan tidak terlalu cantik.
  2. Cuci higienis jeruk hingga tidak meninggalkan noda sedikit pun, alasannya yaitu akan dimasak dengan kulitnya.
  3. Setelah dicuci, iris jeruk namun jangan hingga terpisah dan iris menjadi 4 bab membentuk ibarat bunga.
  4. Kemudian, jeruk dimasak dalam api kecil bersamaan dengan air garam. Pastikan untuk tidak terlalu usang merebusnya, alasannya yaitu kalau terlalu lembek karenanya tidak akan bagus. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya buat larutan gula. Caranya masukkan air dan gula ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih dan mengental.
  6. Masukkan jeruk ke dalamnya dan rebus sebentar saja dan angkat.
  7. Biarkan hingga menjadi hambar dan simpanlah di dalam lemari es selama beberapa jam.
  8. Manisan buah jeruk sudah siap untuk dinikmati.

Cara Membuat Manisan Kulit Jeruk


 Jeruk menjadi salah satu buah yang paling populer dan mempunyai kandungan vitamin C yang  Resep Membuat Manisan Buah Jeruk dan Kulitnya

Manisan yang satu ini tidak kalah nikmat rasanya. Anda akan terpukau dengan sensasi berbeda dikala mengonsumsinya. Bau khas jeruk yang amis akan sangat tercium dan bisa menciptakan Anda ketagihan menyantapnya. Manisan kulit jeruk ini memang berbeda dengan manisan buah, alasannya yaitu akan terasa lebih crispy dan tidak lembek. Agar tidak ingin tau lagi, ikuti cara membuatnya berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram jeruk sunkist
  • 400 gram gula pasir
  • 300 ml air

Cara membuat:

  1. Pertama, basuh higienis jeruk hingga kulitnya benar-benar higienis tanpa noda sedikit pun dan tiriskan.
  2. Setelah itu, kulit jeruk yang telah kering dipisahkan dengan buahnya. Sebaiknya jangan mengupasnya sembarangan, alasannya yaitu akan mengurangi estetikanya. Makara gunakan pisau tajam untuk membuka kulit.
  3. Jika sudah terkelupas dengan sempurna, bersihkan kulit dari serat-serat berwarna putih semoga tidak terbawa dikala dimasak.
  4. Langkah selanjutnya, yaitu dengan memotong kulit jeruk ibarat batang korek api yang memanjang. Bentuk irisan ibarat ini akan membuatnya lebih enak dikala dimakan.
  5. Rebus air hingga mendidih bersamaan dengan kulit jeruk. Tunggu selama beberapa dikala hingga kulit mengalami perubahan warna menjadi agak pucat. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Ulangi langkah ini hingga 2 kali untuk mematikan kulit jeruk matang dan menghilangkan getahnya. Cukup masak dengan api sedang semoga teksturnya tetap terjaga.
  6. Kemudian, masak 300 gram gula pasir dengan air hingga mendidih dan perlahan masukan kulit jeruk. Anda harus memasaknya dalam api sedang semoga gula bisa dengan baik menyerap kedalam kulit jeruk. Setelah air tinggal sedikit, angkat dan tuang ke atas piring, biarkan hingga dingin.
  7. Setelah benar-benar dingin, taburkan dengan gula pasir yang tersisa dan diamkan selama semalam. Keesokan paginya manisan kulit jeruk sudah bisa dinikmati bersama secangkir teh atau kopi panas.
Demikianlah resep menciptakan manisan buah jeruk dan kulitnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Resep Menciptakan Manisan Buah Jeruk Dan Kulitnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel