Inilah 20 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Tanaman bit atau Beta Vulgaris merupakan salah satu tanaman yang daun maupun umbi buahnya menghasilkan banyak manfaat bagi manusia. Sayangnya, hanya beberapa atau sebagian kecil saja orang yang mengetahui manfaat dari daun maupun buah bit ini. Daun bit bagi beberapa orang dijadikan sebagai sayuran yang menyehatkan. Lalu, bagaimana dengan manfaat buahnya?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat buah yang berbetuk bundar dengan warna merah keunguan ini, alangkah baiknya jikalau Anda mengetahui kandungan nutrisinya terlebih dahulu.


Kandungan Nutrisi Buah Bit


Buah yang juga disebut dengan Chukandar oleh orang Barat ini mengandung banyak nutrisi penting dalam 100 gram buahnya. Beberapa nutrisi tersebut diantara ialah sebagai berikut.

1.  Vitamin

Buah bit mengandung sekitar 10 jenis vitamin di dalamnya menyerupai A, C, E, K, B1, B2, B3, B5, B6 dan asam folat. Asam folat merupakan vitamin yang paling banyak terdapat dalam buah ini, yaitu sekitar 109 µg setiap 100 gramnya atau setara dengan 27% persen dari totalnya. Vitamin terbanyak kedua, yaitu vitamin C (asam askorbat) diikuti vitamin B6, B2, B5, B1, B3, vitamin A, E dan vitamin K.

2.  Mineral

Mineral dalam buah bit juga cukup banyak, diantaranya ialah zinc, zat besi, magnesium, tembaga, mangan dan kalsium. Jumlah mineral yang paling banyak dari buah ini ialah mangan, diikuti zat besi,  tembaga, magnesium, zinc dan kalsium. Karena kandungan mineral tersebut, tidak heran jikalau ada banyak manfaat yang bisa didapatkan untuk tubuh orang yang mengonsumsinya.

3.  Elektrolit

Selain vitamin dan mineral, elektrolit juga merupakan komponen penting bagi tubuh, lantaran tubuh sendiri membutuhkan banyak cairan elektrolit dalam metabolisme kimianya. Ada 2 jenis elektrolit penting dari buah bit yang bisa didapatkan, yaitu potasium dan sodium. Masing-masing nutrisi elektrolit tersebut, dalam 100 gram buah bit ialah 325 mg dan 78 mg.

4.  Fitonutrien

Untuk memaksimalkan kesehatan tubuh, fitonutrien juga merupakan komponen yang penting. Walaupun dalam julah kecil dalam 100 gram buah bit, fitonutrien menyerupai betakaroten, lutein-zeaxanthin dan betain akan sangat mempunyai kegunaan bagi kesehatan tubuh.

5.  Lain-lain

Selain komponen nutrisi di atas, nutrisi dasar lainnya yang juga terdapat dalam buah bit antara lain ialah serat, lemak, protein, karbohidrat dan kalori 45 cal. Diantara semua nutrisi dasar tersebut, nutrisi yang paling banyak ialah serat dan karbohidrat.


Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui


 Tanaman bit atau Beta Vulgaris merupakan salah satu tanaman yang daun maupun umbi buahnya Inilah 20 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Pada umumnya, ada berbagai manfaat buah bit bagi kesehatan organ dalam maupun serpihan luar tubuh menyerupai rambut dan kulit. Namun, lantaran ada beberapa zat yang mungkin tidak cocok untuk orang dengan kondisi tertentu menyerupai orang yang hipertensi, mempunyai alergi buah bit, konsumsi sari buah ini harus dengan dosis kecil sesuai dengan rekomendasi hebat nutrisi atau dokter.

1.  Sebagai Makanan Alami Untuk Menurunkan Berat Badan

Buah bit mengandung cukup serat yang akan mempunyai kegunaan bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, kadar kalori yang rendah di dalamnya juga akan mencegah orang yang mengonsumsinya semoga tidak obesitas.

2.  Mengatasi Anemia

Manfaat selanjutnya yang juga penting untuk diketahui ialah untuk mengatasi anemia atau kurang darah. Hal ini, lantaran adanya zat besi dalam buah bit yang sangat diharapkan dalam produksi sel darah merah. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi berlebihan juga akan menjadikan tekanan darah rendah yang bisa memunculkan resiko terburuk menyerupai pingsan.

3.  Mengendalikan Kadar Gula Darah

Orang yang mempunyai diabetes dimana kadar gula darahnya tinggi bisa mengkonsumsi buah bit dengan dosis yang direkomendasikan oleh dokter. Buah bit ini tidak hanya mempunyai indeks glikemik medium namun juga rendah kalori dan mempunyai kadar lemak dibawah 0% sehingga kadar gula darah akan tetap normal.

4.  Mencegah Pembentukan Kapur Oleh Penumpukan Kolesterol Pada Pembuluh Darah

Betacynin dan flavonoid dalam buah bit akan bermanfaat dalam mencegah pembentukan plak di pembuluh darah arteri yang biasanya disebabkan oleh penumpukan kolesterol. Antioksidan dalam buah ini juga akan mempunyai kegunaan untuk mencegah kolesterol jahat pemicu stroke dan serangan jantung. Karena tingkat homocysteine buah bit cukup tinggi, konsumsi berlebihan juga bisa memicu penyakit yang sama.

Baca juga: Manfaat Buah Nanas

5.  Mengatasi Gangguan Kulit Seperti Flek Hitam, Sunburn, Keriput dan Sebagainya

Buah bit tidak hanya akan terasa keuntungannya untuk organ dalam. Buah ini juga juga bermanfaat bagi kulit dikala terkena problem menyerupai sunburn, flek hitam dan sebagainya. Sel-sel kulit mati juga bisa terangkat dengan nutrisi dari buah bit. Dengan begitu, kulit pun akan menjadi lebih sehat, halus dan terhindar dari problem atau tanda-tanda penuaan dini.

6.  Memperkuat Sekaligus Menyehatkan Gigi dan Tulang

Manfaat buah bit yang tidak kalah penting ialah dalam menyehatkan tulang dan gigi. Kedua komponen tubuh tersebut membutuhkan asupan kalsium semoga tetap sehat. Kalsium tersebut bisa didapatkan dari buah yang satu ini.

7.  Menutrisi Calon Bayi

Para perempuan hamil bisa mendapat manfaat dari buah bit ini untuk mendukung kesehatan bayinya. Dengan asupan nutrisi menyerupai folat, perkembangan bayi akan lebih maksimal. Namun perlu diingat bahwa buah ini jikalau dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil maupun menyusui tidak terlalu baik untuk bayi, lantaran buah ini mempunyai efek detoksifikasi yang besar lengan berkuasa atau cenderung keras bagi bayi.

8.  Menyehatkan Folikel Rambut dan Mengatasi Masalah Rambut

Manfaat berikutnya ialah melancarkan sistem peredaran darah pada kulit kepala sehingga folikel rambut pun menjadi lebih sehat. Kandungan karoten dalam buah ini juga sanggup meningkatkan kualitas produksi rambut semoga lebih tebal dan kuat. Masalah rambut menyerupai ketombe, gatal dan rambut kering atau rontok, buah ini juga bisa dimanfaatkan dengan dosis konsumsi yang tepat.

9.  Sebagai Sumber Energi Bagi Calon Ibu Selama Masa Kehamilan

Karena mengandung karbohidrat, serat dan kalori, buah ini juga dianggap manis untuk dikonsumsi oleh para calon ibu yang tengah mengandung. Calon ibu yang mengalami gangguan tidur juga akan lebih rileks dan tidak gampang stress sehabis mengonsumsi sari buah bit dengan dosis yang tepat.

10.  Mencegah Konstipasi atau Sembelit

Konsumsi buah bit yang mengandung cukup serat juga akan mempunyai kegunaan untuk menyehatkan organ dan sistem pencernaan sehingga tidak mengalami sembelit. Buah ini mempunyai sifat laxative sehingga jikalau dikonsumsi secukupnya akan mencegah problem sembelit. Namun, jikalau berlebihan buah ini juga akan justru menjadikan problem diare.

11.  Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah bit bagi kesehatan ialah mencegah kanker menyerupai kanker usus dan kanker hati. Untuk mendapat manfaat  ini, Anda bisa mengolah buah bit dengan cara dikukus, direbus, dipanggang atau dimakan langsung. Jika dimakan langsung, Anda bisa mencampurnya dengan salad berbahan sayur dan buah lainnya.

12.  Mencegah Penyakit Degenerative Pada Otak Seperti Dementia

Kandungan nutrisi dalam buah bit juga mempunyai kegunaan untuk mencegah dan meminimalisir resiko penyakit degenerative di masa bau tanah menyerupai dementia. Hal ini, lantaran kandungan nitrat dalam buah ini yang akan membantu penyuplaian oksigen dalam darah sampai ke jaringan saraf.

13.  Sebagai Viagra Alami

Buah bit juga bermanfaat sebagai materi herbal untuk meningkatkan stamina dan gairah seksual seseorang. Hal ini, lantaran kandungan nitrat dalam buah ini yang akan membantu meningkatkan anutan darah ke organ seksual. Boron dalam buah ini juga membantu meningkatkan produksi hormon yang berkaitan dengan organ seksual.

14.  Memaksimalkan Kekuatan Otak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah bit tidak hanya mempunyai kegunaan untuk mencegah penyakit pada otak. Pada orang normal, buah ini akan mempunyai kegunaan untuk meningkatkan dan memaksimalkan kekuatan otak sehingga seseorang sanggup berpikir baik dikala harus memecahkan problem pelik.

15.  Sebagai Makanan Alami Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat buah bit lainnya ialah untuk mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit yang masih bekerjasama dengan otak ini bisa dicegah dengan konsumsi buah bit secukupnya, lantaran kandungan asam folat dalam buah ini akan mencegah dan mengatasi tanda-tanda yang mungkin timbul.

16.  Sebagai Antioksidan Pada Enzim Tubuh

Banyaknya vitamin dalam buah ini membuktikan bahwa buah ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh dalam memperkuat sistem imun sehingga terhindar dari kuman dan virus pembawa penyakit.

17.  Merilekskan Saraf

Orang yang gelisah atau stress umumnya disebabkan, lantaran otot maupun jaringan saraf yang terlalu tegang dikala memikirkan atau mencicipi sesuatu. Karena itu, semoga otot dan saraf lebih rileks, mineral menyerupai magnesium dalam buah bit perlu untuk dikonsumsi.

18.  Meningkatkan Kesehatan dan Kemampuan Mata

Buah bit yang mengandung karoten yang penting bagi kesehatan mata. Selain menyehatkan mata, kandungan nutrisi dalam buah ini juga sanggup mencegah mata dari penyakit-penyakit tertentu di masa tua. Namun, bagi mereka yang alergi dengan buah ini, mereka bisa mencari sumber karoten dari buah dan sayur lainnya menyerupai wortel atau lainnya.

18.  Mencegah Gangguan Kesehatan Hati

Manfaat buah bit bagi organ hati juga merupakan hal yang penting untuk diketahui. Buah ini tidak hanya bermanfaat untuk organ jantung. Organ penting menyerupai hati juga membutuhkan nutrisi dari buah bit. Namun, orang yang mempunyai gangguan kerikil ginjal untuk tidak mengonsumsi secara berlebih, lantaran buah ini mengandung oksalat. Selain itu, betanin juga mungkin akan menjadikan urin dan feses berwarna kemerah-merahan.

19.  Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Radikal bebas yang bisa menjadikan penyakit ringan menyerupai flu sampai penyakit berat menyerupai kanker perlu dihindari dan diusir dari tubuh. Caranya ialah dengan mengonsumsi buah bit yang kaya akan vitamin, mineral, elektrolit dan banyak nutrisi penting lainnya. Nutrisi tersebut akan sangat mempunyai kegunaan dalam memperkuat sistem imun yang melawan radikal bebas.

20.  Mengatasi Masalah Menstruasi

Masalah menstruasi menyerupai pening, pegal punggung, sakit perut dan lainnya yang sering dialami oleh kaum perempuan juga bisa diatasi dengan mengonsumsi buah bit secukupnya. Anda harus ingat, buah ini harus dikonsumsi secukupnya, lantaran terlepas dari menstruasi atau tidak, buah ini juga bisa memicu sakit perut.

Demikian beberapa informasi seputar kandungan nutrisi dan manfaat buah bit bagi kesehatan yang bisa menjadi rujukan untuk Anda. Selain cara pengolahan, penyimpanan dan pemilihan buah bit yang manis juga perlu Anda ketahui lebih jauh. Sebagai contoh, semoga tetap segar, Anda bisa menyimpan buah ini ke dalam plastik rapat dan memasukkannya ke dalam kulkas.

0 Response to "Inilah 20 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel