Inilah 33 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Jeruk nipis yaitu salah satu varian jeruk yang cukup terkenal di masyarakat. Rasa jeruk nipis yang asam seringkali dijadikan oleh para ibu rumah tangga sebagai sentuhan rasa asam pada masakan. Meskipun demikian, masih sedikit orang yang memahami manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Padahal, jeruk nipis mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Sama menyerupai varian jeruk lainnya, jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam secangkir air jeruk nipis, setidaknya ada 73 mg vitamin C yang artinya sudah sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tubuh terkait dengan vitamin C harian.

Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung magnesium, kalsium, fosfor, kalium, vitamin B dan vitamin A. Di dalam jeruk nipis terdapat pula flavonoid dan asam sitrat yang sangat bermanfaat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit.


Berbagai Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan


 Jeruk nipis yaitu salah satu varian jeruk yang cukup terkenal di masyarakat Inilah 33 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

1.  Diabetes

Berdasarkan isu yang diperoleh dari American Diabetes Association, air jeruk nipis merupakan salah satu masakan terbaik untuk para penderita diabetes. Pasalnya dalam jeruk nipis terdapat serat larut yang sangat baik untuk membantu  mengatur proses absorpsi tubuh dari glukosa atau gula menuju fatwa darah. Selain itu, jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengurangi terjadinya kondisi gula darah yang melonjak tinggi.

2.  Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Tak hanya baik untuk penderita diabetes, jeruk nipis juga sangat baik untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat larut di dalam jeruk nipis yang menjaga supaya kadar gula dalam darah tetap stabil. Kondisi tersebut menjadikan keberadaan kolesterol jahat (LDL) menghilang. Dengan begitu, peradangan yang terjadi pada pembuluh darah akan berkurang sehingga mencegah risiko penyakit jantung stroke dan serangan jantung mendadak.

3.  Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Seperti yang sempat disinggung, jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid. Perlu diketahui bahwa flavonoid berperan sebagai antioksidan yang kuat. Kandungan antioksidan ini sanggup membantu tubuh Anda supaya terlindungi dari radikal bebas yang menjadi penyebab banyak sekali macam penyakit. Bahkan, adapula penelitian yang menjelaskan bahwa flavonoid yang ada di dalam jeruk nipis bermanfaat untuk meminimalisir risiko penyakit saraf degeneratif menyerupai penyakit Alzheimer dan Parkinson.

4.  Mengobati Radang Sendi

Manfaat selanjutnya yaitu mengobati penyakit radang sendi. Penyebab dari radang sendi biasanya yaitu adanya asam urat berlebih yang menumpuk pada tubuh. Asam urat merupakan salah satu limbah tubuh yang dibuang melalui urin. Jeruk nipis sangat baik untuk mengatasi radang sendi, lantaran mempunyai kandungan asam sitrat yang tinggi.

Sekedar isu asam sitrat dalam jeruk nipis berperan sebagai pelarut asam urat. Tak hanya itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah limbah yang dieliminasi melalui urin. Jeruk nipis juga mengandung senyawa yang bersifat anti inflamasi sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan.

5.  Melancarkan Pencernaan

Jeruk nipis mempunyai keasaman alami yang berfungsi untuk memecah molekul masakan dari makro menjadi mikro. Kandungan flavonoid yang ada di dalamnya juga berkhasiat untuk merangsang sistem pencernaan supaya bisa bekerja lebih optimal. Selain itu, kandungan flavonoid ini juga bisa merangsang gerak peristaltik dan meningkatkan sekresi empedu, asam dan cairan pencernaan. Hal tersebutlah yang mendasari mengapa jeruk nipis sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

6.  Anti Kanker

Manfaat berikutnya yaitu anti kanker. Manfaat ini sangat masuk akal mengingat jeruk nipis mengandung flavonoid yang tinggi. Dimana flavonoid ini berperan dalam mencegah kerusakan sel dan membunuh sel-sel asing pemicu kanker.

7.  Mengobati Asam Urat

Jeruk nipis yaitu buah yang bisa dijadikan sebagai sumber utama antioksidan dan juga pendetoks, lantaran mengandung flavonoid dan vitamin C. Dimana kedua nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk mendetokfikasi tubuh serta menangkal radikal bebas. Kedua kandungan tersebut bisa menghilangkan racun atau limbah dalam tubuh menyerupai asam urat jikalau dikonsumsi secara teratur.

8.  Mengatasi Gangguan Pernapasan

Manfaat selanjutnya yaitu mengatasi gangguan pernafasan. Ekstrak jeruk nipis yang dibentuk menjadi minyak flavonoid seringkali dipakai sebagai obat-obatan herbal anti kongestif menyerupai alat penguap, inhaler  dan balm. Hal ini dikarenakan adanya kaempferol. Dengan begitu, cukup dengan menghirup aromanya maka sesak nafas atau mual bisa diminimalisir.

9.  Menurunkan Demam

Air jeruk nipis sudah banyak dikenal masyarakat sebagai obat alternatif menurunkan demam. Dengan memperlihatkan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat, demam akan segera turun. Pasalnya, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis memang bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh.

10.  Mengatasi Masalah Gangguan Kemih

Manfaat jeruk nipis yang kesepuluh yaitu mengatasi problem gangguan kemih. Jeruk nipis mengandung kalium yang terbilang cukup tinggi. Kalium sangat efektif untuk menghilangkan endapan atau senyawa yang bersifat racun dan tersimpan dalam kandung kemih serta ginjal. Disamping itu, jeruk nipis juga mengandung disinfektan yang bermanfaat untuk menyembuhkan bisul kandung kemih. Jeruk nipis juga bisa membersihkan penyumbatan urin yang berada dari endapan kalsium yang ada di dalam terusan kemih.

11.  Menghilangkan Kurap dan Panu

Jeruk nipis mengandung senyawa antibakteri dan jamur sehingga sangat anggun untuk menghilangkan problem kulit menyerupai kurap dan panu. Cara penerapannya juga sangat gampang lantaran Anda hanya perlu menggosokkan perasan jeruk nipis pada pecahan kulit yang terkena panu dan kurap.

12.  Melancarkan Siklus Haid

Masalah yang seringkali dialami para perempuan yaitu siklus haid yang tidak lancar. Mengonsumsi perasan jeruk nipis secara teratur bisa membantu Anda untuk melancarkan siklus haid.

13.  Obat Batuk

Manfaat selanjutnya yaitu sebagai obat batuk. Jeruk nipis bisa mengatasi peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Tak hanya itu, jeruk nipis juga berkhasiat untuk menghilangkan lendir dalam tenggorokkan. Sehingga tak heran jikalau buah ini seringkali dijadikan sebagai obat herbal yang sangat efektif mengobati batuk.

14.  Meringankan Sakit Kepala atau Vertigo

Sakit kepala yang mencekam memang sangat menyakitkan. Tidak perlu khawatir lantaran jeruk nipis bisa mengobati sakit kepala mendadak atau sakit kepala parah menyerupai vertigo. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menghaluskan daun jeruk nipis kemudian ditambahkan dengan sesendok perasan jeruk nipis, kemudian tempelkan pada dahi, pelipis dan tengkuk sebanyak 2 kali sehari. Dengan begitu, sakit kepala Anda akan segera menghilang.

15.  Anti Penuaan

Jeruk nipis mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah munculnya gejala penuaan dini. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga bisa menangkal radikal bebas serta paparan sinar UV yang menjadi salah satu penyebab kanker kulit.

16.  Pembersih Alami

Manfaat berikutnya yaitu sebagai pembersih alami. Kandungan dalam jeruk nipis bisa membantu membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh dari racun. Dengan begitu, tubuh Anda akan lebih segar dan sehat.

17.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis memperlihatkan pinjaman pada tubuh dari banyak sekali macam penyakit berbahaya. Mengonsumsi air jeruk nipis hangat secara teratur akan menciptakan sistem kekebalan tubuh Anda semakin fit.

18.  Mengatasi Masalah Sembelit

Jeruk nipis mempunyai kandungan yang bisa mengatur dan merangsang gerakan usus dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jeruk nipis secara teratur, maka problem sembelit dan penyakit pencernaan lainnya bisa segera teratasi.

19.  Suara Serak

Untuk para penyanyi, memakai perasan jeruk nipis dan air hangat untuk mengatasi bunyi yang serak bukan lagi menjadi rahasia. Pasalnya air jeruk memang berkhasiat untuk menghilangkan lendir penyebab bunyi serak dan parau dari tenggorokan.

20.  Menambah Nafsu Makan

Setiap orang renta tentunya ingin melihat anaknya makan dengan lahap. Nafsu makan anak yang seringkali naik turun memang sangat mengkhawatirkan para orang tua. Menggunakan sesendok air jeruk nipis yang ditambahkan dengan sedikit gula, bisa menjadi ramuan alami untuk meningkatkan nafsu makan anak.

21.  Difteri

Manfaat buah jeruk nipis selanjutnya yaitu mengatasi penyakit difteri. Bagi Anda yang belum tahu, difteri yaitu penyakit bisul yang menyerang pecahan selaput lendir hidung dan tenggorokan. Cukup dengan memakai perasan jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat serta madu, maka penyakit difteri ini bisa segera diatasi.

22.  Mengobati Ambeien

Bagian dari tanaman jeruk nipis yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati ambeien secara alami yaitu pecahan akarnya. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mencuci akar jeruk nipis, kemudian direbus memakai satu liter air bersih. Minum air rebusan secara teratur.

23.  Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Kandungan flavonoid dan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada mata dan menjaganya supaya tetap sehat. Vitamin C bisa menjaga mata dari penuaan dan juga kerusakan. Sementara kandungan flavonoid berfungsi untuk menjaga mata dari bisul dan iritasi.

26.  Amandel

Bagian dari jeruk nipis yang berkhasiat untuk mengobati amandel secara alami yaitu pecahan kulitnya. Cara pengaplikasian obat herbal ini juga sangat mudah. Pertama, Anda basuh kulit jeruk nipis kemudian potong-potong sesuai selera. Rebus kulit jeruk nipis memakai 2 gelas air dan masak sampai airnya berkurang kira-kira tersisa 3/4 gelas, kemudian saring. Gunakan air untuk kumur-kumur dan diminum untuk hasil yang maksimal.

27.  Anyang-Anyangan

Manfaat berikutnya yaitu mengobati anyang-anyangan. Penyakit ini seringkali dialami oleh anak yang mengonsumsi air minum belum matang atau masih mentah. Cara mengatasinya, peras jeruk nipis dan seduh memakai air panas kemudian diminum.

28.  Menurunkan Berat Badan

Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa mengonsumsi jeruk nipis secara teratur sanggup membantu melancarkan aktivitas diet. Hal tersebut tak mengherankan mengingat jeruk nipis memang mengandung serat serta vitamin C yang tinggi. Dimana kandungan tersebut sangat membantu proses penurunan berat badan.

29.  Menghilangkan Bau Badan

Jeruk nipis mempunyai kandungan anti basil sehingga sangat ampuh mengatasi problem anyir tubuh yang disebabkan oleh basil pada kulit. Cara penggunaannya juga sangat gampang lantaran cukup dengan membalurkan irisan jeruk nipis pada area ketiak secara teratur setelah mandi. Dengan begitu, anyir tubuh akan menghilang.

30.  Menyeimbangkan pH

Manfaat jeruk nipis selanjutnya yaitu menyeimbangkan pH tubuh. Sebagian besar masakan yang dikonsumsi insan mempunyai sifat asam sehingga dibutuhkan buah-buahan yang bisa menetralkan sifat asam tersebut. Salah satunya yaitu jeruk nipis. Air jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh manusia.

31.  Menguatkan Pembuluh Darah

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan dan menguatkan pembuluh darah. Dengan mempunyai pembuluh darah yang berpengaruh maka sistem peredaran darah juga akan semakin lancar.

32.  Mengobati Sakit Gigi

Kandungan antibakteri yang ada di dalam jeruk nipis ternyata juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Karena menyerupai yang diketahui, sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi yang berlubang lantaran bertumpuknya basil dalam gigi. Gunakan perasan jeruk nipis untuk berkumur secara teratur maka sakit gigi bisa segera terobati.

33.  Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat jeruk nipis yang terakhir yaitu menjaga kesehatan ginjal. Selain air putih, air jeruk nipis juga bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Pasalnya jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pengikatan mineral yang menciptakan kinerja ginjal berat. Maka dari itu, Anda yang menderita penyakit ginjal atau ingin mempunyai ginjal yang sehat, bisa mengonsumsi jeruk nipis secara teratur.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Dengan adanya isu di atas, semoga menambah wawasan Anda terkait dengan dunia kesehatan.

0 Response to "Inilah 33 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel