Inilah 17 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Buah kesemek yang berasal dari Genus Diospyros ini merupakan buah yang berasal dari Asia Timur menyerupai Cina, Korea dan Jepang. Buah berkulit kuning keemasan dengan bentuk menyerupai tomat ini sanggup dinikmati dalam keadaan mentah sebagai umumnya buah maupun dalam keadaan kering. Berikut ini ada beberapa uraian yang perlu Anda ketahui terkait kandungan dan manfaat buah kesemek.


Kandungan Nutrisi Buah Kesemek


 Buah kesemek yang berasal dari Genus Diospyros ini merupakan buah yang berasal dari Asia  Inilah 17 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Buah yang ditemukan pada ekspresi dominan gugur ini mempunyai kandungan nutrisi yang bisa mengoptimalkan kesehatan tubuh. Oleh masyarakat Jepang, buah ini tidak hanya diolah menjadi jus, namun juga dimanfaatkan untuk menciptakan sake, minuman khas Jepang. Sementara itu, di Indonesia buah ini lebih sering dikonsumsi pribadi atau dijadikan topping kue. Berikut ini beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam buah kesemek berair maupun kering.

1.  Serat

Buah kesemek jepang berair yang dikenal luas masyarakat global mempunyai kandungan serat 14% dalam 100 gramnya. Sementara itu, buah kesemek yang dikeringkan mempunyai kandungan serat lebih banyak, yaitu sekitar 60%. Jadi, tidak heran kalau faktanya ada banyak manfaat buah kesemek bagi kesehatan orang yang memakannya.

2.  Potasium

Buah yang biasa dipakai sebagai adonan hidangan keluarga raja di Asia Timur tempo dulu ini juga kaya akan potasium. Dalam 100 gram kesemek Jepang, terdapat sekitar 161 mg potasium. Sementara itu, untuk kesemek kering, terdapat 802 mg potasium.

3. Vitamin

Selain mengandung zat besi, kalsium dan magnesium, buah kesemek juga kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin B-6. Dalam kesemek basah, terdapat 32% vitamin A, 12% vitamin C, 5 % vitamin B-6, 2% magnesium dan 1% zat besi. Sementara itu, dalam kesemek yang telah dikeringkan terdapat 15% vitamin A, 2% kalsium, 3% zat besi dan 7% magnesium.


Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan


 Buah kesemek yang berasal dari Genus Diospyros ini merupakan buah yang berasal dari Asia  Inilah 17 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan kalau Anda memakan kesemek berair maupun kering. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

1.  Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah kesemek yang pertama yaitu sebagai kuliner sehat untuk menurunkan berat badan. Kandungan 70 kalori dalam 100 gr kesemek bisa menjadi solusi kuliner sehat untuk mereka yang melaksanakan diet rendah kalori. Selain itu, buah ini juga bisa menjadi snack pengganti kuliner berlemak.

2.  Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah yang mempunyai rasa renyah menyerupai apel ini juga berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan. Seperti dalam apel, tannin yang terdapat dalam kesemek bermanfaat untuk melancarkan pergerakan usus dalam menyerap nutrisi sehingga sistem pencernaan menjadi lancar.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi

3.  Membantu Pengobatan Hipertensi

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang juga perlu Anda ketahui yaitu khasiat kesemek untuk membantu pengobatan hipertensi. Buah kesemek merupakan buah yang rendah natrium sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai hipertensi akhir konsumsi sodium berlebihan.

4.  Memperkuat Sistem Imun

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah kesemek yang renyah mengandung 12% vitamin C. Vitamin C inilah yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh menjadi kuat, Anda tidak akan gampang terkena pilek, flu dan penyakit lainnya.

5.  Makanan Sehat Untuk Orang yang Menderita Penyakit Diabetes

Manfaat buah kesemek bagi orang yang menderita penyakit diabetes yaitu untuk mengekang rasa lapar. Penderita penyakit diabetes sering merasa lapar sehingga perlu memakan kuliner yang cukup serat supaya tidak gampang lapar. Buah kesemek merupakan buah yang kaya serat sekaligus buah yang berguna untuk mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes.

6.  Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Buah kesemek mengandung mineral tembaga yang bermanfaat dalam proses perembesan zat besi. Dengan pemberian tembaga, zat besi yang bisa terserap dengan baik akan meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

7.  Membantu Kesehatan Mata

Sebagaimana klarifikasi sebelumnya mengenai kandungan buah kesemek, ada banyak vitamin A dan zea-xanthin dalam buah kesemek. Kedua zat ini bermanfaat untuk kesehatan mata. .Dengan konsumsi cukup, resiko terkena penyakit mata di masa bau tanah bisa dikurangi.

8.  Makanan Alami Untuk Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah kesemek yang penting untuk diketahui yaitu sebagai kuliner alami anti kanker. Buah ini mengandung shibuol dan asam betullinic yang bisa menjadi antioksidan untuk memerangi radikal bebas pemicu kanker.

9.  Sebagai Obat Alami Untuk Mengatasi Cegukan

Selain dijadikan sebagai makanan, buah kesemek Jepang faktanya telah dikenal dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi problem cegukan baik pada orang cukup umur maupun anak-anak.

10.  Membantu Proses Detoksifikasi

Antioksidan yang terdapat dalam kesemek berguna untuk mengikat radikal bebas yang dihirup bersama oksigen. Di dalam tubuh, zat yang beracun dan berpotensi merusak sel didetoksifikasi atau dikeluarkan racunnya. Proses detoksifikasi yang lancar ini sanggup menyehatkan fungsi hati.

11.  Sebagai Makanan Alami Untuk Mengatasi Stress

Seseorang yang sedang stress umumnya mempunyai detak jantung yang cepat. Hal ini sanggup diatasi dengan memakan buah kesemek. Potasium dalam buah kesemek sanggup memperlambat detak jantung pada orang yang nervous atau stress supaya lebih rileks.

12.  Mengatasi Insomnia

Buah kesemek yang mengandung potasium juga berguna untuk mengatasi problem insomnia. Orang yang tak bisa tidur sanggup memakan beberapa potong buah kesemek di malam hari supaya lebih rileks dan damai ketika ingin tidur.

13.  Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui yaitu untuk mencegah penyakit watu ginjal. Buah yang berdaging lembut ketika matang ini mengandung magnesium yang sanggup meningkatkan produksi urin dalam ginjal. Urin yang lancar sanggup meminimalisir resiko watu ginjal, alasannya yaitu dengan urin yang banyak kristal-kristal watu ginjal akan terbawa bersama urin.

14.  Sumber Energi Untuk Ibu Hamil

Buah kesemek mengandung banyak mineral yang diharapkan ibu hamil menyerupai zat besi, fosfor dan kalsium. Mineral-mineral tersebut sangat diharapkan untuk perkembangan tulang, gigi serta sistem saraf pada janin. Serat dan kalori dalam kesemek juga sanggup menjadi sumber energi ibu hamil supaya tidak gampang lelah dalam beraktivitas.

15.  Untuk Mengurangi Penuaan Dini

Buah kesemek juga sanggup dimanfaatkan untuk memperlambat proses penuaan dini, alasannya yaitu kandungan magnesium di dalam daging buahnya. Vitamin C dalam buah kesemek juga berguna untuk mencerahkan kulit. Anda yang ingin mendapat manfaat ini sanggup pribadi memakan buahnya atau membuatnya menjadi masker wajah.

16.  Mencegah Ambeien

Buah kesemek jepang telah semenjak dulu dikenal sebagai buah yang berguna untuk mencegah dan mengobati ambeien. Zat dalam buah kesemek sanggup menghentikan pendarahan pada orang yang mempunyai problem ambeien.

17.  Sebagai Makanan Alami Anti Inflamasi

Buah kesemek mengandung zat fitokimia menyerupai katekin dan polifenol yang berguna sebagai anti inflamasi dan melawan radikal yang bisa mengakibatkan infeksi.

Demikian beberapa hal seputar manfaat buah kesemek serta kandungan nutrisinya. Secara keseluruhan, buah yang terdiri dari banyak sekali varian ini mempunyai banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh.

0 Response to "Inilah 17 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel