Manfaat Dan Ancaman Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Kelengkeng merupakan buah tropis yang mempunyai nama latin Dimocarpus longan. Buah yang juga disebut dengan nama lengkeng ini berasal dari daerah Asia Selatan. Berikut ini ada beberapa uraian mengenai segala hal yang berkaitan dengan buah kelengkeng termasuk manfaat buah kelengkeng beserta bahayanya apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil.


Kandungan Nutrisi Buah Kelengkeng


Meskipun ada beberapa hal seputar ancaman kelengkeng untuk ibu hamil yang harus diketahui, namun kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kelengkeng pun harus diketahui dengan baik, lantaran buah magis ini pun kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini beberapa nutrisi yang terdapat dalam buah kelengkeng.

1.  Energi 60 kcal per 100 gram Kelengkeng

Dalam 100 gram menu daging buah kelengkeng, ada sekitar 60 kcal energi yang sanggup menjadi asupan untuk tubuh. Energi dalam buah kelengkeng tersebut sanggup menjadi suplai makanan sehat untuk diet. Inilah salah satu nutrisi yang menimbulkan banyaknya manfaat buah kelengkeng bagi tubuh.

2.  Vitamin C

Buah yang dalam bahasa Cina disebut dengan lóngyǎn yang artinya bola mata naga ini juga kaya akan vitamin C. Dalam menu 100 gram buah kelengkeng, terdapat 84 mg vitamin C yang baik untuk tubuh. Delapan puluh empat milligram vitamin C tersebut sama dengan 101% dari semua nutrisi 100 gram kelengkeng.

3.  Potasium

Buah yang satu keluarga dengan buah leci ini juga mengandung potasium, yaitu sejenis mineral yang berfungsi untuk meningkatkan stamina dan kesehatan organ. Dalam 100 gram kelengkeng, terdapat sekitar 266 mg mineral potasium. Akan berbahaya jikalau badan kelebihan potasium, maka Anda sanggup mengonsumsi kelengkeng secukupnya, contohnya beberapa butir saja.


Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil


 Kelengkeng merupakan buah tropis yang mempunyai nama latin  Manfaat dan Bahaya Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

1.  Membantu Menambah Stamina Untuk Ibu Hamil

Manfaat yang pertama yaitu sebagai asupan nutrisi untuk menambah stamina atau energi. Adanya kandungan glukosa dan sukrosa dalam daging buah kelengkeng sanggup menjadi asupan nutrisi untuk membantu mengembalikan stamina pada ibu hamil. Sebagaimana yang kita tahu, ibu hamil sering terlihat lemas dan tidak bersemangat. Hal ini dikarenakan adanya penurunan stamina.

2.  Mengatasi Keluhan Tidur pada Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan tidur mereka. Dengan mengonsumsi beberapa butir buah kelengkeng di waktu malam, ibu yang sedang hamil sanggup lebih hening dikala tidur. Para perempuan hamil juga sanggup mengambil nutrisi buah kelengkeng dalam bentuk tonik.

3.  Membantu Mengatasi Gejala Morning Sickness

Satu dari sekian banyak manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil yaitu membantu mengatasi problem pencernaan akhir morning sickness. Sebagian besar perempuan hamil yang mengalami mual dan muntah sanggup memakan beberapa butir buah kelengkeng segar atau beku. Nutrisi dalam daging buah kelengkeng menyerupai lemak dan protein nabati akan membantu metabolisme pencernaan yang terganggu akhir morning sickness.

4.  Sebagai Asupan Vitamin Bagi Wanita Hamil

Wanita yang sedang hamil tidak hanya membutuhkan asupan nutrisi untuk dirinya, namun juga janinnya. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan yaitu vitamin. Sebagaimana yang kita tahu, buah kelengkeng kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3.

5.  Meningkatkan Sistem Imun bagi Ibu dan Janinnya

Manfaat lainnya yang perlu juga diketahui yaitu membantu menjaga sistem imun bagi ibu dan janinnya. Wanita yang sedang hamil harus sehat supaya janin yang dikandungnya juga sehat. Daging buah kelengkeng sanggup dikonsumsi dikala pagi dan malam supaya vitamin A dan C pada buah kelengkeng sanggup diserap badan dan membantu memperkuat sistem imun.
6.  Sebagai Solusi Atas Keluhan Susah Buang Air Kecil pada Ibu Hamil

Rahim yang membesar pada ibu hamil umumnya akan mendesak kandung kemih yang posisinya didekat rahim. Karenanya tidak heran jikalau tidak sedikit ibu hamil yang mengeluh kesulitan dikala buang air kecil. Dengan konsumsi beberapa butir buah kelengkeng, rasa tidak nyaman dan kesakitan dikala buang air kecil sanggup dihilangkan.

7.  Sebagai Solusi Alami Mengatasi Cacingan Selama Masa Kehamilan

Khasiat buah kelengkeng untuk ibu hamil yang juga penting untuk diketahui yaitu sebagai solusi alami untuk mengatasi problem cacingan selama masa kehamilan. Obat-obatan kimia umumnya dibatasi penggunaannya untuk ibu hamil, lantaran sanggup membahayakan janin dalam rahimnya. Daging buah kekelengkeng mengandung asam tartic yang mempunyai khasiat sama menyerupai obat cacing.

8.  Melancarkan Sirkulasi Darah

Buah kekelengkeng mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh calon ibu di saat-saat kehamilan. Wanita hamil yang mengalami problem anemia atau kurang darah sanggup disebabkan lantaran suplai mineral dalam proses sirkulasi darah kurang tercukupi.

9.  Membantu Melancarkan Kerja Organ

Selain sanggup mengatasi problem insomnia, manfaat buah kelengkeng untuk perempuan hamil lainnya yaitu membantu kelancaran kerja organ menyerupai jantung dan limpa. Mineral menyerupai potasium yang terdapat dalam daging buah kelengkeng sanggup membantu meringankan kerja jantung dan limpa sekaligus meminimalisir resiko penyakit kardio dan stroke.

10.  Menenangkan Saraf yang Tegang

Wanita hamil juga sering mengalami tegang saraf, lantaran pikiran tertentu. Agar lebih rileks, perempuan yang sedang hamil disarankan mengonsumsi kelengkeng di pagi hari atau malam hari. Hal ini lantaran daging buah kelengkeng mengandung zat yang sanggup menenangkan dan merilekskan fungsi saraf.

11.  Pendamping Diet Sehat

Nutrisi menyerupai karbohidrat kompleks merupakan pilihan sempurna bagi perempuan hamil yang ingin menjaga rujukan makan dikala hamil. Buah yang ternyata rendah lemak ini juga baik untuk mereka yang beresiko terkena diabetes di masa kehamilan.

12.  Menjaga Kesehatan Kulit

Daging buah kekelengkeng mengandung nutrisi yang baik untuk meminimalisir kerusakan menyerupai stretch mark pada kulit secara alami. Meski demikian, Anda juga sanggup tetap melaksanakan perawatan luar menyerupai dengan mengolesi kulit memakai minyak zaitun, dan sebagainya.
13.  Meningkatkan Nafsu Makan

Selain mengatasi problem pencernaan, manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil yang tidak kalah penting yaitu untuk meningkatkan nafsu makan. Banyak perempuan hamil yang menjadi tidak nafsu makan, lantaran problem morning sickness sampai diare.

14.  Mencegah Demam dan Flu

Wanita hamil yang terkena demam atau flu juga sanggup menghipnotis kesehatan janinnya. Oleh lantaran itu, supaya terhindar dari flu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C. Salah satunya yaitu dari daging buah kelengkeng.

15.  Meningkatkan Kesehatan Usus

Manfaat yang terakhir yaitu membantu kesehatan organ pencernaan itu sendiri. Buah kelengkeng mengandung nutrisi yang sanggup menyehatkan organ pencernaan pada perempuan hamil menyerupai usus. Dengan usus yang sehat, nutrisi makanan pun sanggup terserap dengan baik.


Bahayanya Kelengkeng Untuk Ibu Hamil


 Kelengkeng merupakan buah tropis yang mempunyai nama latin  Manfaat dan Bahaya Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

1.  Menghambat Proses Persalinan

Bahayanya buah kelengkeng untuk ibu hamil yang pertama yaitu sanggup menghambat proses persalinan. Ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi buah kelengkeng secara berlebihan, apalagi dikala menginjak usia kehamilan 7-9 bulan. Hal ini lantaran sifat panas yang ditimbulkan dari buah kelengkeng sanggup menimbulkan janin bayi bergerak aktif. Apabila posisi janin tidak sesuai dengan yang diharapkan dalam mekanisme persalinan, maka hal ini akan menyulitkan.

2. Merusak Pertumbuhan Janin

Selain mengganggu persalinan, bahayanya buah kelengkeng untuk ibu hamil lainnya yaitu mengganggu pertumbuhan janin. Buah kelengkeng yang terkontaminasi basil radikal bebas ataupun racun pestisida sanggup menimbulkan iritasi pada janin, sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin terganggu.

3.  Meningkatkan Resiko Keguguran

Bahayanya buah kelengkeng untuk ibu hamil yang penting diketahui yaitu meningkatnya resiko keguguran. Buah kelengkeng mempunyai sifat panas yang sama dengan buah nangka dan nanas. Apabila perempuan hamil yang memasuki trimester 3 bulan kehamilan mengonsumsi kelengkeng secara berlebihan, janin dalam rahim sanggup luruh alias keguguran.

4.  Menyebabkan Komplikasi

Bahayanya buah kelengkeng untuk ibu hamil jikalau dikonsumsi secara berlebihan yaitu menimbulkan komplikasi baik pada ibu maupun janinnya. Komplikasi yang terjadi sanggup berupa nyeri perut, flek, bercak darah dan sebagainya. Durian, kopi dan softdrink juga mempunyai sifat panas yang sama dengan kelengkeng.

5.  Kegemukan

Karena mengandung banyak gula dan karbohidrat kompleks, jikalau dikonsumsi secara berlebihan buah kelengkeng juga sanggup menimbulkan kegemukan atau obesitas. Padahal, kegemukan kurang baik dampaknya pada perempuan hamil lantaran sanggup meningkatkan resiko penyakit diabetes dan penyakit serius lain. Jadi, perempuan hamil direkomendasikan makan kelengkeng secukupnya saja.

Demikian beberapa hal seputar manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil sekaligus bahayanya yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui lebih jauh bagaimana seharusnya mengonsumsi buah kelengkeng, Anda sanggup terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Kaprikornus bijaklah dalam mengonsumsi buah yang satu ini.

0 Response to "Manfaat Dan Ancaman Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel