Ini Ia 15 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Leci merupakan buah yang masih satu keluarga dengan buah kiwi. Buah ini mempunyai 2 varian, yaitu merah dan hijau. Buah yang mempunyai banyak sebutan ini mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini ada beberapa gosip menarik seputar kandungan serta manfaat buah leci yang bisa Anda simak.


Kandungan Nutrisi Buah Leci


 Leci merupakan buah yang masih satu keluarga dengan buah kiwi Ini Dia 15 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan ini mengandung nutrisi yang mempunyai kegunaan bagi tubuh. Nutrisi yang mendominasi dalam 100 gram buah leci antara lain, yaitu:

1.  Potasium

Potasium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Dalam 100 gram buah leci segar, terdapat 4% atau setara 171 mg potasium. Sementara itu, pada buah leci kering, terdapat 31% potasium atau setara dengan 1110 mg potasium.

2.  Karbohidrat

Karbohidrat total dalam 100 gram leci segar yakni 7 gram. Sedangkan karbohidrat total dalam leci kering yakni 71 gram atau sekitar 23%. Karbohidrat total tersebut terdiri dari serat dan gula. Buah leci kering mempunyai kandungan serat dan gula lebih banyak, yaitu 13% lebih banyak dari buah leci segar.

3.  Vitamin C

Selain buah kesemek, buah yang mengandung banyak vitamin C yakni leci. Vitamin C dalam buah leci segar yakni sekitar 119%, sementara vitamin C dalam buah leci kering yakni sekitar 305% setiap 100 gramnya. Selain vitamin C, buah leci juga mengandung vitamin B-6, zat besi, magnesium dan kalsium.


Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan dan Kecantikan


 Leci merupakan buah yang masih satu keluarga dengan buah kiwi Ini Dia 15 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ada banyak manfaat buah leci yang bisa Anda dapatkan, jikalau Anda rutin mengonsumsi buah leci dengan porsi secukupnya. Manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi buah leci antara lain sebagai berikut.

1.  Sebagai Sumber Alami Pencegahan Kanker

Manfaat buah leci untuk kesehatan yang pertama yakni sebagai sumber alami anti kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa buah ini mengandung antioksidan dan flavonoid yang berperan aktif untuk memerangi sel kanker payudara. Anda bisa rajin mengonsumsi jus atau ekstrak leci, jikalau tidak ingin terkena penyakit kanker.

2.  Menyehatkan Jantung

Leci juga mengandung senyawa oligonol yang mempunyai kegunaan untuk memproduksi oksida nitrat. Hasil produksi tersebut berguna untuk memperluas pembuluh darah sehingga tekanan jantung bisa lebih ringan. Jantung yang bekerja secara tidak berlebihan pun bisa lebih terjaga kesehatannya.

3.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat buah leci bagi kesehatan yang penting untuk diketahui oleh mereka yang sedang obesitas yakni khasiat leci untuk membantu menurunkan berat badan. Kalori yang rendah dalam leci cukup bagus untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang melaksanakan diet rendah kalori. Daripada memakan snack roti dari tepung putih, akan lebih baik jikalau memakan beberapa butir buah leci yang kaya akan air dan serat ini.

4.  Menghambat Tanda-Tanda Penuaan

Manfaat buah leci untuk kecantikan yakni mencegah serta menghambat gejala penuaan dini menyerupai keriput yang sering dirisaukan banyak wanita. Zat antioksidan yang terdapat dalam buah leci sanggup mengikat radikal bebas yang berpotensi merusak kulit. Untuk mendapat manfaat ini, Anda sanggup mengambil daging buah leci dan mencampurnya dengan pisang matang untuk dioleskan pada wajah sebagai masker.

5.  Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat buah leci untuk kecantikan yang masih terkait dengan kulit yakni khasiat buah leci untuk mencerahkan kulit. Vitamin C yang terkandung dalam leci bisa menciptakan kulit Anda terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

6.  Sebagai Anti Inflamasi

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam buah leci sanggup berperan sebagai biro anti inflamasi. Anda yang sering mengonsumsi buah kaya flavonoid ini tidak akan gampang mengalami duduk kasus peradangan tanggapan acara tertentu menyerupai olahraga berat.

7.  Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Cuaca yang tidak menentu membuat  tubuh riskan terhadap aneka macam penyakit menyerupai batuk, filek, flu, dan sebagainya. Anda yag tidak ingin mengambil resiko terkena penyakit musiman ini sanggup memperkuat kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi buah leci. Vitamin C dalam buah leci sanggup memperkuat sistem imun dari gempuran penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi

8.  Mengatur Tekanan Darah

Manfaat buah leci yang terkait dengan tekanan darah yakni khasiat buah leci untuk menyeimbangkan kadar potasium dan natrium dalam darah sehingga tekanan darah bisa tetap normal. Potasium dalam buah ini juga sekaligus sanggup merilekskan pembuluh darah.

9.  Membantu Kesehatan Rambut

Ada manfaat buah leci untuk kesehatan rambut yang perlu Anda ketahui. Apabila ada sebagian diantara Anda yang mengalami duduk kasus kerontokan rambut tanggapan stress maupun polusi, Anda bisa mengambil beberapa sari buah leci yang lalu dicampur dengan aloe vera untuk dioleskan di kulit kepala. Tembaga yang terdapat dalam leci sanggup merangsang folikel rambut semoga rambut gres cepat tumbuh.

10.  Mencegah Anemia

Konsumsi buah leci sangat direkomendasikan untuk mereka yang rentan terkena anemia. Zat tembaga yang terdapat dalam buah ini sanggup membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah orang yang mengonsumsinya.

11.  Memperkuat Tulang

Senyawa penting yang terdapat dalam buah leci menyerupai fosfor, tembaga, zat besi, magnesium, mangan dan masih banyak lagi merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Mineral tersebut berperan aktif dalam membantu perembesan kalsium yang berguna untuk memperkuat tulang.

12.  Mengobati Gangguan Kulit Akibat Radiasi Sinar Matahari

Satu lagi manfaat buah leci untuk kecantikan yakni mengatasi gangguan kulit dari radiasi sinar matahari langsung. Wanita yang mempunyai kulit kemerahan, lecet serta iritasi lainnya sanggup mengembalikan kecantikan kulit mereka dengan memanfaatkan buah leci yang kaya vitamin C dengan sumber vitamin E. Leci dan kapsul vitamin E yang dioleskan pada kulit yang kemerahan mempunyai imbas pengobatan yang cukup efektif untuk dicoba.

13.  Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah leci bagi kesehatan yang juga perlu Anda ketahui yakni menyehatkan sistem pencernaan sekaligus mengatasi gangguan pencernaan menyerupai sembelit. Sakit perut sanggup diatasi dengan konsumsi leci lantaran kandungan air dalam leci mempunyai sifat merilekskan perut. Selain itu, serat dalam leci juga sanggup membantu orang yang sembelit semoga sistem pencernaannya kembali lancar.

Simak juga: Manfaat Buah Kesemek

14.  Mencegah Gangguan Katarak

Beberapa penelitian menemukan bahwa buah leci juga mengandung zat yang sanggup menurunkan resiko penyakit katarak. Hal ini lantaran adanya zat fitokimia yang bersifat antineoplastik. Zat tersebut bisa mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel-sel asing penyebab katarak.

15.  Mengatasi Influenza

Manfaat buah leci untuk kesehatan yang terakhir dalam pembahasan ini yakni khasiat leci untuk mengatasi influenza. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini sanggup diatasi dengan buah leci. Kandungan oligonol dalam buah leci mempunyai kegunaan untuk mematikan perkembangbiakan virus influenza tersebut.

Demikian beberapa manfaat buah leci yang bisa Anda dapatkan jikalau mengonsumsi buah ini. Namun, bijaklah dalam mengonsumsi buah yang satu ini, lantaran pada orang tertentu bisa mengakibatkan alergi, bisul atau gangguan keseimbangan hormone. Dan akan lebih baik apabila Anda mengonsumsi buah ini dengan pengawasan dokter ahli.

0 Response to "Ini Ia 15 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel