7 Manfaat Buah Cempedak Terpenting Bagi Tubuh

Manfaat Buah Cempedak | Cempedak bukan hanya untuk dinikmati kelezatan dan kesejukan buahnya. Cempedak (Artocarpus champedem) yaitu spesies pohon dalam keluarga Moraceae, dan dalam genus yang sama ibarat sukun dan nangka. Cempedak yaitu buah orisinil Asia Tenggara, tumbuh di Indonesia sampai Semenanjung Melayu dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Walau begitu cempedak juga tumbuh di beberapa wilayah di India,semacam Andhra Pradesh, Kerala, serta Tamil Nadu.


7 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan Tubuh


 Cempedak bukan hanya untuk dinikmati kelezatan dan kesejukan buahnya 7 Manfaat Buah Cempedak Terpenting Bagi Tubuh

Cempedak mempunyai rasa manis dan segar kalau dimakan langsung, dan tetap enak sebagai materi olahan. Bahkan kulit dan bijinya pun sanggup dimakan. Selain enak dimakan, buah cempedak juga bermanfaat bagi tubuh. Berikut yaitu beberapa manfaat buah cempedak. 

1.  Menurunkan Kadar Kolesterol

Cempedak mempunyai kandungan vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang membantu tubuh mengeluarkan racun-racun berupa radikal bebas. Selain itu vitamin C juga membantu mengurangi endapan kolesterol jahat pada pembuluh darah. Selain itu vitamin ini juga menurunkan kadar triglyceride, sejenis lemak yang sanggup meningkatkan risiko penyakit jantung.

2.  Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada cempedak memungkinkannya untuk sanggup kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata.  Vitamin A dikenal sangat ampuh dalam menjaga atau merawat problem kesehatan mata, salah satunya dengan menjaga lapisan kornea mata biar tetap sehat.

3.  Menyembuhkan Malaria

Kandungan zat Heteroflavanon C pada kulit batang pohon cempedak dikenal lebih efektif dari kina dalam merawat penyakit malaria.

4.  Menjaga Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat buah cempedak yaitu menjaga daya tahan tubuh. Cempedak mempunyai kandungan flavonoid yang memberi antioksidan takaran tinggi bagi tubuh. Zat ini membantu tubuh menanggapi setiap serangan virus, zat karsinogen, atau alergen, secara lebih tepat. Hal ini disebabkan lantaran flavonoid memberi penguatan yang signifikan pada sistem kekebalan tubuh kita.  

5.  Mencegah Penuaan Dini

Selain itu, flavonoid pada cempedak juga memperlihatkan sifat anti peradangan, anti mikroba dan anti kanker. Semua itu lantaran flavonoid bekerja melawan kerusakan sel tubuh lantaran radikal bebas yang bersumber dari racun-racun semacam asap rokok dan obat-obatan. Dan semua itu yaitu faktor utama penyebab penuaan dini. Oleh lantaran itu Anda sanggup makan cempedak dan banyak sekali sayuran atau buah lain yang mengandung flavonoid tinggi untuk mencegah penuaan dini.

6.  Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah cempedak yang lain yaitu menurunkan tekanan darah tinggi. Cempedak sanggup membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan potasium tinggi di dalamnya.

7.  Mencegah Sembelit

Cempedak sangat kaya serat. Oleh lantaran itu, cempedak sanggup sangat membantu dalam mengatasi problem pencernaan semacam sembelit. Memakan cempedak dengan asupan air minum yang cukup sanggup meredakan sembelit dan memperlancar buang air besar. Selain itu, cempedak yang rendah kalori dan lemak bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat tubuh dan membantu melawan kegemukan.
Selain semua khasiat yang ada dalam list, cempedak juga masih mempunyai khasiat lain, ibarat mengurangi kemungkinan timbul bisul. Sementara itu akar cempedak juga sanggup membantu menyembuhkan  demam, asma, diare, serta banyak sekali penyakit kulit. Lebih jauh lagi, cempedak juga membantu mengurangi kecemasan, serta menjadi sumber energi yang bagus.

Walau telah mengetahui banyak sekali manfaat buah cempedak, Anda disarankan tidak berlebihan dalam mengonsumsi cempedak. Cempdak mengandung zat ascorbic acid cukup banyak. Kandungan yang bersifat asam ini tidak baik kalau dimakan secara berlebihan, lantaran sanggup menaikkan kadar asam lambung. Bagi penderita maagh, buah ini sanggup menciptakan gangguan perut itu kambuh kembali.

0 Response to "7 Manfaat Buah Cempedak Terpenting Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel