Kandungan, Manfaat Dan Pengaruh Samping Buah Manggis

Siapa yang tak kenal dengan buah manggis. Buah berbentuk lingkaran dengan ukuran sebesar bola tenis, kulit berwarna ungu, serta daging buah yang berwarna putih. Dagingnya lembut dengan rasa manis yang sedikit masam membuatnya mempunyai cita rasa yang khas. Tak hanya rasanya yang enak, manfaat buah manggis ini juga dikenal begitu banyak.

Tak hanya di Indonesia, buah manggis juga dikenal di  luar Indonesia khususnya di beberapa negara Asia Tenggara. Ia dipakai sebagai materi pengobatan beberapa penyakit secara alami. Selain itu, buah manggis juga mempunyai fungsi untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Menariknya, manfaat tersebut tak hanya bisa didapatkan dari buahnya, namun mulai dari kulit, daun, batang, sampai akar pun semunya mempunyai manfaat.

Tentu saja hal tersebut dikarenakan dari kandungan buah manggis yang bervariasi. Karbohidrat, protein, mineral, dan aneka macam nutrisi lainnya turut melengkapi buah yang kaya akan manfaat ini. Namun, disarankan biar Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan, lantaran akan mengganggu kesehatan. Sebelum membahas mengenai apa saja efeknya, mari simak dulu mengenai kandungan buah manggis.


Kandungan Nutrisi Buah Manggis


 Siapa yang tak kenal dengan buah manggis Kandungan, Manfaat dan Efek Samping Buah Manggis

Buah manggis mengandung banyak sekali mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan beberapa elektrolit dan sejumlah phyto-nutrients juga terdapat dalam buah manggis. Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram buah manggis yang telah dirangkum dari data USDA National Nutrient.

  • Buah manggis mengandung energi sebesar 63 Kkal, karbohidrat sebanyak 15.6 gram, dan protein sebanyak 0.5 gram. Selain itu buah manggis juga kaya akan serat kandungannya  mencapai 5.10 gram, dan lemak total sebesar 0.4 gram. Bagi Anda yang mempunyai persoalan dengan kolesterol tidak perlu khawatir, lantaran tidak ada kandungan lemak jahat tersebut dalam buah ini.
  • Buah manggis juga mengandung beberapa vitamin, yaitu A sebanyak 35 IU dan C sebesar 7.2 mg. Tak hanya itu, zat penting lain menyerupai asam folat (31 µg), riboflavin (0.054 mg), niacin, pantothenic acid dan pyridoxine juga terdapat di dalamnya.
  • Buah manggis rasanya cocok bila dijadikan sebagai pelepas dahaga. Pasalnya buah ini mengandung banyak sekali mineral. Mulai dari kalsium, magnesium, zinc, mangan, besi dan fosfor.
  • Meskipun kandungannya hanya sedikit, namun beberapa jenis phyto-nutrient juga terdapat dalam 100 gram buah manggis. Di antaranya, yaitu karoten-a sebanyak 1 µg, karoten-ß (16 µg) dan cryptoxanthin-ß sebanyak 9 µg.

Sekarang sudah tahu bukan, nutrisi apa saja yang akan Anda dapatkan bila mengonsumsi buah manggis? Jangan beranjak dulu, mari simak mengenai manfaat dari masing-masing nutrisi tersebut untuk badan Anda. Berikut ulasan lengkap mengenai manfaat buah manggis.


15 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan


 Siapa yang tak kenal dengan buah manggis Kandungan, Manfaat dan Efek Samping Buah Manggis

Sama menyerupai halnya buah-buah lain, manggis juga mempunyai banyak sekali manfaat, terutama bagi kesehatan. Hal ini tak lain lantaran kandungan nutrisinya yang begitu beragam. Berikut beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan Anda.

1.  Sistem Kekebalan

Manfaat buah manggis yang pertama, yaitu sebagai sistem kekebalan. Tentu saja ini dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi, menyerupai vitamin, mineral, asam folat, kalsium dan lain sebagainya. Oleh lantaran itu tidak ada salahnya Anda sering mengonsumsi manggis sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

2.  Sebagai Antioksidan

Kandungan senyawa xanthones yang terdapat dalam buah manggis mempunyai tugas sebagai penguat sel. Selain itu zat quinon dan stilbene juga terdapat di dalamnya. Oleh karenanya, buah ini dikenal sebagai sumber antioksidan yang kuat.

3.  Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah manggis bagi kesehatan selanjutnya, yaitu sebagai pelindung jantung. Ia akan membantu membentuk sel darah merah dan menjaga tahap asam amino homosistena yang sehat. Selain itu buah manggis juga akan membantu menyuplai vitamin B ke jantung, sehingga jantung tetap terjaga.

4.  Melancarkan Pencernaan

Selain sebagai antioksidan, zat xanthones juga berperan dalam melancarkan persoalan pencernaan. Ia akan mengatasai kuman yang menjadikan gangguan penyakit pada pencernaan, serta menyeimbangkan kembali sistem pencernaan.

5.  Meningkatkan Metabolisme

Manggis mengandung vitamin B kompleks, termasuk tiamin, niacin dan folat. Vitamin-vitamin tersebut nantinya akan menjadi kofaktor yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

6.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar buah memang mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, salah satunya yaitu manggis. Tak hanya itu kalori yang rendah serta tidak adanya lemak jahat dalam manggis juga membuatnya sangat cocok untuk dikonsumsi siapapun yang sedang melaksanakan kegiatan diet.

7.  Melawan Radikal Bebas

Tak hanya dinobatkan sebagai buah yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi, namun manggis berfungsi juga sebagai pelawan radikal bebas. Catechins dan polifenol dalam manggislah yang mempunyai tugas penting dalam hal tersebut. Bahkan berdasarkan tes yang telah dilakukan, jus manggis mempunyai kemampuan 20 sampai 30 kali lebih berpengaruh untuk menahan radikal bebas dari sayuran maupun buah lain.

Baca juga: Manfaat Alpukat

8.  Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah manggis selanjutnya, yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini tak lain lantaran kandungan vitamin A yang ada dalam buah manggis.

9.  Obat Sariawan

Telah dipaparkan di atas bahwa manggis juga mengandung vitamin C. Jelas saja ini menjadi bukti bahwa buah tersebut mempunyai kegunaan untuk mengobati beberapa penyakit yang disebabkan lantaran kekurangan vitamin C menyerupai sariawan.

10.  Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Di dalam buah manggis terdapat lebih dari 40 jenis zat xanthones. Salah satunya, yaitu garcinone E yang berperan sebagai distributor anti tumor yang kuat. Selain itu, polisakaridanya juga berperan sebegai senyawa anti kanker. Ia bekerja dengan cara menghambat kemampuan sel yang termutasi untuk melekat di sel sehat supaya sel kanker tidak menyebar.

11.  Sebagai Anti Inflamasi

Di beberapa negara di Asia Tenggara, manggis sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat demam, mengurangi rasa sakit, jerawat dan penyakit tropis lainnya. Hal tersebut tak lepas dari tugas gamma-mangosten dalam manggis yang berfungsi sebagai anti inflamasi.

12.  Menjaga Tekanan Darah

Potasium yang ada dalam manggis berperan penting dalam menjaga dan mengontrol tekanan darah. Ia juga mengandung mineral magnesium yang mempunyai kegunaan untuk mengatur fungsi elektrik pada jantung biar tekanan darah dan detak jantung terjaga. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi manggis juga akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga menurunkan resiko terjadinya penyumbatan jantung dan sakit di penggalan dada.

13.  Menjaga Kesehatan Kulit

Jika Anda mempunyai persoalan kulit menyerupai jerawat, maka ada baiknya untuk rutin mengonsumsi buah ini. Pasalnya manggis merupakan buah anti kuman yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu, xanthone dalam manggis juga berfungsi untuk memperbaiki sel kulit yang rusak.

14.  Membantu Pengobatan TB

Siapa sangka bahwa buah manggis ternyata juga berfungsi dalam penyembuhan penyakit TB. Hal ini didasarkan dari penelitian di Thailand yang mengambarkan bahwa kandungan garcinone B, beta dan alfa mangosten dalam manggis sanggup menghambat jerawat kuman penyebab TB.

15.  Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat manggis bagi kesehatan yang terakhir, yaitu sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Biasanya untuk penyembuhan ini, manggis akan dibentuk dalam bentuk salep terlebih dahulu sebelum digunakan.

Itulah beberapa manfaat manggis bagi kesehatan. Namun, bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit tertentu nampaknya harus berhati-hati dengan buah ini. Pasalnya ia mempunyai imbas samping yang bisa membahayakan kesehatan Anda.


Efek Samping Buah Manggis


Manfaat buah manggis bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Namun dibalik manfaat buah manggis yang menyehatkan, ternyata ia juga mempunyai dampak jelek bagi tubuh. Untuk itu Anda harus berhati-hati dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Jika diperlukan, lakukan konsultasi dengan dokter kesehatan Anda biar menerima saran terbaik dalam mengonsumsi buah manggis.

Perlu Anda perhatikan bahwa ada beberapa pantangan dalam mengonsumsi buah ini.

  1. Pertama yaitu, jangan mengonsumsinya bersamaan dengan masakan atau minuman yang mengandung gula. Dikatakan demikian lantaran kandungan gula dalam manggis dan minuman / masakan lain akan bereaksi dan menawarkan dampak jelek bagi tubuh. Di antaranya, yaitu mabuk yang ditandai dengan rasa mual, muntah, vertigo, pusing dan mata terasa berat. Dampak lain yang ditimbulkan, yaitu meningkatkan gula darah secara drastis. Tentu saja hal tersebut akan memicu timbulnya penyakit menyerupai diabetes dan obesitas. Hal tersebut berkaitan bersahabat dengan tingginya glukosa yang ada di dalamnya.
  2. Pantangan yang kedua yakni jangan mengonsumsinya bersamaan dengan buah durian. Akibat yang akan ditimbulkan tidak berbeda jauh menyerupai saat memakannya bersamaan dengan gula. Pasalnya durian mempunyai kandungan gula tinggi dan juga alkohol yang harus dihindari oleh penderita hipertensi.

Demikian ulasan mengenai kandungan, manfaat dan imbas samping buah manggis. Semoga sanggup memberi wawasan untuk kita semua.

0 Response to "Kandungan, Manfaat Dan Pengaruh Samping Buah Manggis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel