Cara Menciptakan Manisan Buah: Mangga, Pepaya Dan Kolang Kaling

Membuat manisan merupakan cara alami untuk mengawetkan buah. Selain buah dapat bertahan lebih lama, manisan juga akan menghasilkan variasi rasa yang bermacam-macam dari rasa orisinil buah. Oleh alasannya ialah itu banyak orang yang menyukai menyantap manisan buah walaupun mengandung kadar gula yang tinggi. Jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri, berikut beberapa cara menciptakan manisan buah mangga, pepaya dan kolang kaling.

Manisan Buah Mangga Basah


Buah mangga cukup gampang ditemukan di seluruh kota di Indonesia. Tak hanya untuk dikonsumsi biasa, banyak orang yang mengakibatkan buah ini sebagai manisan. Meskipun sudah banyak yang menciptakan manisan mangga ini, ternyata tidak sedikit pula yang tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menciptakan manisan buah mangga basah.

Bahan-bahan:

  • 500 gram mangga muda
  • 100 ml air
  • 175 gram gula pasir
  • 4 buah cabai merah keriting
  • Pewarna makanan kuning

Cara membuat:

  1. Pertama, yaitu kupas dan iris tipis-tipis mangga kemudian basuh hingga bersih. Kemudian iris serong cabai keriting yang telah disiapkan sebelumnya.
  2. Rebus semua materi pendukung yaitu cabe, gula pasir dan pewarna makanan ke dalam 100 ml air hingga mendidih. Tambahkan juga sedikit garam untuk menambah cita rasa. Setelah mendidih, angkat rebusan dan diamkan hingga hangat.
  3. Jika air telah hangat, masukan irisan mangga ke dalamnya. Diamkan beberapa jam hingga air menjadi dingin, kemudian masukan adonan tersebut ke dalam lemari es.

Cara menciptakan manisan buah mangga lembap ini gampang sekali bukan untuk dipraktikan? Tunggu dulu, masih ada satu resep lagi untuk menciptakan manisan dari buah mangga. Simak ulasan ini hingga habis ya!

Manisan Buah Mangga Kering


 Membuat manisan merupakan cara alami untuk mengawetkan buah Cara Membuat Manisan Buah: Mangga, Pepaya dan Kolang Kaling

Cara menciptakan manisan buah mangga gotong royong tidaklah sulit. Tentu saja ini tidak berlaku bagi orang yang belum pernah sama sekali membuatnya, apalagi jikalau yang dibentuk ialah manisan buah mangga kering. Dikatakan demikian alasannya ialah dalam pembuatannya memang sedikit lebih rumit dibandingkan manisan mangga basah. Namun jangan khawatir, berikut akan dijelaskan bagaimana cara menciptakan manisan mangga kering.

Bahan-bahan:

  • 1 kg  buah mangga
  • 1.5 kg gula pasir
  • 3 liter air matang
  • 30 gram citrus acid
  • 3.5 gram sodium benzoat
  • 1.5 gram anti-oksidan

Bahan perendam:

  • 2 kg gula pasir
  • 3 liter air matang
  • 5 gram sodium benzoat
  • 25 gram citrus acid

Cara membuat:

  1. Pertama, kupas terlebih dahulu mangga dan potong sesuai selera, basuh hingga higienis dan tiriskan.
  2. Rebus air hingga mendidih, sesudah mendidih matikan api dan masukan anti-oksidan, aduk hingga rata.
  3. Masukan irisan mangga dan rendam selama kurang lebih 5 menit, angkat kemudian tiriskan.
  4. Selanjutnya, yaitu campur dan rebus materi perendam hingga mendidih. Tunggu larutan dingin, kemudian masukan mangga yang telah ditiriskan tadi ke dalamnya dan diamkan selama 12 jam. Setelah itu angkat kemudian tiriskan.
  5. Campur bekas air rendaman dengan 500 gram gula dari materi utama dan panaskan dengan suhu sekitar 70 hingga 80°C selama 10 menit. Diamkan kembali hingga larutan dingin, kemudian masukan mangga ke dalamnya selama 12 jam dan tiriskan.
  6. Masukan mangga dalam panggangan selama 4 jam dengan suhu 60°C. Campur mangga dengan sisa gula yang ada, aduk rata dan masukan dalam panggangan lagi selama 3 jam. Setelah tamat dipanggang, tiriskan dan dinginkan mangga kemudian simpan dalam toples atau wadah tertutup.

Cara menciptakan manisan buah mangga kering ini memang sedikit lebih rumit. Namun dengan membuatnya menjadi kering, manisan akan lebih tahan lama. Masih belum puas dengan resep manisan mangga? Tenang, berikutnya akan dijelaskan cara menciptakan manisan buah pepaya.

Manisan Buah Pepaya Basah


Rasa buah pepaya tidak kalah yummy dari buah mangga. Tingginya serat yang ada dalam buah ini ternyata menjadi obat mujarab jikalau Anda mengalami sembelit maupun susah BAB. Tidak hanya dimakan dengan cara biasa, buah pepaya ini juga cocok untuk dijadikan manisan. Berikut akan dijelaskan mengenai cara menciptakan manisan buah pepaya basah.

Bahan-bahan:

  • 1.5 kg gula pasir
  • 2 buah pepaya yang masih mengkal
  • Larutan garam
  • Larutan kapur sirih

Cara membuat:

  1. Buat terlebih dahulu larutan garam dan kapur sirih. Untuk larutan garam Anda dapat membuatnya dari 8 gram (sekitar setengah sendok teh) dan dicampur dengan 2 liter air. Sedangkan untuk larutan kapur, campur 6 sendok teh kapur sirih dengan 2 liter air.
  2. Kupas dan potong pepaya, basuh hingga bersih. Kemudian rendam dalam larutan garam hingga layu dan tiriskan. Rendam pepaya tersebut dalam larutan kapur sirih selama satu malam, sesudah itu basuh hingga pepaya higienis dari sisa larutan kapur.
  3. Campur pepaya dengan 400 gram gula pasir, diamkan selama 4 jam hingga mengeluarkan air. Tiriskan pepaya dan masak air bekas tersebut dengan 300 gram gula hingga mengental.
  4. Setelah larutan gula dingin, siramkan pada pepaya, taruh dalam toples / wadah tertutup dan biarkan semalaman hingga keluar airnya lagi. Tiriskan dan ulangi lagi langkah nomor 4 hingga air yang keluar dari proses perendaman tersebut habis.

Itulah cara menciptakan manisan buah pepaya lembap yang dapat Anda praktikan sendiri di rumah. Jika berdasarkan Anda cara menciptakan manisan lembap ini sulit, berikut ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan membuatnya menjadi manisan kering.

Manisan Buah Pepaya Kering


 Membuat manisan merupakan cara alami untuk mengawetkan buah Cara Membuat Manisan Buah: Mangga, Pepaya dan Kolang Kaling

Sebenarnya cara menciptakan manisan buah pepaya kering ini tidak jauh berbeda dari manisan basah. Namun untuk menjawab rasa ingin tau Anda, berikut telah dirangkum cara singkat menciptakan manisan kering dari buah pepaya.

Bahan-bahan:

  • 2 buah pepaya yang masih mengkal
  • 1.5 kg gula pasir
  • 4 sendok makan garam
  • 500 ml air
  • Larutan kapur sirih

Cara membuat:

  1. Buat terlebih dahulu larutan kapur sirih. Caranya, yaitu campurkan 2 sendok makan kapur sirih ke dalam 4 liter air.
  2. Selanjutnya kupas dan potong pepaya, kemudian basuh hingga bersih. Taburi pepaya dengan garam dan remas-remas hingga layu. Kemudian rendam pepaya dengan larutan air kapur sirih selama 3 hingga 4 jam dan tiriskan.
  3. Taburi pepaya dengan 500 gram gula pasir, aduk rata dan diamkan selama 2 jam hingga airnya keluar. Rebus 500 ml air dengan sisa gula yang ada hingga mendidih, kemudian matikan api. Masukan pepaya dalam larutan tersebut dan biarkan selama satu malam, kemudian tiriskan.
  4. Rebus bekas airnya hingga mengental, matikan api dan rendam lagi pepaya selama satu malam. Ulangi sekali lagi proses tersebut, kemudian jemur pepaya di bawah sinar matahari selama 3 hari.

Demikian cara menciptakan manisan buah pepaya versi kering. Selanjutnya masih ada satu lagi resep menciptakan manisan, yaitu kolang kaling. Penasaran? Berikut ulasan lengkap cara menciptakan manisan kolang kaling.

Manisan Kolang Kaling


 Membuat manisan merupakan cara alami untuk mengawetkan buah Cara Membuat Manisan Buah: Mangga, Pepaya dan Kolang Kaling

Tidak menyerupai manisan lain yang dapat disantap langsung, manisan kolang kaling kerapkali dimanfaatkan sebagai materi adonan es buah, campur dan semacamnya. Bukannya tidak enak, hanya saja jikalau disantap eksklusif rasanya kurang memperlihatkan kesan di lidah. Bagi Anda yang ingin tau bagaimana cara menciptakan manisan kolang kaling, berikut isu resep lengkapnya.

Bahan-bahan:

  • 1 kg kolang kaling
  • 1 liter air
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 4 lembar daun pandan
  • Air cucian beras
  • 200 gram gula pasir
  • Pewarna hijau
  • Setengah botol sirup rasa melon (opsional)

Cara membuat:

  1. Cara menciptakan manisan kolang kaling yang pertama, yaitu mencuci higienis kolang kaling terlebih dahulu, kemudian direndam dengan air cucian beras selama 4 jam. Setelah itu basuh lagi kolang kaling hingga higienis dan tiriskan.
  2. Rebus kolang kaling dan campur dengan daun pandan, daun jeruk selama 20 menit. Tambahkan pewarna, aduk dan pastikan warna tercampur merata, angkat kemudian tiriskan. Taburi kolang kaling dengan gula pasir, aduk merata hingga butiran gula larut.
  3. Agar warna terlihat semakin menyatu, Anda dapat tambahkan sirup rasa melon secukupnya. Untuk warna dan rasa sirup ini dapat diubahsuaikan dengan selera masing-masing.
  4. Taruh kolang kaling di wadah terbuka dan diamkan selama satu malam, sesudah itu simpan dalam lemari es.

Praktis sekali bukan cara menciptakan manisan kolang kaling ini? Untuk materi yang dipaparkan tersebut hanya sebagai rujukan saja, jadi Anda dapat mengubah komposisi sesuai dengan selera. Namun sayangnya terkadang manisan ini tidak dapat tahan usang walaupun telah disimpan dalam lemari es. Tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan manisan kolang kaling tahan lebih lama.

Tips Agar Manisan Kolang Kaling Tahan Lebih Lama


Pada dasarnya buah yang dijadikan manisan akan lebih infinit daripada yang tidak. Meskipun demikian cara pengawetan ini tidak dapat bertahan usang alasannya ialah prosesnya yang memakai bahan-bahan alami. Tak terkecuali juga bagi kolang kaling, yang mana mempunyai teksur lembap dan kenyal.

Kondisi awal kolang kaling inilah yang akan menjadi penentu ketahanan manisan kolang kaling yang Anda buat. Untuk itu Anda harus jeli dalam menentukan kolang kaling yang akan dijadikan manisan. Berikut beberapa tips biar manisan kolang kaling tahan lebih lama.

  • Tips pertama, buat manisan dari buah kolang kaling yang masih segar. Kolang kaling yang masih segar ditandai dengan warnanya yang kekuningan, tidak berlendir dan kenyal. Ketika menciptakan manisan, Anda dapat merendamnya dengan larutan natrium benzoate 0.1% biar semakin awet.
  • Tips selanjutnya, yaitu Anda dapat merendamnya dengan larutan gula yang kemudian dikemas dalam kemasan kaleng. Selain itu Anda juga dapat mengolahnya menjadi manisan kolang kaling kering dan yang terpenting selalu taruh dalam lemari es.

Demikian cara menciptakan manisan kolang kaling, pepaya dan mangga, dari versi lembap hingga keringnya. Cara yang dipaparkan di atas dapat Anda modifikasi sesuai dengan selera dan kebutuhan. Sebagai saran, jangan terlalu banyak menambahkan gula atau jikalau berkenan gunakan gula rendah kalori biar kesehatan Anda tidak terganggu. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Menciptakan Manisan Buah: Mangga, Pepaya Dan Kolang Kaling"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel