40 Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Strawberry merupakan buah kecil berwarna merah dan mempunyai biji di serpihan luarnya. Buah yang sudah matang mempunyai rasa manis yang agak asam. Meski kecil, manfaat strawberry sangatlah banyak, mulai dari kesehatan hingga untuk kecantikan.

Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati strawberry. Hal ini dikarenakan, buah tersebut tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi, menyerupai di Batu, Tawangmangu, dan Sarangan. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati, lantaran terkadang di kota-kota besar buah ini disediakan di sentra perbelanjaan atau di toko buah premium. Bahkan terkadang ada juga pedagang buah keliling yang khusus menjajakan buah strawberry saja.

Tetapi, Anda perlu berhati-hati dan perlu membersihkan dengan baik sebelum memakan strawberry. Pasalnya beberapa petani strawberry memakai pestisida untuk mengusir hama. Alih-alih sanggup manfaat baik dari si buah bisa jadi Anda malah terkena ancaman penyakit berbahaya jikalau tidak mencucinya. Terlepas dari itu semua, mari simak apa saja kandungan nutrisi dan manfaat dari buah kecil ini.


Kandungan Nutrisi Strawberry


Banyaknya manfaat strawberry sangat berkaitan bersahabat dengan sejumlah nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Lalu, apa saja kandungan strawberry ini sehingga menghasilkan banyak manfaat? Berikut ulasan lengkap mengenai kandungan nutrisi dalam secangkir strawberry (±150 gr).

1.  Nutrisi Pokok

Strawberry mempunyai kandungan nutrisi pokok yang cukup lengkap. Ia mengandung karbohidrat sebanyak 11.65 gr, protein 1gr dan sedikit lemak. Dari kesemuanya strawberry akan menghasilkan energi sebanyak 50 kalori.

2.  Vitamin

Perlu Anda ketahui strawberry mempunyai kandungan vitamin C lebih banyak daripada satu buah jeruk, ialah sekitar  94 mg.  Selain itu, ia juga mengandung vitamin A sekitar 44 IU. Tak hanya itu, strawberry juga mempunyai sejumlah vitamin lain menyerupai vitamin B, E, dan K.

3.  Nutrisi Lain

Kandungan nutrisi dalam strawberry terbilang cukup lengkap. Ini terbukti dari adanya serat sebanyak 3.81 gr, potassium  44.82 mg, fosfor 31.54 mg, kalsium 23.24 mg dan folat 29.38 mg. Selain itu ia juga mengandung magnesium 16 mg, selenium 1.16 mg, zat besi, mangan, dan masih banyak lagi.

Demikian klarifikasi mengenai kandungan strawberry yang dirangkum dari beberapa sumber. Dengan rutin mengonsumsi strawberry, dipastikan Anda akan mendapat manfaat dari nutrisi tersebut. Seperti apa manfaatnya? Berikut ulasan lengkapnya.


Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan


 Strawberry merupakan buah kecil berwarna merah dan mempunyai biji di serpihan luarnya 40 Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah strawberry sangat bermacam-macam mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Tidak perlu panjang lebar, berikut akan disampaikan mengenai apa saja manfaat dari buah ini.

1.  Menurunkan Tekanan Darah

Perlu Anda ketahui bahwa potassium merupakan zat yang sanggup membantu menurunkan tekanan darah. Maka dari itu dengan mengonsumsi sejumlah strawberry setiap harinya, akan membantu mengontrol bahkan menurunkan tekanan darah Anda.

2.  Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Jika potassium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, maka kalium berfungsi untuk mencegah naiknya tekanan darah. Jumlah kalium dalam badan yang tinggi akan meniadakan imbas natrium yang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit hipertensi.

3.  Memperlancar Saluran Pencernaan

Manfaat selanjutnya, ialah memperlancar kanal pencernaan. Hal ini sudah terang dikarenakan kandungan seratnya yang sangat tinggi. Selain itu, serat yang ada di dalamnya juga sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol.

4.  Meningkatkan Kesehatan Gusi dan Gigi

Manfaat yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Telah terang dipaparkan di atas, bahwa strawberry mempunyai kandungan vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk.

5.  Meningkatkan Kesehatan Mata

Strawberry juga mempunyai kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu kandungan flavonoid yang ada dalam strawberry juga sanggup membantu mengurangi resiko terjangkit penyakit mata. Di antaranya menyerupai degenerasi macula dan katarak yang biasanya menyerang lansia.

6.  Meningkatkan Sistem Imun

Selain menjaga kesehatan gigi Anda, vitamin C dalam buah strawberry juga akan turut membantu mengingkatkan sistem imun tubuh. Artinya badan Anda tidak akan gampang terjangkit penyakit.

7.  Mengurangi Resiko Kanker

Banyak buah yang mempunyai zat sebagai antikanker, termasuk juga strawberry. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan dalam vitamin C-nya. Selain itu kandungan quercetin di dalamnya juga sanggup menurunkan resiko kanker payudara dan kanker prostat.

8.  Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah strawberry bermanfaat sebagai penyembuh luka, hal ini tentu berafiliasi dengan meningkatnya sistem imun. Daya badan yang meningkat, akan mencegah timbulnya infeksi serta peradangan pada area luka.

9.  Sebagai Anti-Inflamasi

Inflamasi merupakan peradangan yang timbul akhir dari reaksi badan melawan suatu penyakit. Dengan mengonsumsi strawberry secara rutin, Anda akan mendapat manfaat dari buah ini, ialah sebagai anti-inflamasi sehingga mengurangi kemungkinan peradangan yang akan timbul. Hal ini dikarenakan strawberry mengandung senyawa fenol yang berperan dalam melawan gangguan reaksi peradangan itu sendiri.

10.  Untuk Pemeliharaan Kesehatan Tulang

Meskipun tidak bisa disejajarkan dengan susu, namun strawberry juga mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi. Tak hanya kalsium, unsur mangan, magnesium, kalium dan vitamin K juga merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

11.  Baik Untuk Perkembangan Janin

Asam folat merupakan salah satu bentuk dari vitamin B ialah B9 yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan sel dan jaringan. Tak terkecuali pertumbuhan sel otak dan janin dalam kandungan, juga turut dinutrisi oleh asam folat ini. Selain itu kandungan vitamin C dalam strawberry juga sangat baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

12.  Untuk Regenerasi Sel Kulit

Selain baik untuk perkembangan janin, asam folat juga sanggup membantu untuk meregenerasi sel kulit. Hal ini tentu sangat penting untuk kecantikan dan kesehatan wajah. Pasalnya sel-sel mati yang tidak cepat terangkat atau tergantikan akan mengakibatkan gejala penuaan dini menyerupai kerutan di wajah.

13.  Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Regenerasi sel tentu akan semakin tepat jikalau didukung / dibantu dengan zat yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Seperti halnya asam alpha-hidroxic dan asam salisilat yang terkandung dalam buah strawberry yang mana berperan untuk melaksanakan kiprah tersebut.
14.  Mencegah Penuaan Dini

Satu lagi manfaat strawberry untuk kecantikan, ialah ia sanggup membantu mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa asam ellagic pada strawberry yang berfungsi untuk mencegah kerusakan kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu bentuk protein yang menyusun pembentukan gigi, tulang, otot, sendi dan kulit.

15.  Untuk Memutihkan Gigi

Asam ellagic pada strawberry juga bisa menciptakan gigi menjadi lebih putih. Hal ini bukanlah omong kosong belaka, lantaran banyak pula yang telah menunjukan bahwa strawberry merupakan pemutih gigi alami. Cara penggunaannya Anda hanya perlu menggosok-gosokan buah strawberry pada gigi secara merata.

16.  Mengencangkan Kulit

Tahukah Anda bahwa serat kolagen akan menciptakan kulit menjadi kencang dan kenyal? Maka dari itu mulai kini Anda harus rutin mengonsumsi buah strawberry semoga kolagen dalam kulit terjaga.

17.  Meminimalisir Produksi Minyak Di Wajah

Sifat asam pada buah strawberry sangat efektif mengurangi kelebihan sebum pada kulit wajah. Sebum sendiri merupakan zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah.

18.  Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Manfaat strawberry selanjutnya, ialah sebagai anti-inflamasi yang mana hal tersebut juga mempunyai kegunaan untuk mengurangi jerawat pada jerawat. Selain itu kandungan asam folat akan membantu regenerasi kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat.

19.  Melindungi Kulit Dari Sinar Ultraviolet

Strawberry mengandung asam ellagic yang mana berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Hal ini diperkuat dengan adanya bukti dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan korea. Mereka menunjukan bahwa kerutan pada tikus yang diakibatkan dari paparan sinar UV berangsur membaik sehabis diberi asam ellagic.

20.  Baik Untuk Kesehatan Kulit

Sudah sangat terang bahwa strawberry sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Hal ini dikarenakan, strawberry mempunyai banyak kandungan nutrisi yang menguntungkan bagi kesehatan kulit, menyerupai vitamin C, antioksidan, vitamin E, folat dan potassium.

21.  Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa strawberry sanggup meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam darah.  Dengan begitu, ia akan mengurangi oksidasi negatif yang bisa mengakibatkan naiknya kolesterol jahat (LDL). Selain itu, rutin mengonsumsi strawberry juga akan membantu meningkatkan kiprah trombosit, serta mengontrol tekanan darah.

22.  Menghilangkan Mata Panda

Istilah mata panda merupakan sebutan untuk bulat hitam atau jerawat pada area mata. Untuk mengobatinya Anda bisa memakai potongan buah strawberry pada area tersebut, diamkan selama beberapa menit semoga nutrisi strawberry meresap ke dalam kulit.

23.  Membantu Meningkatkan Sel Darah Merah

Bagi Anda yang menderita anemia, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah mungil satu ini. Pasalnya strawberry juga mengandung zat besi yang mana mempunyai kiprah penting dalam pembentukan sel darah marah.

24.  Mengurangi Kulit Pecah Pada Tumit

Supaya kulit tidak lagi pecah-pecah Anda membutuhkan nutrisi kulit menyerupai vitamin E, vitamin C dan sejumlah asam yang mana semuanya ada dalam buah strawberry. Untuk mengobatinya, Anda bisa menciptakan scrub dari strawberry dan mengoleskannya pada kaki.

25.  Menurunkan Resiko Stroke

Strawberry sangat kaya akan kandungan antioksidan menyerupai quercetin, antosianin dan kaempferol. Dalam bidang kesehatan, ketiganya telah terbukti ampuh mengurangi pembekuan / penyumbatan darah. Tentu saja jikalau anutan darah lancar, maka suplai darah ke otak juga akan menjadi lancar.

26.  Menurunkan Resiko Asma dan Alergi

Telah disinggung di atas bahwa strawberry bersifat sebagai anti-inflamasi. Tentu saja manfaat tersebut juga akan didapatkan bagi penderita alergi / asma yang rutin mengonsumsi buah strawberry. Selain itu kandungan quercetin juga turut membantu untuk meredakan kedua penyakit tersebut.

27.  Mencegah dan Mengobati Sariawan

Manfaat strawberry yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dikatakan demikian, lantaran strawberry mempunyai kandungan vitamin C tinggi yang sanggup membantu penyembuhan dan pencegahan sariawan.

28.  Membantu Program Diet

Jika Anda sedang melaksanakan aktivitas diet, maka strawberry bisa dijadikan hidangan buah yang wajib dikonsumsi. Pasalnya kalsium yang ada di dalamnya membantu proses pembakaran lemak. Maka dari itu segera ganti kudapan Anda dengan strawberry semoga lemak bisa segera berkurang.

29.  Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat strawberry untuk kecantikan selanjutnya, ialah mencerahkan kulit wajah. Ini dikarenakan kandungan vitamin C dan antioksidan akan membantu mengangkat sel kulit mati yang mana merupakan salah satu penyebab kulit menjadi kusam. Untuk mencicipi manfaatnya, Anda bisa membuatnya menjadi masker / scrub wajah dan dipakai secara rutin setiap harinya.
30.  Membantu Melembabkan Wajah

Strawberry mempunyai banyak kandungan mineral dan air. Oleh lantaran itu dengan rutin mengonsumsi atau memakai masker akan menciptakan wajah Anda tampak sehat dan lembab. Masalah kulit kering pun tidak perlu Anda khawatirkan lagi.

31.  Membantu Penyembuhan Penyakit Flu

Flu / pilek sangat bersahabat kaitannya dengan sistem imun yang sedang menurun. Maka dari itu untuk mengurangi komplikasi dari penyakit pilek menyerupai demam, batuk, panas dalam dan lain-lain Anda harus banyak mengonsumsi vitamin C. Tentu saja nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi buah strawberry.

32.  Meningkatkan Daya Tahan Plasenta Bayi

Plasenta mempunyai kiprah untuk menjaga bayi dari benturan selama dalam kandungan. Sayangnya, tidak semua ibu mempunyai plasenta yang cukup berpengaruh sehingga rawan mengalami keguguran. Maka dari itu ada baiknya Anda rutin mengonsumsi strawberry, lantaran kandungan vitamin A di dalamnya bisa memperkuat plasenta.

33.  Menjaga Postur Tubuh

Postur badan yang baik didukung oleh bentuk tulang yang baik pula. Tentu saja manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dari kandungan kalsium yang ada dalam buah strawberry.

34.  Membantu Membersihkan Darah

Oksigen diedarkan ke seluruh badan bersama darah. Jika darah kotor, fungsi otak dan jaringan badan lain akan terganggu. Vitamin A yang terkandung di dalam buah strawberry akan membantu membersihkan darah dalam tubuh.

35.  Baik Untuk Keindahan Rambut

Siapa sangka bahwa strawberry juga bisa dijadikan masker rambut untuk menjaga keindahannya. Hal ini dikarenakan strawberry mempunyai kandungan vitamin A, C, zat besi dan sejumlah nutrisi lain yang diharapkan oleh rambut.

36.  Mengurangi Pendarahan

Pendarahan yang berlebih merupakan suatu tanda bahwa Anda kekurangan kalsium. Dengan mengonsumsi strawberry, kalsium yang terkandung di dalamnya akan membantu mempercepat pembekuan darah jikalau suatu dikala hal tersebut terjadi.

37.  Menjaga Kesehatan Ginjal

Organ vital satu ini memang rawan sekali terkena serangan penyakit salah satunya, ialah kerikil ginjal. Namun tidak perlu khawatir, lantaran dengan rutin mengonsumsi strawberry resiko Anda terjangkit penyakit tersebut akan menurun. Hal ini tidak lain lantaran kiprah kalsium yang ada di dalamnya.

38.  Memelihara Fungsi Otot

Zat besi dalam buah strawberry juga sanggup membantu untuk menjaga kesehatan otot. Selain itu kandungan kalsium di dalamnya juga berperan penting dalam memperkuat otot jantung.

39.  Baik Untuk Otak

Selain asam folat, zat besi juga merupakan nutrisi penting yang baik untuk pemeliharaan fungsi otak. Bahkan keduanya bisa Anda dapatkan sekaligus dalam buah strawberry.

40.  Sumber Antioksidan

Manfaat yang terakhir, ialah sebagai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Tentu tidak perlu dijelaskan lagi bukan apa saja manfaat antioksidan ini?

Itulah beberapa manfaat strawberry untuk kesehatan dan kecantikan beserta kandungan nutrisinya. Untuk mendapat manfaat terbaiknya pastikan Anda konsumsi buah strawberry yang masih segar. Semoga isu yang disampaikan bermanfaat dan sanggup menambah wawasan Anda.

0 Response to "40 Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel