Cara Menciptakan Manisan Tomat Kering Yang Lezat

Apakah Anda menyukai buah tomat? Buah cantik asam yang satu ini memang mempunyai rasa yang unik sehingga banyak orang yang menyukai buah berbiji tersebut. Sayangnya buah tersebut gampang sekali anyir sehingga Anda harus pintar-pintar mengolahnya, kalau ingin memakannya dalam kurun waktu yang lama. Salah satu caranya yaitu dengan membuatnya menjadi manisan tomat.


Resep dan Cara Membuat Manisan Tomat Kering


 Buah cantik asam yang satu ini memang mempunyai rasa yang unik sehingga banyak orang yang m Cara Membuat Manisan Tomat Kering yang Lezat

Membuat manisan buah tomat kering tidaklah sulit sehingga Anda sanggup mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, bahan-bahannya pun sangat gampang ditemukan sehingga Anda sanggup dengan gampang menciptakan masakan yang satu ini. Berikut uraian lengkapnya:

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Kompor
  • Loyang
  • Baskom plastik
  • Saringan
  • Pisau dan alat-alat lainnya

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1000 gram tomat merah, usahakan untuk memakai tomat yang tidak cacat dan mempunyai tingkat kematangan yang sama
  • 1 sendok teh kapur sirih, larutkan dalam air
  • 200 gram gula pasir

Cara membuat:

  1. Cuci semua tomat hingga benar-benar bersih. Kemudian, rendam tomat-tomat tersebut dengan air kapur sirih selama kurang lebih 2 jam.
  2. Keluarkan isi dari buah tomat. Caranya yaitu dengan meletakkan tomat diantara kedua telapak tangan, lalu tekan hingga seluruh biji keluar. Setelah semua biji tomat terbuang, basuh kembali buah tomat dengan air bersih.
  3. Susunlah tomat ke dalam panci, lalu untuk setiap lapisannya beri sedikit taburan gula, diamkan semalaman hingga semua airnya keluar.
  4. Masak tomat tadi bersamaan dengan airnya hingga airnya habis dengan api kecil. Anda harus mengeceknya beberapa kali untuk menghindari manisan dari buah tomat ini gosong.
  5. Setelah air dalam panci habis, angkat panci tersebut dan tunggu hingga manisan yang ada di dalamnya menjadi dingin.  
  6. Setelah manisan dari buah tomat ini dingin, Anda sanggup mencetak manisan tersebut dengan bentuk yang diinginkan. Tetapi umumnya, manisan ini dicetak ibarat kurma. Setelah simpulan dicetak, letakkan manisan buah tersebut dalam loyang.
  7. Setelah semuanya tersusun rapi, jemur manisan tersebut dibawah terik matahari kurang lebih selama 3 hingga 4 hari hingga kering.
Satu hal yang perlu diingat yaitu dikala menjemur manisan tomat ini jangan lupa diberi kain epilog atau sanggup juga dengan daun pisang. Hal ini dilakukan supaya tidak ada debu yang melekat atau binatang yang hinggap. Demikian resep dan cara menciptakan manisan tomat kering yang lezat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menciptakan Manisan Tomat Kering Yang Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel