Inilah 15 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan

Buah belimbing merupakan salah satu jenis buah yang menyegarkan untuk dikonsumsi. Buah ini dalam bahasa inggris dikenal dengan nama starfruit lantaran mempunyai bentuk menyerupai bintang ketika diiris. Saat matang, buah ini mempunyai warna kuning cerah. Lalu, bagaimana dengan kandungan nutrisi dan manfaat buah belimbing? Berikut uraian lengkapnya.


Kandungan Nutrisi Buah Belimbing


Di beberapa negara, rasa dari buah ini dipengaruhi oleh kapan ia berbuah. Jika buah ini matang pada trend panas sampai trend gugur, buah belimbing yang matang akan mempunyai rasa manis. Sementara itu, jikalau buah tersebut banyak dijual pada pertengahan trend panas sampai trend dingin, umumnya buah belimbing akan mempunyai rasa asam.

Sementara itu, ada banyak manfaat yang sanggup didapatkan ketika Anda rutin mengonsumsi buah belimbing. Beberapa manfaat tersebut dikarenakan adanya kandungan nutrisi berikut ini.

1.  Mineral

Ada bermacam-macam mineral yang terdapat dalam buah belimbing menyerupai zat besi, seng, kalsium dan sebagainya. Elektrolit menyerupai potasium juga terkandung dalam buah yang oleh orang-orang Bengali disebut dengan Kamranga ini. Buah ini juga mengandung kolin sejumlah 7.6 mg dalam 100 gramnya.

2.  Vitamin

Buah belimbing merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C dalam 100 gram buah belimbing sekitar 34.4 mg. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin lainnya menyerupai vitamin E, vitamin B6 dan sebagainya. Walaupun merupakan buah, ada sejumlah kecil protein dan lemak di dalam buah ini, yaitu sekitar 1.04 gram dan 0.33 gram.

3.  Kalori dan Karbohidrat

Jika Anda memakan buah belimbing dalam jumlah banyak, perut akan terasa kenyang. Mengapa demikian? Hal ini lantaran kandungan kalori dan karbohidrat dalam buah ini yang masing-masing yaitu 6.73 gram dan 31 kcal. Buah ini juga mengandung serat, yaitu sekitar 2.8 gram.


Berbagai Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan


 Buah belimbing merupakan salah satu jenis buah yang menyegarkan untuk dikonsumsi Inilah 15 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan

Bagian daun maupun akar belimbing sering dimanfaatkan sebagai materi untuk pengobatan herbal. Walau begitu, buah belimbing yang sanggup dikonsumsi pribadi ketika matang juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh insan baik serpihan dalam maupun area luar tubuh menyerupai kulit dan rambut. Untuk lebih jelasanya berikut uraian lengkapnya.

1.  Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat yang pertama yaitu membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Hal ini, lantaran kandungan mineral, vitamin dan elektrolit dari buah ini. Kandungan vitamin B9 dari buah ini juga bermanfaat untuk meminimalisir resiko penyakit berbahaya menyerupai stroke.

2.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah belimbing juga merupakan salah satu buah menyehatkan untuk dikonsumsi ketika menjalankan kegiatan diet. Anda yang ingin menurunkan berat badan, buah belimbing yang kaya akan serat, karbo, dan kalori akan mencukupi kebutuhan kalori tanpa harus memakan makanan berat menyerupai nasi. Dengan nutrisi tersebut, perut juga akan merasa tidak lapar sampai jam makan berikutnya.

3.  Memperkuat dan Menyeimbangkan Sistem Metabolisme Dalam Tubuh

Salah satu manfaat belimbing untuk kesehatan yaitu memperkuat sekaligus menyeimbangkan sistem metabolisme pada tubuh. Kandungan banyak sekali jenis vitamin menyerupai vitamin A, C, B dan lainnya akan menciptakan sistem metabolisme lancar sehingga tubuh menjadi kuat. Walaupun setiap kandungan nutrisi tersebut dalam jumlah kecil, namun ada manfaat besar dari buah ini.

4.  Melancarkan Sirkulasi Nutrisi Pada Area Tubuh dan Rambut

Vitamin C dan protein yang membantu proses pembentukan kolagen juga mempunyai efek terhadap kesehatan di area kepala. Selain itu, vitamin C juga akan membantu perembesan nutrisi untuk kulit kepala khususnya pada folikel rambut. Dengan kulit kepala dan rambut yang sehat, problem menyerupai ketombe, rambut patah dan sebagainya juga sanggup dihindari.
5.  Mengatasi Gangguan Kulit Seperti Jerawat, Kulit Berminyak dan Sebagainya

Karena kandungan vitamin dan mineralnya, buah belimbing juga sangat baik untuk dipakai sebagai materi alami untuk problem kulit menyerupai jerawat, kulit berminyak dan sebagainya. Untuk mendapat manfaat ini, Anda hanya perlu mengiris tipis buah belimbing dan menempelkannya ke seluruh area wajah atau menghaluskan buah tersebut lalu membuatnya sebagai face mask.

6.  Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat belimbing selanjutnya yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, khususnya kolesterol jahat. Berdasarkan penelitian mengenai kandungan pektin dari buah belimbing, ketika terserap oleh tubuh zat tersebut akan mengikat sejumlah kolesterol jahat lalu mengeluarkannya bersama sampah hasil sekresi empedu.

7.  Mengatasi Mual dan Gangguan Pencernaan Lainnya

Buah belimbing juga berguna untuk mengatasi mual dan banyak sekali gangguan pencernaan lainnya. Untuk mendapat manfaat ini, orang yang mual atau sakit perut sanggup mengonsumsi setengah potong buah belimbing dan mengulangi memakan sisanya sehabis 3 jam. Dengan begitu, rasa sakit akhir mual maupun peradangan di area perut sanggup lebih dikurangi.

8.  Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dari buah belimbing berguna dalam menutrisi sekaligus memberi warna yang lebih cerah dan "hidup" pada kulit. Untuk kulit wajah, Anda sanggup memakai buah ini untuk pemakaian luar sedangkan untuk seluruh tubuh, Anda sanggup mengonsumsi buahnya secara rutin. Anda juga sanggup mengolah buah ini menjadi jus atau minuman lainnya.

9.  Melancarkan Produksi ASI

Manfaat belimbing bagi ibu yang sedang menyusui berkaitan dengan kelancaran produksi ASI untuk bayinya. Nutrisi dari buah belimbing dipercaya sanggup melancarkan keluarnya ASI. Dengan asupan ASI yang lancar, bayi akan mendapat nutrisi dengan baik.

10.  Meminimalisir Resiko Gangguan Kesehatan Pada Ginjal

Rutin mengonsumsi buah belimbing juga sanggup meminimalisir resiko terkena gangguan kesehatan yang berkaitan dengan ginjal menyerupai kerikil ginjal. Menurut penelitian, kandungan asam oksalat dari buah belimbing akan bekerja dengan kalium sehingga proses ekskresi urin pada ginjal berlangsung lancar. Oksidasi negatif yang menyebabkan kerusakan organ ginjal juga sanggup diatasi dengan buah ini.

11.  Mencukupi Nutrisi yang Berguna Untuk Melebatkan Rambut

Buah belimbing juga bermanfaat dalam menambah volume rambut semoga tumbuh lebih lebat. Hal ini, lantaran adanya kandungan vitamin B kompleks dari buah ini. Selain menambah volume, nutrisi tersebut juga akan memperbaiki kualitas rambut semoga lebih berpengaruh dan sehat. Untuk mendapat manfaat ini Anda hanya perlu menciptakan ramuan khusus dengan gabungan materi lainnya yang baik untuk rambut.

12.  Mengatasi Cedera Ringan atau Luka Pada Mata

Manfaat belimbing untuk kesehatan mata juga penting untuk diketahui. Kandungan biro anti inflamasi pada buah ini bermanfaat untuk mengatasi sore eyes atau sakit ringan di sekitar area mata. Anda cukup menempelkan beberapa potongan belimbing ke area mata. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A yang akan sangat berguna untuk mempertajam daya penglihatan Anda.
13.  Mengobati Eksim

Eksim merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang area kulit. Gangguan kesehatan yang sanggup disebabkan lantaran ketidakcocokan dengan lingkungan menyerupai dari segi airnya ini sanggup diatasi dengan belimbing ataupun belimbing wuluh. Anda hanya perlu membersihkan area yang sakit lalu mengoleskannya dengan buah belimbing yang telah dihaluskan.

14.  Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat dan Flavonoid

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan untuk melaksanakan proses pembakaran energi. Sementara itu, flavonoid merupakan salah satu nutrisi yang sangat berguna sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan tersebut akan sangat berguna dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh pada orang yang mengonsumsi buah ini.

15.  Memerangi Virus dan Bakteri

Kandungan vitamin C dan mineral menyerupai seng dari buah belimbing sanggup memerangi banyak sekali jenis virus dan basil berbahaya bagi tubuh menyerupai E. Coli, Salmonella thypus dan sebagainya. Buah ini juga sanggup mempercepat penyembuhan orang yang sedang sakit flu, batuk, demam dan sebagainya. Obat batuk untuk bawah umur juga sanggup diambil dari bunga belimbing.

Sementara itu, serpihan daun dan akar tanaman belimbing umumnya dimanfaatkan untuk mengobati penyakit ringan menyerupai sakit kepala, cacingan dan sebagainya. Untuk cara pemanfaatannya, Anda sanggup mencari tumpuan dari sumber yang terpercaya.

Demikian beberapa kandungan nutrisi dan manfaat buah belimbing yang sanggup diinformasikan kepada Anda. Karena buah ini mengandung asam oksalat yang tinggi, beberapa orang dengan kondisi khusus memerlukan panduan dan saran dari dokter ketika ingin mengonsumsi buah ini.

0 Response to "Inilah 15 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel