15 Manfaat Apel Merah Untuk Kesehatan

Buah apel merupakan buah yang tidak hanya enak ketika dimakan. Buah yang mempunyai memiliki aroma anyir dan khas ini juga tersedia dalam banyak sekali varian yang salah satunya yakni apel merah. Tidak menyerupai apa yang ada dalam dongeng Putri Salju dimana apel merah yang dimakannya beracun, nyatanya penelitian mengambarkan ada banyak manfaat apel merah yang penting untuk kesehatan.


Kandungan Nutrisi Apel Merah


Banyaknya manfaat apel merah untuk kesehatan tidak terlepas dari kandungan banyak sekali jenis nutrisi penting di dalamnya. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya yakni sebagai berikut.

1.  Vitamin

Ada banyak vitamin penting yang terkandung dalam buah apel menyerupai vitamin A, C, E, K dan banyak sekali jenis vitamin B. Vitamin B yang terdapat dalam buah apel merah diantaranya yakni B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine) dan B9 (folat). Masing-masing vitamin tersebut mempunyai kiprah tersendiri dalam tubuh menyerupai B9 yang bertugas menutrisi jaringan saraf.

2.  Mineral

Seperti halnya vitamin, buah apel ini juga mengandung banyak sekali jenis mineral penting menyerupai zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, boron dan sebagainya. Diantara banyak sekali jenis mineral yang terdapat dalam 100 gram buah apel merah, mineral yang mempunyai jumlah paling banyak yakni fosfor, yaitu sekitar 11 mg. Fosfor ini diharapkan untuk menjaga keseimbangan hormon dan membantu pembentukan protein.

Selain nutrisi tersebut, buah apel merah juga mengandung nutrisi-nutrisi penting lainnya walaupun hanya dalam jumlah kecil per 100 gramnya. Beberapa diantaranya yakni serat dan potasium. Serat yang ada dalam 100 gram buah apel merah yakni sekitar 4,5 gram sedangkan untuk elektrolit potasium yakni sekitar 107 mg per 100 gram buahnya.


Manfaat Apel Merah Untuk Kesehatan


 Buah apel merupakan buah yang tidak hanya enak ketika dimakan 15 Manfaat Apel Merah Untuk Kesehatan

Tidak kalah dengan buah apel hijau, buah apel merah juga mempunyai banyak manfaat penting bagi tubuh. Beberapa manfaat tersebut yakni sebagai berikut.

1.  Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat yang pertama yakni mencegah penyakit alzheimer. Sebuah percobaan terhadap tikus yang diberi makan buah ini menyimpulkan bahwa kandungan flavonol quercetin dalam buah ini sanggup mengobati penggalan sel saraf yang terkena efek alzheimer. Bahkan, zat tersebut mempunyai performa lebih baik dibandingkan dengan vitamin C dalam kajian ini.

2.  Menetralisir Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi usus umumnya ditandai dengan sakit di area abdomen, diare, sampai sembelit. Orang yang mempunyai gangguan menyerupai ini biasanya disarankan untuk menghindari masakan yang berlemak dan mengandung susu. Sebaliknya, mereka harus mengonsumsi masakan berserat menyerupai buah apel ini. Kandungan serat dalam apel akan membantu pergerakan usus semoga lebih teratur.

3.  Menutrisi Kulit Agar Tampak Lebih Sehat

Manfaat lainnya yang juga penting untuk diketahui yakni memperlihatkan nutrisi pada kulit. Kandungan vitamin C, E dan A, dari buah ini merupakan komponen penting untuk menciptakan kulit sehat. Vitamin C berkhasiat dalam pembentukan kolagen yang penting untuk kulit. Sementara itu, vitamin A berkhasiat untuk turut melindungi kulit dari kanker.

4.  Mencegah Kanker

Berdasarkan riset Amerika mengenai kanker, konsumsi buah ini secara rutin sanggup membantu menurunkan resiko penyakit kanker pankreas sampai 23 persen. Penelitian dari Cornell University juga menemukan bahwa kandungan zat triterpenoid dalam buah ini juga sanggup mengatasi pertumbuhan sel-sel kanker. Pectin dalam apel merah berperan khusus mencegah kanker di area pencernaan.

5.  Mencegah Diabetes

Buah apel merah yang mengandung pectin akan mengalihkan oksigen bebas menjadi oksigen penting yang berkhasiat sebagai anti inflamasi untuk mencegah diabetes tipe 2. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu buah apel dalam sehari mempunyai 28% kemungkinan lebih baik untuk tidak terkena diabetes tipe 2.

6.  Mencegah Penyerapan Kolesterol Jahat

Satu dari sekian banyak manfaat apel merah yakni mencegah perembesan kolesterol jahat yang sanggup mengakibatkan penyakit jantung dan banyak sekali gangguan kesehatan kompleks. Kolesterol jahat yang masuk ke tubuh akan dicegah masuk ke pembuluh darah oleh serat pectin dalam buah apel merah. Flavonoid dalam buah ini juga akan menghancurkan plak kolesterol dalam pembuluh darah.

7.  Mencegah Gangguan Sistem Pernapasan

Buah apel merah yang kaya polifenol dan fitokimia lainnya juga sanggup mengatasi persoalan jalan masuk pernapasan menyerupai asma. Hal ini telah dibuktikan dengan sebuah penelitian pada 2 orang anak yang mempunyai asma. Anak yang mengonsumsi jus apel secara rutin mempunyai resiko kambuh lebih kecil dibandingkan yang jarang mengonsumsi jus atau air sari apel.

8.  Membantu Proses Detoksifikasi Pada Hati

Toksin yang masuk ke tubuh bersama masakan dan minuman perlu didetoksifikasi di dalam hati. Agar proses detoksifikasi hati menjadi lancar, buah yang kaya nutrisi menyerupai apel merah perlu dikonsumsi secara rutin. Buah apel merah sanggup dimakan bersama kulitnya, sebab justru kulitnya mengandung lebih banyak antioksidan. Namun, lebih baik buah tersebut dicuci higienis dahulu sebelum dimakan.

9.  Menurunkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya yakni sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Serat maupun kalori yang terkandung dalam buah ini merupakan salah satu nutrisi yang akan menciptakan perut terasa kenyang lebih lama. Karena asupan dikurangi, timbunan lemak di area tubuh pun sanggup terolah menjadi energi.

10.  Menjaga Kesehatan Jantung

Karena mengandung fitokimia quercetin, buah apel merupakan buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, khususnya dalam mencegah penggumpalan darah di organ ini. Zat ini juga sanggup menurunkan resiko pembentukan plak pada pembuluh darah yang sering memicu serangan jantung. Anti inflamasi pada buah ini juga berkhasiat untuk gangguan pada dinding arteri.

11.  Mencegah Penuaan Dini

Selain dikonsumsi, apel merah juga dipakai sebagai masker wajah yang sanggup mencegah tanda penuaan dini menyerupai kerut dan keriput. Kandungan nutrisi dari buah ini juga sanggup sekaligus melembabkan kulit. Untuk mendapat manfaat ini, Anda harus mengoleskan buah apel yang telah diparut ke seluruh area wajah selama kurang lebih 20 menit sebelum dibersihkan kembali.

Selain mengatasi tanda penuaan dini pada kulit, buah apel juga sanggup mengatasi tanda penuaan yang terlihat pada rambut menyerupai kerontokan rambut. Nutrisi biotin yang terdapat dalam buah ini merupakan komponen penting untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Nutrisi ini ketika terserap ke rambut akan memperbaiki kualitas rambut yang tumbuh serta mengatasi persoalan menyerupai rambut rontok dan ketombe.

12.  Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat apel merah berikutnya yakni sebagai penyedia nutrisi penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan flavonol yang disebut dengan quercetin dalam apel merah ini akan membentuk sistem pertahanan alami terhadap banyak sekali jenis abses virus dan bakteri. Selain itu, serat dan vitamin C juga secara tidak eksklusif membantu sistem imun tubuh.
13.  Menyehatkan Gigi

Buah apel merah maupun hijau intinya mempunyai manfaat dalam menyehatkan gigi, khususnya dalam mencegah kerusakan pada gigi. Hal ini dikarenakan ketika proses menggigit dan mengunyah apel, sekresi saliva di ekspresi akan meningkat. Karena proses ini, kerusakan gigi sanggup diminimalisir.

14.  Mencegah Katarak

Kandungan vitamin A dalam buah apel merah berkhasiat untuk mencegah gangguan kesehatan yang terjadi pada mata menyerupai katarak. Hal ini sebagaimana hasil sebuah penelitian yang mendapat kesimpulan bahwa orang-orang yang mengonsumsi buah ini dalam jangka waktu usang mempunyai 10-15% kemungkinan lebih baik untuk tidak terkena penyakit katarak.

15.  Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Buah apel merah yang mengandung mineral kalsium juga penting untuk dikonsumsi setiap hari. Kalsium dari buah apel merupakan salah satu sumber kalsium untuk orang yang ingin memperkuat tulang. Dengan asupan kalsium yang cukup, penyakit yang berkaitan dengan kerusakan tulang menyerupai osteoporosis.

Agar mendapat manfaat keseluruhan dari buah ini, Anda harus memastikan untuk mencuci seluruh buah ini selama kurang lebih 10-15 menit sehingga lapisan lilin di penggalan terluar apel hilang. Apabila dimasak untuk dikonsumsi, kandungan polifenol dari buah ini akan hilang. Demikianlah gosip seputar kandungan nutrisi dan manfaat apel merah untuk kesehatan. Semoga gosip ini bermanfaat dan sanggup menambah wawasan Anda.

0 Response to "15 Manfaat Apel Merah Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel