21 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Air kelapa muda atau air degan yaitu minuman yang sanggup kita nikmati di banyak sekali penjuru dunia. Biasanya air kelapa ini sering dinikmati di tepi pantai sambil berjemur dibawah matahari. Buah yang banyak tumbuh di dataran rendah terutama di pinggir pantai ini memang semenjak usang diketahui mempunyai banyak sekali manfaat. Hampir seluruh belahan pohonnya sanggup dimanfaatkan, sehingga pohon yang mempunyai nama latin cocos nucifera ini disebut sebagai flora serbaguna.

Air kelapa muda banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan, lantaran air kelapa muda juga sangat baik untuk tubuh kita. Dengan mengonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, manfaat air kelapa muda untuk kesehatan bisa kita dapatkan. Air kelapa muda sanggup memperlihatkan banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan disamping untuk menggantikan cairan dan menyegarkan tubuh.


Kandungan Air Kelapa


Semakin renta buah kelapa maka akan semakin sedikit kandungan airnya, semakin tinggi pula kandungan lemak, kalori, zat besi, fosfor dan kalsium. Sedangkan pada buah kelapa yang muda kadar airnya lebih banyak dan manfaat yang diberikan oleh air kelapa akan lebih banyak berguna untuk tubuh.

Pada air buah kelapa muda mengandung mikronutrien diantaranya:

  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin
  • Mineral

Dalam satu buah kelapa airnya mengandung vitamin C, B3, B5 dan B6. Sedangkan kandungan mineralnya:

  • Magnesium
  • Kalium
  • Kalsium
  • Natrium
  • Zinc
  • Fosfor

Walaupun air kelapa pada kelapa yang masih muda dan sudah renta sama-sama bisa diminum, alangkah baiknya kalau Anda mengonsumsi air kelapa muda dibandingkan dengan air dari buah kelapa yang sudah tua. Manfaat air kelapa muda sangatlah banyak untuk kesehatan Anda. Lebih lengkapnya akan diulas berikut ini.


Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan


 Air kelapa muda atau air degan yaitu minuman yang sanggup kita nikmati di banyak sekali penjuru 21 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

1.  Menghidrasi Tubuh

Manfaat air kelapa muda yang utama yaitu mengatasi dehidrasi. Kandungan elektrolit alami dalam air kelapa mempunyai sifat yang mirip dengan cairan tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi air kelapa sanggup dengan cepat menghidrasi tubuh, lantaran air kelapa gampang diserap sanggup menggantikan cairan tubuh dengan cepat.

2.  Sumber Energi

Kandungan glukosa yang cukup tinggi pada air kelapa sanggup menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh. Glukosa diserap oleh sel-sel tubuh dan disebar ke peredaran darah menjadi energi. Asupan energi sangat dibutuhkan ketika tubuh kita merasa lelah, oleh alasannya yaitu itu banyak atlet yang mengonsumsi air kelapa ketika sedang berlatih fisik untuk menambah sumber energinya. Oleh lantaran itu, air kelapa muda sangat banyak dipergunakan oleh olahragawan untuk menggantikan cairan dan meningkatkan energi mereka dikala mereka beraktivitas.

3.  Menurunkan Tekanan Darah

Tiga kandungan mineral yang terdapat pada air kelapa yakni potasium, magnesium dan kalsium bekerja menurunkan tekanan darah dengan cara membantu memperbesar atau memperlebar akses arteri sehingga menjadi lebih fleksibel. Selain itu, cairan di dalam tubuh juga dikeluarkan dengan lebih cepat. Mengonsumsi air kelapa sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi dan ibu hamil.

4.  Menetralisir Racun

Racun yang sanggup dihilangkan yaitu racun-racun tertentu yang masuk ke dalam lambung. Cara kerja air kelapa dalam menghilangkan racun yaitu dengan menolak atau memuntahkan racun dari lambung. Sedangkan bila racun sudah terlanjur menyebar ke pembuluh darah kandungan antidotum pada air kelapa hanya membantu mengencerkan darah sehingga sanggup dikeluarkan melalui ginjal.

5.  Melancarkan Pencernaan

Air kelapa sangat gampang diserap oleh tubuh. Selain itu, air kelapa sanggup mengurai racun dan mengontrol suhu tubuh. Sehingga panas dalam yang memicu diare bisa diatasi dan buang air besar akan menjadi lancar.

6.  Menurunkan Demam

Air kelapa sanggup cepat meresap dalam sel-sel tubuh dan cairan tubuh juga sanggup cepat keluar melalui air seni. Sehingga ketika kita demam, suhu tubuh akan cepat turun, lantaran cairan terus-menerus dikeluarkan dan digantikan dengan yang baru.

7.  Anti Aging

Untuk anda yang ingin mendapat dan mempunyai kulit yang terlihat muda, Anda sanggup mengambil manfaar air kelapa muda. Karena air kelapa sangat ampuh menangkal radikal bebas sehingga sanggup mencegah penuaan dini pada kulit Anda.

8.  Menjaga Kadar Kolesterol

Air kelapa sanggup meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga kadar kolesterol jahat (LDL) lebih terkontrol. Ini yaitu manfaat air kelapa muda yang sangat membantu untuk menekan kolesterol tinggi pada tubuh kita.

9.  Mengoptimalkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat air kelapa untuk kesehatan yaitu menjaga kondisi jantung kita tetap optimal, Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa juga berperan untuk kesehatan otot terutama otot jantung.
10.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat air kelapa muda selanjutnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa asam laurat yang terkandung dalam air kelapa sanggup melawan banyak sekali jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, kuman dan jamur. Bahkan kandungan asam laurat pada air kelapa disebut-sebut mirip kandungan yang terdapat pada air susu ibu (ASI).

11.  Menyembuhkan Alergi Kulit

Bagi Anda yang mempunyai penyakit Alergi yang disebabkan oleh masakan atau obat-obatan air kelapa muda sanggup mengatasi hal ini. Air kelapa muda berguna dalam mengurai bakteri, virus dan jamur. Sehingga alergi yang ditimbulkan oleh bakteri, virus dan jamur sanggup segera teratasi.

12.  Memecah Batu Ginjal

Untuk kasus watu ginjal yang ringan bisa diatasi dengan mengonsumsi air kelapa. Cara kerja air kelapa yaitu kandungan kalium yang bekerja dalam proses alkali urine akan melarutkan watu ginjal. Sehingga sanggup bermanfaat banyak untuk Anda yang menderita watu ginjal akut.

13.  Mengobati Luka

Mengobati luka dengan air kelapa yaitu dengan cara mengoleskan eksklusif air kelapa pada luka. Cara ini juga bisa dipakai untuk kulit yang berangasan atau tumit yang pecah pecah sehingga sanggup menciptakan kulit Anda yang berangasan dan pecah pecah menjadi lebih lembab.

14.  Meningkatkan Trombosit

Pada kasus demam berdarah selalu disertai dengan penurunan jumlah trombosit. Hal ini tentu sangat membahayakan pasien. Dengan meminum air kelapa muda dipercaya sanggup meningkatkan jumlah trombosit dengan diimbangi dengan makan masakan bernutrisi yang cukup.

15.  Menurunkan Berat Badan

Air kelapa juga berguna untuk acara diet. Bagi Anda yang menginginkan tubuh langsing, mengonsumsi air kelapa bisa menjadi salah satu solusi. Air kelapa mengandung kadar gula dan kalori yang rendah sehingga sanggup mendukung cepat turunnya berat tubuh Anda.

16.  Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang meradang di wajah bisa disembuhkan dengan cara mencuci muka dengan air kelapa muda. Karena kandungan yang dimiliki oleh air kelapa sanggup membantu mengurangi radang yang terjadi pada kulit, terutama kulit di wajah Anda.

17.  Mengobati Mual

Air kelapa bisa mengatasi rasa mual pada perut Anda. Rasa mual sanggup terjadi ketika mabuk di perjalanan. Dengan meminum air kelapa maka rasa mual akan berkurang. Dikarenakan kandungan air kelapa sanggup menetralisir asam lambung yang menciptakan perut kita menjadi mual.

18.  Memutihkan Kulit Wajah

Lakukan rutinitas mencuci wajah dengan air kelapa untuk mendapat kulit wajah higienis dan lebih putih. Selain itu, dengan cara ini juga sanggup menghilangkan kerut pada kulit wajah.

19.  Mencegah Infeksi

Air kelapa berperan sebagai diuretik alami, sehingga bisa meningkatkan anutan urine. Hal ini sanggup mencegah abuh akses kemih, terutama pada ibu hamil yang sering mengalami gangguan kencing.

20.  Sebagai Sumber Vitamin B

Bagi Ibu hamil, vitamin B sangat dibutuhkan untuk mengganti rusaknya jaringan tubuh. Bahkan kebutuhan vitamin B pada ibu hamil meningkat dua kali lipat. Kandungan B3, B5 dan B6 yang terkandung dalam air kelapa bisa menutupi kebutuhan vitamin B ibu hamil.

21.  Mengurangi Masalah Rambut Rontok

Air kelapa mengandung asam amino, yang sanggup membantu mengurangi kerontokan pada rambut kita.


Cara Sehat Mengonsumsi Air Kelapa Muda


 Air kelapa muda atau air degan yaitu minuman yang sanggup kita nikmati di banyak sekali penjuru 21 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Untuk mendapat manfaat air kelapa muda hendaklah mengonsumsinya dengan cara yang benar dan pada waktu yang benar biar khasiat yang dimiliki oleh air kelapa sanggup kita serap secara maksimal. Berikut ini beberapa tips untuk mengonsumsi air kelapa muda biar sanggup lebih optimal manfaatnya.

1.  Minum Di Pagi Hari

Minumlah air kelapa di pagi hari untuk mendapat manfaat baik dalam meregulasi hormone tiroid.

2.  Minum Disaat Udara Panas

Kandungan air kelapa sangat membantu dan juga sanggup dimanfaatkan untuk mengatasi dehidrasi, terutama di dikala suhu udara yang sangat panas. Apabila seseorang mengalami kehilangan cairan tubuh diakibatkan, lantaran suhu udara yang tinggi, mengonsumsi air putih saja tidak akan cukup mengatasi kondisi kehilangan cairan tubuh yang dialaminya. Kandungan yang dimiliki air kelapa muda sanggup membantu mengatasi kehilangan cairan tubuh secara cepat.

3.  Sehabis Berolahraga

Tubuh akan mengeluarkan banyak keringat ketika kita berolahraga. Minumlah air kelapa muda untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga. Air kelapa muda berfungsi sebagai isotonic alami yang cepat diserap tubuh. Selain menyegarkan, kandungan vitamin dan mineral juga sangat baik bagi tubuh Anda sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang dikala Anda berolahraga.

4.  Konsumsi Ketika Hamil

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan kandungan yaitu kadar vitamin dan mineral yang terdapat dalam air kelapa sangat baik untuk ibu hamil maupun bayi di dalam kandungan. Karena pada dikala hamil, ibu akan mengalami perubahan hormon yang di antaranya sanggup menjadikan perubahan kondisi fisik ibu. Misalnya mirip rasa lelah, tekanan darah rendah, pusing, mual dan sebagainya. Dengan mengonsumsi air kelapa muda, kesehatan ibu dan janin akan lebih terjaga. Selain itu apabila ibu hamil yang mempunyai kolesterol yang tinggi sanggup diturunkan dengan mengonsumsi air kelapa, lantaran kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi ibu yang sedang hamil.

Makara manfaat air kelapa muda sangat banyak untuk kita baik itu untuk kesehatan maupun juga untuk kecantikan. Selain itu, air kelapa muda sanggup kita konsumsi kapan saja dan di mana saja. Namun, jangan juga meminumnya terlalu berlebihan, lantaran untuk menjaga kesehatan tidak hanya dengan mengonsumsi air kelapa saja. Makara Anda sanggup memanfaatkan air kelapa muda sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

0 Response to "21 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel