Manfaat Buah Jambu Air Untuk Ibu Hamil

Buah jambu air merupakan buah yang segar serta kaya akan kandungan air dan biasanya buah yang satu ini dimakan dengan cara dirujak. Tidak hanya lezat dan menyegarkan, ternyata jambu air mempunyai banyak manfaat. Salah satu manfaat buah jambu air, yaitu untuk ibu yang sedang hamil.


Kandungan Buah Jambu Air


Manfaat buah jambu air untuk ibu hamil bersumber dari kandungan-kandungan penting yang terdapat dalam buah tersebut. Zat-zat yang terkandung dalam satu buah jambu air sangat banyak, masing-masing zat tersebut juga mempunyai fungsinya sendiri-sendiri. Adapun kandungan-kandungan tersebut ialah sebagai berikut:

  • Air
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat Besi
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Potasium
  • Zinc
  • Asam Sitrat
  • Copper
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Protein
  • Serat
  • Energi
  • Fosfor


18 Manfaat Jambu Air Untuk Ibu Hamil


 Buah jambu air merupakan buah yang segar serta kaya akan kandungan air dan biasanya buah  Manfaat Buah Jambu Air Untuk Ibu Hamil

Dalam masa mengandung, seorang ibu hamil wajib memenuhi asupan gizi yang sangat dibutuhkan olehnya dan juga janin yang dikandung. Salah satu buah yang sanggup dijadikan opsi sumber gizi tersebut ialah buah jambu air. Siapa sangka buah berwarna merah dengan bentuk kecil ini sanggup sangat berguna untuk ibu yang sedang mengandung. Berikut uraian lengkapnya:

1.  Menghindarkan Dari Dehidrasi

Ibu hamil sangat memerlukan asupan air yang banyak. Air tersebut tidak hanya untuk dirinya, namun juga untuk perkembangan janin di perutnya. Adanya air yang mencukupi sangat penting bagi keduanya, ibu dan calon anak. Di dalam buah jambu air terdapat banyak sekali kandungan airnya, oleh alasannya itu buah yang satu ini sangat membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan air untuk tubuhnya. 

2.  Mengurangi Bengkak Saat Hamil

Biasanya, saat hamil selain perutnya yang membesar, ada bagian-bagian badan calon ibu yang juga akan membengkak, ibarat misalnya pada kakinya. Buah jambu air sanggup membantu mengatasi duduk masalah tersebut, sehingga kebengkakan yang terjadi sanggup dikurangi. Cara mengaplikasikan cukup mudah, yaitu buah jambu air dihaluskan. Setelah halus, kemudian dioleskan saja ke penggalan badan yang bengkak.

3.  Membuat Proses Pencernaan Menjadi Lancar

Ibu yang sedang mengandung terkadang juga akan mempunyai duduk masalah pada proses pencernaan makanannya. Padahal, gangguan pencernaan sanggup menjadi sangat berbahaya untuk kesehatan janin dan calon ibu. Apabila kuliner yang dimakan tidak dicerna dengan baik, sanggup jadi kebutuhan gizi dan nutrisi tidak terpenuhi. Buah jambu air mengandung banyak serat yang sangat baik untuk memperlancar proses pencernaan, jadi buah jambu air sangat membantu melancarkan proses pencernaan ibu hamil.

4.  Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah juga sanggup menjadi sangat berbahaya untuk ibu hamil. Gejalanya yang mengakibatkan calon ibu menjadi cepat lemas dan sering pusing sangatlah tidak cantik untuk janin yang dikandung. Kandungan zat besi dalam buah jambu air sanggup membantu dalam mencegah terjadinya anemia. Oleh alasannya itu, untuk menghindari ancaman tersebut ada baiknya bagi seorang ibu hamil untuk mengonsumsi jambu air supaya mendapat manfaat yang satu ini.

5.  Mendinginkan Suhu Tubuh Calon Ibu

Pada umumnya, ibu yang sedang mengandung akan merasa lebih cepat gerah. Ibu hamil akan mencicipi panas pada tubuhnya. Buah jambu air yang kaya akan kandungan airnya sangat sanggup membantu ibu hamil untuk mendinginkan suhu tubuhnya.

6.  Memperkuat Tulang

Manfaat buah jambu jambu air untuk ibu hamil selanjutnya, yaitu untuk memperkuat tulang. Salah satu zat yang terkandung dalam buah jambu air ialah kalsium yang sangat berguna dalam pembentukan dan penguatan tulang. Apalagi untuk calon bayi yang masih berbentuk janin di dalam kandungan. Terpenuhinya kebutuhan kalsium sangat diharapkan untuk pertumbuhan tulang calon bayi tersebut.

7.  Sebagai Antioksidan

Vitamin C yang terkandung dalam buah jambu air juga sangat berguna untuk ibu yang sedang mengandung. Vitamin C ini berfungsi untuk melindungi ibu hamil dari serangan radikal bebas yang sangat berbahaya. Selain untuk memerangi radikal bebas, vitamin C pada buah jambu air juga berfungsi dalam proses sintesi lemak.
8.  Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Manfaat buah jambu air selanjutnya, yaitu untuk mencegah duduk masalah tulang osteoporosis. Selain kalsium, kandungan magnesium dalam buah jambu air juga sangat berguna untuk duduk masalah penyakit tulang semacam osteoporosis yang juga sanggup dialami oleh ibu yang sedang hamil. Magnesium ini berperan sebagai zat yang sanggup mengurangi resiko ibu hamil terkena osteoporosis tersebut.

9.  Meningkatkan Sistem Imun

Di dalam buah jambu air terdapat kandungan vitamin A. Vitamin yang satu ini sangat baik untuk meningkatkan fungsi sel darah putih. Sedangkan sel darah putih berguna dalam membunuh zat-zat absurd dan sel-sel kanker yang berada di dalam tubuh. Oleh alasannya itu, buah jambu air sangat cantik untuk menjaga sistem imun atau kekebalan badan ibu hamil.

10.  Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan penggalan penting dalam badan yang berperan sebagai penyaring darah dari zat-zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan. Dalam proses penyaringan tersebut akan sangat berbahaya kalau terdapat zat sisa yang mengendap di ginjal dan tidak sanggup dibuang, hal tersebut sanggup mengakibatkan watu ginjal. Manfaat buah jambu air untuk duduk masalah ginjal ini berasal dari kandungan airnya, kandungan air tersebut sanggup membantu untuk membersihkan ginjal dari zat-zat sisa yang sanggup membahayakan ginjal.

11.  Memelihara Kesehatan Kulit

Vitamin C sangat populer baik untuk menjaga kesehatan kulit supaya tetap kencang dan tidak berkeriput. Di dalam buah jambu air juga mengandung vitamin C. Oleh alasannya itu, jambu air sanggup membantu ibu hamil dalam mempertahankan kesejukan dan kesehatan kulitnya.

12.  Baik Untuk Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah jambu air juga mempunyai fungsi untuk mata. Ibu hamil yang mengonsumsi buah jambu air diharapkan kesehatan matanya akan tetap terjaga. Oleh alasannya itu, mengonsumsi jambu air selama proses mengandung hingga melahirkan disarankan untuk ibu hamil supaya terhindar dari masalah-masalah yang mungkin menyerang mata.

13.  Menjadikan Ibu Hamil Menjadi Lebih Fresh

Buah jambu air juga sanggup memperlihatkan rasa fresh pada ibu hamil. Hal ini tentu saja penting untuk ibu yang sedang mengandung, supaya bumil tidak stress. Perasaan fresh akan menciptakan ibu hamil menjadi lebih senang dan semangat.

14.  Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Buah jambu air juga sangat membantu dalam menjaga kesejukan mulut. Vitamin C yang dikandung dalam buah jambu air berperan besar dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Tidak hanya itu, ibu hamil yang mengonsumsi buah jambu air juga akan terhindar dari penyakit sariawan.
15.  Memperlancar Buang Air Kecil

Serat dalam buah jambu air juga berperan dalam memperlancar buang air kecil. Manfaat buah jambu air untuk ibu hamil yang satu ini tentu saja sangat berguna bagi bumil yang jarang buang air kecil. Dengan rajin mengonsumsi jambu air, maka buang air kecil ibu hamil akan menjadi lancar. Oleh alasannya itu, zat-zat berbahaya dalam badan ibu hamil juga diharapkan ikut keluar bersama buang air kecil tersebut.

16.  Melancarkan Peredaran Darah

Ternyata vitamin C dalam buah jambu air memang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya, yaitu kegunaan vitamin C dalam melancarkan peredaran darah. Lancarnya peredaran darah sangat penting bagi ibu hamil. Dengan demikian, proses peredaran zat-zat baik yang ikut terkandung dalam darah juga akan beredar dengan baik ke seluruh badan khususnya ke janin.

17.  Mencegah Komplikasi Kardiovaskular

Manfaat selanjutnya ialah untuk mencegah komplikasi kardiovaskular, yaitu semacam serangan jantung, stroke serta jantung koroner. Di dalam buah jambu air terdapat banyak nutrisi. Telah diketahui bahwa nutrisi yang terkandung dalam jambu air sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kata lain, buah jambu air juga sanggup menghindarkan ibu hamil dari ancaman berbahaya semacam serangan jantung dan lain sebagainya.

18.  Sebagai Anti Bakteri dan Anti Jamur

Beberapa andal telah meneliti jambu air dan menciptakan kesimpulan salah satunya, yaitu buah jambu air berguna untuk memerangi basil dan jamur. Mengetahui hal tersebut, tentu saja disarankan kepada para ibu yang sedang mengandung untuk mengonsumsi buah jambu air. Dengan demikian, ibu hamil dan janinnya sanggup terhindar dari banyak sekali macam infeksi yang mengancam.

Di atas ialah beberapa pola kebaikan yang sanggup didapatkan ibu hamil dari buah jambu air. Tentu saja masih banyak khasiat lainnya. Jika sedang hamil, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah jambu air, namun perlu diingat juga mengonsumsinya jangan berlebihan.

0 Response to "Manfaat Buah Jambu Air Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel