9 Kebiasaan Harian Yang Sanggup Membahayakan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh (immune system) merupakan prosedur pertahanan yang pertama dan utama bagi kesehatan tubuh kita. Ada keterkaitan eksklusif antara sistem imunitas dengan kesehatan tubuh. Semakin besar lengan berkuasa sistem kekebalan tubuh, maka semakin banyak dukungan yang dimiliki dalam menghadapi serangan virus dan penyakit.

 merupakan prosedur pertahanan yang pertama dan utama bagi kesehatan tubuh kita 9 Kebiasaan Harian Yang Dapat Membahayakan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebaliknya bila sistem imunitas lemah maka tubuh lebih gampang lelah, gampang lesu, gampang terkena serangan flu, infeksi, anemia, serta penyembuhan luka pun lambat.

Itulah sebabnya para mahir kesehatan sangat menganjurkan biar kita selalu meningkatkan sistem kekebalan tubuh biar tetap kuat. Menjalankan contoh hidup sehat dan berolahraga sangat penting untuk menjaga biar sistem imunitas tetap berfungsi dengan baik.

Kebiasaan yang sanggup membahayakan sistem kekebalan tubuh

Seiring dengan bertambahnya usia, tahukah Anda bahwa banyak kebiasaan sehari-hari yang sanggup membahayakan sistem kekebalan tubuh ? Sebagian diantaranya malahan mungkin akan menciptakan Anda terkejut bila menyadarinya.

Dan inilah beberapa kebiasaan sehari-hari yang sanggup membahayakan sistem kekebalan tubuh kita .

#1. Bekerja hingga larut malam 

Jika Anda sering kali bekerja hingga larut malam menyerupai ada kiprah kantor, mengerjakan proyek, bahkan sekedar aktifitas begadang main kartu, menonton tv, dll, sanggup menjadikan sistem kekebalan menjadi lemah.

Kebiasaan tidur yang jelek menurunkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi tingkat sel pembunuh untuk melawan kuman.

Saat Anda tidur, sistem kekebalan tubuh melepaskan banyak sekali jenis cytokines yang membantu melindungi tubuh dari benjol dan penyakit. Jika kurang tidur, maka produksi cytokines juga berkurang.

#2. Badan tidak bersih  

Bicara soal sistem kekebalan tubuh yang baik, maka menjaga kebersihan diri sendiri itu harus. Jika Anda masbodoh dengan kebersihan tubuh Anda, maka sistem kekebalan niscaya terancam.

Kebiasaan jorok akan meningkatkan risiko terkena kuman, yang pada gilirannya tubuh jadi rentan terhadap benjol dan penyakit.

Hal-hal ringan menyerupai : menyikat gigi dua kali sehari, basuh tangan sebelum makan, memotong dan membersihkan kuku, mandi tiap hari, cara masak yang higienis, menggunakan pakaian bersih dll sangat membantu dalam meningkatkan sistem imunitas.

#3. Menggunakan objek umum

Di rumah Anda sanggup menjaga kebersihan rumah dan isinya secara maksimal. Tapi bila di luar rumah Anda mungkin terpaksa bersentuhan atau menggunakan kemudahan umum yang kebersihannya diragukan. Misalnya toilet umum, gagang pintu, buku sajian restoran, kereta dorong super market, ballpoint di bank. Barang-barang tersebut sanggup menjadi mediator yang menyalurkan virus dan basil dari orang ke orang.

Sebaiknya hindari penggunaan barang milik orang lain. Hindari juga menyentuh benda-benda publik. Bawalah pulpen, kertas tissue, botol air, dll ketika bepergian keluar rumah.

#4. Terlalu banyak konsumsi gula

Jika Anda sering mengkonsumsi masakan yang manis, maka sistem kekebalan tubuh Anda bisa melemah.

Gula akan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman. Gula mencegah vitamin C masuk ke dalam sel darah putih, sehingga kekebalan tubuh melemah.

Jika Anda ingin makan sesuatu yang manis, lebih baik pilih buah menyerupai jeruk, apel, mangga, kiwi, semangka, stroberi dll yang mengandung gula alami. Vitamin C dalam buah ini juga akan membantu sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik.

#5. Kurang minum air putih

Tubuh insan sebagian besar terdiri dari air. Dan bila seseorang tidak cukup minum untuk memenuhi kebutuhannya, itu niscaya akan mensugesti sistem kekebalan tubuhnya. Hidrasi yang sempurna sangat penting untuk kekebalan tubuh yang kuat.

Kebutuhan air minum yang sehat ialah sekitar 8 hingga 10 gelas air per hari. Namun, jumlah air yang diharapkan seseorang untuk minum mungkin bergantung pada iklim di mana ia tinggal, aktifitas fisik, dan kondisi kesehatan masing-masing.

Yang penting seberapapun sibuk Anda bekerja, jangan lupa untuk minum air putih.

#6. Suka minuman beralkohol 

Kebiasaan minum minuman beralkohol cepat atau lambat akan membahayakan sistem kekebalan.

Minum alkohol terlalu banyak akan melemahkan atau membunuh beberapa sel antibodi yang diharapkan untuk menghancurkan sel yang terinfeksi virus. Konsumsi alkohol berlebih juga menghambat produksi sel darah putih dan merah, yang melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dari waktu ke waktu.

Minuman beralkohol sangat berdampak jelek bagi kesehatan, lantaran alkohol menghambat kemampuan tubuh menyerap nutrisi penting, yang sanggup menjadikan defisiensi.

#7. Berada diantara para perokok 

Merokok sangat membahayakan kesehatan. Itu sudah jelas, semua orang tahu. Tapi tak banyak yang menyadari bahwa paparan asap rokok ternyata juga jelek bagi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.

Paparan asap rokok bisa menciptakan Anda lebih rentan terkena benjol pernafasan, asma, alergi bahkan kanker paru-paru.

Jangan biarkan diri anda menjadi perokok pasif. Jauhilah asap rokok sebisa mungkin.

Hindari menghabiskan waktu dengan orang yang merokok. Hindari daerah umum yang mengizinkan orang merokok, menyerupai restoran, bus, hotel dll. Pilih daerah umum yang secara terang mencantumkan peringatan “Dilarang Merokok”.

#8. Suka makan junk food

Junk food rasanya yummy dan gampang didapat. Tapi makan junk food secara berlebihan bisa berdampak jelek bagi sistem imunitas.

Junk food mengandung banyak lemak. Dan mengonsumsi lemak berlebih merupakan penyebab utama obesitas. Kebanyakan lemak jenuh sanggup membahayakan sistem kekebalan tubuh bahkan sebelum penambahan berat tubuh mulai terlihat.

Terlebih lagi obesitas sanggup mensugesti kemampuan sel darah putih untuk berkembang biak dan menghasilkan antibodi, sehingga menciptakan tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

Baca juga : 10 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Yang Ingin Sehat Wajib Baca

#9. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein 

Terlalu banyak minum kopi dan minuman berkafein lainnya juga tidak baik bagi kekebalan tubuh. Kafein yang berlebihan merangsang sistem saraf dengan meningkatkan level stres di tubuh. Tingkat stres yang tinggi menjadikan pelepasan hormon stres menyerupai kortisol.

Kortisol dikenal sanggup menekan sistem kekebalan tubuh, dan menciptakan tubuh lebih rentan terhadap benjol dan problem kesehatan lainnya. Kortisol yang tinggi juga terkait dengan problem kesehatan jantung, gula darah dan kolesterol tinggi.

Sejatinya, bila diminum secukupnya, kopi mempunyai banyak manfaat. Tapi jangan minum kopi berlebihan. Batasi maksimal hanya 1 – 2 cangkir kopi sehari.

0 Response to "9 Kebiasaan Harian Yang Sanggup Membahayakan Sistem Kekebalan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel