Inilah 17 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Manfaat air kelapa untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini tentu saja alasannya nutrisi yang terkandung di dalam air kelapa. Tak hanya untuk kesehatan, manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga sangat terkenal dan banyak dipercayai orang.

Khasiat air kelapa sudah terbukti sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan adanya kandungan klorida, elektrolit, protein, magnesium dan natrium yang tinggi. Selain itu, terkandung pula serat, vitamin C, kalsium, mangan dan riboflavin yang tidak kalah tingginya. Melihat nutrisinya tersebut, tak mengherankan jikalau air kelapa mempunyai banyak sekali khasiat. Berikut ulasan lengkapnya.


Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui


 Manfaat air kelapa untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi Inilah 17 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

1.  Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh

Wanita hamil seringkali mengalami problem dalam sistem metabolisme tubuh. Jika dibiarkan, hal ini berisiko terhadap kesehatan dan metabolisme janin. Salah satu efeknya yaitu bayi akan terlahir dengan bobot yang rendah. Air kelapa bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menjaga metabolisme badan perempuan hamil, alasannya mengandung serat, protein, vitamin C dan mangan yang tinggi.

2.  Melawan Morning Sickness

Morning sickness yaitu tanda-tanda awal perempuan hamil. Morning sickness ini biasanya akan dirasakan pada bulan-bulan awal masa kehamilan dan akan hilang ketika usia kandungan mencapai 3 bulan. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan elektrolit yang ada di dalam air kelapa hijau sangat baik untuk menukar elektrolit yang dikeluarkan, alasannya perempuan hamil yang muntah.

3.  Menghindari Dehidrasi

Sekedar informasi, perempuan hamil sangat rentan terkena dehidrasi. Pasalnya mereka seringkali muntah, terutama pada awal kehamilan. Karena muntah tersebut, banyak cairan yang dikeluarkan sehingga menciptakan ibu hamil dehidrasi. Air kelapa bisa membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang semasa kehamilan.

Tak hanya menambah cairan, air kelapa juga bisa menjaga cairan amnion dan penambahan volume darah untuk perkembangan janin. Maka dari itu, tak heran jikalau air kelapa sangat baik untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh perempuan hamil.

4.  Menjernihkan Air Ketuban

Air kelapa mengandung elektrolit dan juga anti oksidan yang sangat baik untuk menjernihkan dan membersihkan air ketuban. Dengan begitu, bayi akan lebih sehat.

5.  Menghindari Infeksi Saluran Kemih

Wanita hamil rentan dengan penyakit Infeksi susukan kemih. Hal ini dikarenakan adanya pergantian mekanis dan juga hormonal selama kehamilan. Selain itu, meningkatnya hormon progesteron selama hamil dan berat rahim yang bertambah juga menjadikan kekenduran pada otot-otot susukan kencing. Kondisi inilah yang memicu penyakit Infeksi susukan kemih yang bisa menjadikan bayi meninggal.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi air kelapa hijau yang masih muda. Pasalnya, air kelapa bisa dijadikan sebagai diuretik alami. Artinya yaitu bahwa air kelapa tersebut sanggup mengeluarkan zat toksin dalam badan melalui urin, melancarkan sistem pembuangan urin, membersihkan susukan kemih dan mencegah risiko infeksi pada susukan kemih.

6.  Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mengontrol tekanan darah pada perempuan hamil. Hal ini dikarenakan adanya kandungan magnesium, riboflavin dan juga klorida yang ada di dalam air kelapa. Di mana kandungan tersebut sanggup menjaga semoga tekanan darah ibu hamil tetap normal.
7.  Menangani Fluktuasi BP

Manfaat lainnya yaitu menangani luktuasi BP. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, air kelapa mengandung serat mineral mikro yang bisa mengatasi fluktuasi BP terutama pada trimester terakhir.

8.  Menangani Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bukan lagi hal yang abnormal untuk para perempuan hamil. Pasalnya pergantian hormonal selama kehamilan berlangsung sanggup menghimpit perut si ibu. Maka masuk akal saja jikalau akan ada problem pencernaan yang muncul.

Masalah pencernaan ibu hamil ini dikenal dengan sebutan dispepsia. Tanda-tandanya yaitu nyeri perut pada penggalan atas, perut kembung, mual, perasaan kenyang dan juga muntah. Anda bisa mengatasi problem tersebut dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur. Pasalnya, air kelapa mengandung klorida, potasium, elektrolit dan magnesium yang bisa menyehatkan usus dan mengurangi problem pencernaan menyerupai konstipasi.

9.  Menghindari Kram

Usia kehamilan yang semakin bau tanah seringkali menjadikan kram pada kaki perempuan hamil. Tidak perlu khawatir, alasannya Anda bisa mengantisipasinya dengan mengonsumsi air kelapa dengan rutin. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang ada di dalam air kelapa hijau. Di mana kandungan tersebut sanggup meredakan pembengkakan dan kram pada kaki.

10.  Mencegah Diabetes Gestasional

Sekedar informasi, perempuan hamil biasanya akan mengalami diabetes gestasional. Diabetes militus ini hanya berlangsung selama kehamilan dan akan sembuh setelah melahirkan. Hanya saja, diabetes ini cukup mengganggu janin, alasannya akan menciptakan janin mempunyai bobot yang berlebih. Oleh alasannya itu, mengonsumsi air kelapa bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif terbaik untuk mencegah diabetes gestasional.

11.  Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, salah satu manfaat dari air kelapa yaitu meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam badan perempuan hamil. Pasalnya, air kelapa tidak mengandung lemak dan juga kolesterol jahat sehingga para perempuan hamil kondusif untuk mengonsumsinya.

12.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebisa mungkin perempuan hamil harus terhindar dari bakteri, virus maupun jamur penyebab banyak sekali macam penyakit. Pasalnya perempuan hamil dihentikan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung materi kimia, alasannya sangat berbahaya untuk keselamatan janin. Lantas, bagaimana solusinya?

Cara terbaik yaitu dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur. Hal ini, alasannya air kelapa mengandung asam laurat yang sangat baik untuk menjaga ketahanan badan semoga terhindar dari banyak sekali macam penyakit. Asam laurat ini bersifat anti virus dan anti bakteri. Dengan begitu, bayi akan terlindungi dari penyakit beresiko menyerupai herpes, HIV dan lain sebagainya.
13.  Mengganti Jaringan Dalam Tubuh yang Rusak

Manfaat dari air kelapa selanjutnya yaitu mengganti jaringan dalam badan ibu hamil yang mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B yang sangat baik untuk memperbaiki dan mengganti jaringan sel dalam tubuh.

14.  Anti Aging

Perlu diketahui bahwa air kelapa mengandung senyawa anti aging yang artinya sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan air kelapa bisa memperbaharui atau meregenerasi beberapa sel dalam tubuh. Kemampuan ini sangat baik untuk perempuan semasa hamil atau setelah kehamilan, alasannya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi problem stretch mark pada perut.

15.  Mencegah Terjadinya Penyumbatan Pembuluh Darah

Penyumbatan pembuluh darah sangatlah berbahaya, terutama untuk perempuan hamil dan anak dikandungnya. Oleh alasannya itu, sangat penting untuk para ibu mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur. Pasalnya air kelapa mengandung kolesterol baik (HDL) yang cukup tinggi.

16.  Melindungi Kesehatan Jantung

Air kelapa mengandung magnesium dan kalium yang tinggi. Sehingga sanggup membantu ibu hamil untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindari dari detak jantung yang tidak stabil dan juga serangan jantung yang tentunya sangat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan.

17.  Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat selanjutnya yaitu mengatasi sakit kepala. Mengingat ibu hamil dihentikan mengonsumsi obat-obat kimia tanpa resep dari dokter, mengonsumsi air kelapa untuk mengatasi sakit kepala bisa dijadikan sebagai solusi terbaik.

Air kelapa memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk ibu hamil. Hanya saja, minumlah dengan kadar yang normal dan tidak berlebihan. Selain itu, pilihlah air kelapa yang diambil dari kelapa muda atau kelapa hijau. Karena air kelapa yang masih muda mempunyai khasiat yang lebih baik dibandingkan dengan kelapa yang sudah bau tanah dan berdaging tebal.

Demikianlah ulasan terkait dengan manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Semoga gosip ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai rujukan untuk Anda.

0 Response to "Inilah 17 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel