Cara Menciptakan Manisan Carica Khas Dieng

Anda tentu mengenal masakan khas Dieng Wonosobo berjulukan manisan carica bukan? Manisan yang satu ini memang mempunyai rasa yang bagus dan segar. Meski begitu masakan yang terbuat dari buah carica ini mengandung gizi yang baik sehingga kondusif jikalau dikonsumsi oleh belum dewasa sampai yang sudah lanjut usia.

Manisan carica sebetulnya sanggup dengan gampang Anda temukan di banyak sekali supermarket atau swalayan yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Namun tidak ada salahnya juga jikalau Anda ingin mencoba menciptakan manisan buah carica ini sendiri di rumah.

Resep Membuat Manisan Buah Carica


 Anda tentu mengenal masakan khas Dieng Wonosobo berjulukan manisan carica bukan Cara Membuat Manisan Carica Khas Dieng

Berikut ini yaitu bahan-bahan yang diharapkan untuk menciptakan manisan carica khas Dieng:

  • 2.5 kg buah carica matang
  • 1.5 kg gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 liter air

Cara menciptakan manisan buah carica:

Untuk menciptakan manisan carica sebetulnya tidaklah sulit, prosesnya hampir sama dengan menciptakan manisan dari buah pepaya pada umumnya. Berikut ini yaitu langkah-langkahnya:

  1. Kupas terlebih dahulu buah carica yang sudah matang. Untuk mengupas buah yang satu ini sebaiknya gunakan sarung tangan biar getahnya tidak melekat di tangan, alasannya yaitu sanggup muncul reaksi gatal bagi sebagian orang.
  2. Setelah dikupas, belah buah carica tersebut menjadi dua bagian. Kemudian buang semua biji yang ada di dalamnya. Setelah itu, potong-potong buah carica yang sudah higienis tersebut sesuai dengan selera.
  3. Langkah selanjutnya dalam menciptakan manisan carica khas Dieng yaitu dengan merebus biji buah carica dengan 1 liter air sampai mendidih, angkat dan biarkan dingin.
  4. Setelah dingin, ambil biji buah tersebut lalu remas-remas sampai sari yang terdapat di dalamnya tercampur dengan air rebusannya.
  5. Masak air rebusan biji carica dengan gula sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan potongan buah carica yang sudah dicuci higienis dan masak sampai matang. Angkat dan tunggu sampai manisan buah carica yang tadi dibentuk dingin.
  6. Manisan sudah siap untuk dinikmati.
Untuk menambah kenikmatan dalam menyantap manisan buah carica Anda sanggup menambahkannya dengan es.

Demikian cara menciptakan manisan carica khas Dieng semoga sanggup bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Cara Menciptakan Manisan Carica Khas Dieng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel