Mengenal Manfaat Buah Pinang Muda Dan Dampak Sampingnya

Pinang merupakan tumbuhan yang menyerupai sekali dengan pohon kelapa, namun keduanya bahwasanya jauh berbeda. Dari segi buahnya, kelapa berbentuk lingkaran dengan ukuran hampir sebesar bola voli, sedangkan buah pinang kecil dan berukuran lebih besar dari bola bekel. Buah pinang tidak dikonsumsi layaknya kelapa, dan penggunaannya hanya sebatas untuk kegiatan nginang / nyirih. Padahal belakangan diketahui bahwa ternyata manfaat buah pinang sangatlah banyak.

Benarkah demikian? Mengenai kebenarannya memang belum bisa dipastikan, namun beberapa penelitian mengenai khasiat buah pinang ini sudah banyak dilakukan. Salah satu yang menarik perhatian, yaitu penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari universitas ternama di Yogyakarta. Penelitian mereka memperoleh hasil bahwa ternyata ektstrak etanolik dari buah pinang mempunyai dampak antioksidan dan bisa dipakai sebagai distributor sitotoksik untuk terapi kanker.

Namun hingga ketika ini belum ada penelitian lebih lanjut akan hal itu. Padahal hal tersebut sangat menarik disimak untuk menjawab rasa ingin tau yang ada. Pasalnya ada pendapat di lapangan yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi pinang sanggup memicu penyakit kanker. Untuk menerangkan benar atau tidaknya pendapat tersebut mari diteliti dahulu dengan melihat dari segi manfaat buah pinang.


10 Manfaat Buah Pinang Muda


 Pinang merupakan tumbuhan yang menyerupai sekali dengan pohon kelapa Mengenal Manfaat Buah Pinang Muda dan Efek Sampingnya

Nampaknya khasiat mengenai buah pinang ini memang belum banyak terekspos publik. Dikatakan demikian lantaran aneka macam ulasan mengenai manfaat pinang tanpa didasari teori yang jelas, yaitu dari kandungan nutrisinya. Meski demikian, berikut akan tetap disampaikan sedikit info mengenai manfaat buah pinang muda ditinjau dari kandungan nutrisinya.

1.  Sebagai Obat Sakit Gigi

Salah satu penyebab sakit gigi, yaitu adanya jerawat basil di dasar gigi. Jika tidak diobati secara tepat, maka tidak mungkin gigi Anda akan segera sembuh dan normal menyerupai sedia kala. Solusinya Anda bisa memakai buah pinang sebagai obat alternatif, lantaran di dalamnya mengandung senyawa yang bersifat antibakteri.

Selain itu penggunaan pinang juga akan menyehatkan gigi Anda. Terbukti dari kegiatan nginang yang sering dilakukan para sesepuh. Dari hal itu Anda tidak mendapati mereka mengalami gangguan pada area lisan terutama gigi bukan?

2.  Terhindar Dari Mulut Kering

Selain untuk menyehatkan gigi, kegiatan nginang juga sanggup menciptakan Anda terhindar dari lisan kering. Nginang / nyirih sendiri ialah suatu kegiatan mengonsumsi buah pinang yang dicampur kapur sirih dan dibungkus dengan daun sirih, kemudian dikunyah secara terus menerus. Ternyata kegiatan yang dilakukan turun temurun tersebut memang bukan tanpa alasan, lantaran buah pinang akan menciptakan kelenjar ludah menghasilkan ludah lebih banyak.

3.  Mengatasi Nyeri Pinggang

Banyak faktor yang mengakibatkan Anda mengalami nyeri pinggang, salah satunya yaitu kakunya otot di area pinggang. Namun Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan buah pinang yang telah ditumbuk dan dihangatkan. Oleskan ramuan tersebut pada pinggang dan dijamin rasa nyeri akan segera hilang, lantaran hal tersebut diyakini bisa menghambat rangsangan penyebab nyeri otot.

4.  Sebagai Obat Alami Penyakit Cacingan

Manfaat buah pinang muda dipercaya sanggup menyembuhkan seseorang dari penyakit cacingan. Hal ini bukanlah tanpa dasar, lantaran pinang muda mengandung senyawa arecoline yang mana bertugas untuk membasmi cacing dalam tubuh.

5.  Mempercepat Penyembuhan Luka

Mungkin Anda pernah mengalami suatu insiden menyerupai tangan tergores benda tajam namun luka tak kunjung kering / menutup. Jika memang pernah dan hal tersebut terulang kembali, maka cobalah obati dengan memakai buah pinang yang telah dihaluskan. Dikatakan demikian lantaran buah pinang mengandung senyawa yang mempunyai sifat hemostatik dan astringent yang mana berfungsi untuk menghentikan pendarahan pada luka.

6.  Sebagai Obat Alami Penyakit Kulit

Penyakit kulit yang sering menyerang insan ialah kudis dan biasanya disebabkan oleh penggunaan air kotor untuk mandi atau acara lainnya. Padahal sudah terang bahwa air kotor sangat penuh dengan bermacam-macam basil berbahaya. Namun tidak perlu khawatir, lantaran Anda bisa memanfaatkan senyawa dalam buah pinang yang bersifat antibakteri untuk mengobatinya. Caranya, yaitu campur parutan buah pinang muda dengan air dan kapur sirih secukupnya, kemudian oleskan pada belahan kudis.

7.  Obat Alternatif Untuk Menyembuhkan Difteri

Difteri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh basil dan sangat menular. Penyakit ini menyerang tenggorokan dan selaput lendir di hidung. Jika tidak ditangani dengan serius, difteri sanggup mengancam keselamatan penderitanya. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda memakai buah pinang untuk pengobatan / proteksi pertama, lantaran di dalamnya ia mengandung senyawa yang bersifat antibakteri.

Caranya cukup mudah, pertama keringkan terlebih dahulu beberapa buah pinang dan haluskan. Setelah itu seduh abu pinang dan gunakan untuk berkumur. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari dengan jumlah pengulangan sebanyak 2-3 kali di setiap kumur.

8.  Obat Alternatif Untuk Menyembuhkan Disentri

Disentri merupakan suatu penyakit yang menyerang usus dan mengakibatkan diare. Ada beberapa penyebab yang menjadikan penyakit tersebut, pertama yaitu dikarenakan adanya basil yang kedua disebabkan oleh amoeba parasit. Kaitannya dengan pinang, besar kemungkinan lantaran buah pinang mempunyai senyawa yang bersifat antibakteri sehingga banyak orang menggunakannya sebagai obat disentri. Caranya, yaitu dengan meminum air rendaman pinang yang sebelumnya telah direndam dalam waktu selama beberapa jam.

9.  Untuk Meningkatkan Vitalitas Pria

Mengenai manfaat buah pinang satu ini memang belum bisa dipastikan. Pasalnya belum ada teori terang mengenai kandungan pinang yang sanggup meningkatkan vitalitas. Namun banyak warga Indonesia yang percaya bahwa pinang sanggup merangsang hormon laki-laki sehingga meningkatkan vitalitas dan gairah seks.

10.  Mengencangkan Alat Kelamin Wanita

Perlu Anda ketahui bahwa alat kelamin perempuan mempunyai pH yang cenderung asam, dan pinang juga mempunyai rasa yang sedikit asam. Mungkin hal inilah yang menjadi alasan mengapa buah pinang dijadikan alternatif obat untuk mengencangkan alat kelamin perempuan sehabis melahirkan.
Itulah beberapa manfaat buah pinang muda yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai pengobatan alternatif ketika belum bisa pergi ke dokter. Namun agaknya Anda perlu berhati-hati, lantaran ternyata buah pinang mempunyai dampak samping. Berikut ulasannya.


Efek Samping Mengonsumsi Buah Pinang


Selain mempunyai kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, ternyata pinang juga mempunyai kandungan yang merugikan, yaitu arekolina dan arekaina. Kedua senyawa tersebut mempunyai sifat racun yang sangat adiktif dan sanggup memicu timbulnya penyakit kanker, anemia dan hipertensi. Namun tidak perlu khawatir, lantaran hal tersebut tidak akan terjadi jikalau Anda mengonsumsinya secara masuk akal / tidak berlebihan.

Dari ulasan tersebut sanggup disimpulkan bahwa memang benar pinang sanggup dijadikan distributor sitotoksik untuk penyembuhan kanker. Tetapi jikalau konsumsi dilakukan secara berlebihan hal tersebut malah akan memicu timbulnya penyakit kanker dan penyakit lain. Lagipula penelitian mengenai manfaat buah pinang dilakukan melalui perlakuan ekstrak etanolik buah pinang bukan dengan cara dikonsumsi secara langsung. Maka dari itu, ada baiknya Anda berhati-hati dan jikalau ragu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

0 Response to "Mengenal Manfaat Buah Pinang Muda Dan Dampak Sampingnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel