Manfaat Buah Durian Dan Pengaruh Sampingnya Untuk Kesehatan

Durian yaitu buah tropis yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan juga aromanya yang harum yaitu daya tarik dari buah ini. Selain itu, ada banyak sekali manfaat buah durian yang bisa diperoleh dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Daging buahnya mempunyai tekstur yang lembut, harum dan juga lezat.

Saking enaknya, buah ini dikenal dengan nama King of Fruit pada aneka macam negara. Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif mengekspor buah durian berkualitas terbaik ke mancanegara. Untuk bisa menghasilkan buah, waktu yang diharapkan untuk pohon durian yaitu 4 hingga dengan lima tahun sehabis penanaman. Termasuk buah musiman menciptakan durian begitu diburu saat sudah memasuki masa panen.


Kandungan Nutrisi Buah Durian


Selain mempunyai cita rasa yang menggiurkan, buah durian mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya yaitu karbohidrat, protein, vitamin B,C, lemak tak jenuh, magnesium,     fosfor, kalium, thiamin, polyfenhol, omega 3 dan 6 serta antioksidan. Selain itu, daging buah durian juga mengandung mineral yang melimpah diantaranya yaitu asam amino triptofan, potasium, asam pantotenat, asam folat, riboflavin, thiamin dan niacin. Melihat banyaknya kandunganya tersebut, tak heran bila ada banyak sekali manfaat buah durian.

Meskipun demikian, mengonsumsi buah durian secara tidak benar bisa mengakibatkan imbas samping. Karena ada beberapa kandungan yang terkandung sehingga bisa menimbulkan imbas samping. Sebelum membahas mengenai imbas sampingnya, berikut ini yaitu beberapa manfaat dari buah durian bagi kesehatan badan manusia.


17 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan


 Durian yaitu buah tropis yang banyak disukai masyarakat Indonesia Manfaat Buah Durian dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

1.  Menyehatkan Tulang dan Persendian

Manfaat yang pertama yaitu menyehatkan tulang dan juga persendian. Pasalnya, buah durian mengandung kalsium dan potasium yang tinggi. Dimana kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan persendian menyerupai ruas jari, lutut dan juga kesehatan tulang.

2.  Menstabilkan Darah

Manfaat selanjutnya yaitu mengatur kestabilan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mangan yang tinggi dalam buah durian. Walaupun begitu, mengonsumsi buah ini dalam takaran yang tinggi tidak baik untuk Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi.

3.  Menjaga Kesehatan Tiroid

Manfaat dari daging durian selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tiroid. Hal ini sangat masuk akal mengingat durian mengandung tembaga yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tiroid.

4.  Mencegah Migrain

Bagi Anda yang seringkali migrain bisa mencoba untuk mengonsumsi buah durian dalam takaran yang tidak berlebihan. Pasalnya, durian mengandung vitamin B2 dan juga senyawa iboflavin yang sangat bermanaat untuk mencegah sakit kepala sebelah atau migrain.

5.  Menjaga Nafsu Makan

Untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, Anda bisa mencoba memberi mereka buah durian matang. Hal ini dikarenakan buah ini bayak mengandung vitamin B1 yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga nafsu makan.

6.  Mengatasi Depresi

Pernah mendengar bahwa buah durian bisa mengatasi stress atau depresi? Informasi tersebut tidaklah salah alasannya yaitu di dalam buah ini memang terkandung piridoksin dan vitamin B6 yang sanggup menenangkan saraf-saraf tubuh. Apalagi, rasanya yang enak dan juga lembut akan menciptakan siapa saja yang memakannya merasa nyaman.

7.  Menjaga Kesehatan Gigi dan Juga Mulut

Buah durian juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan verbal dan gigi. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan posfor di dalam buah ini. Tak hanya itu, kandungan kalium yang ada pada buah durian juga menguatkan gigi.
8.  Mengatasi Penyakit Anemia

Manfaat buah durian selanjutnya yaitu mengatasi penyakit anemia. Buah ini mengandung vitamin B9 dan asam folat yang tinggi. Dimana kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menghasilkan sel darah merah yang dibutuhkan oleh penderita anemia. Dengan begitu, kekurangan darah pada penderita anemia bisa diatasi.

9.  Melancarkan Pencernaan

Buah durian mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Daging durian juga bisa mengatasi dilema sembelit atau buang air besar yang tidak lancar.

10.  Menjaga Kesehatan Kulit

Durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan tersebut tentunya menjadikan buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah durian juga menciptakan buah ini bisa mencegah proses penuaan dini.

11.  Sumber Energi

Dalam 100 g daging durian, setidaknya terkandung 147. Jumlah kalori tersebut tentu terbilang tinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan jenis lainnya. Durian mengandung gula alami menyerupai sukrosa dan fruktosa yang sangat gampang dicerna dalam badan sehingga bisa dijadikan sebagai sumber energi terbaik. Kandungan potasium yang terdapat dalam buah ini juga berfungsi untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh.

12.  Mengatasi Insomnia

Buah durian juga bermanfaat untuk mengatasi insomnia atau insomnia di malam hari. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa asam amino dan triptofan yang bermanfaat untuk merangsang rasa kantuk insan secara alami. Kandungan triptofan yang masuk ke dalam otak akan diubah bentuknya menjadi serotonin sehingga menimbulkan imbas senang dan rileks. Bahkan banyak penelitian yang menjelaskan bahwa triptofan sangat efektif untuk mengatasi insomia, stress, dilema kecemasan dan depresi.

13.  Menyehatkan Sistem Kardiovaskular

Durian mengandung lemak mono yang bersifat tak jenuh dan sangat sehat untuk jantung. Kandungan ini bahkan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Apalagi, durian juga mengandung serat pangan yang tinggi. Dimana kandungan tersebut sanggup mengurangi serta mengeluarkan kolesterol jahat (LDL) dalam badan sebelum berbentuk plak di pecahan arteri.

14.  Mencegah Kanker

Manfaat dari buah durian selanjutnya yaitu mencegah risiko kanker pada tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini yang berperan sebagai senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan ini berfungsi untuk mengurangi tekanan oksidatif dalam badan yang bisa merusak DNA sebagai penyebab penyakit kanker. Tak hanya itu, vitamin C dalam buah durian juga bisa meningkatkan sistem imun badan sehingga terhindar dari aneka macam macam penyakit.

15.  Menurunkan Berat Badan

Durian juga bisa membantu Anda yang sedang menjalani acara diet. Pasalnya, buah ini mengandung serat pangan yang tinggi, kaya vitamin serta mineral, bersifat non kolesterol dan mempunyai kandungan air yang tinggi. Sama halnya dengan alpukat yang mempunyai lemak sehat, Anda juga bisa menjadikan durian sebagai sumber energi dalam menjalani acara sehingga mengonsumsi karbohidrat menyerupai nasi bisa dikurangi. Meskipun demikian, mengonsumsi buah durian secara berlebihan tetap tidak dianjurkan.
16.  Afrodisiak Alami

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para hebat kepada tikus percobaan yang diberikan ekstrak durian selama beberapa waktu, terlihat perbedaan bahwa ternyata durian bisa meningkakan libido dan juga sperma. Para peneliti beropini bahwa hal ini dikarenakan adanya kandungan sterol, konsentrasi glikosit, flavanoid, dan saponin yang tinggi di dalam buah ini. Sebelum dilakukan penelitian tersebut, masyarakat tradisional bahkan sudah mempercayai bahwa durian bisa dijadikan sebagai afrodisiak alami.

17.  Meredakan Batuk

Selain dagingnya, pecahan dari buah durian yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu kulitnya. Berdasakan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ekstrak dari kulit durian mengandung senyawa yang bersifat analgesik dan antibiotik. Dimana kandungan tersebut berfungsi sebagai obat pereda nyeri herbal dan meredakan batuk.


5 Efek Samping Buah Durian yang Perlu Anda Ketahui


Buah durian mempunyai rasa yang sangat nikmat dan mengandung nutrisi yang tinggi. Tapi pada kenyataannya, ada banyak penelitian yang menyebutkan imbas samping dalam mengonsumsi buah durian. Terutama pada penderita penyakit tertentu, dimana mereka sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian, alasannya yaitu kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini yaitu beberapa imbas samping buah durian yang perlu Anda ketahui.

1.  Menyebabkan Keguguran

Bagi Anda yang sedang hamil, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah durian. Terutama untuk ibu hamil yang usia kandungannya masih sangat muda. Karena bisa mengakibatkan keguguran pada janin. Setidaknya ada banyak alasan mengapa buah durian tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Salah satunya yaitu alasannya yaitu imbas panas yang dimiliki durian. Dimana janin tidak akan sanggup untuk menahan imbas panas tersebut. Selain itu, imbas panas tersebut mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi menyerupai pada buah nanas, tape dan juga nangka. Makara untuk perempuan hamil sebaiknya menghindari masakan menyerupai durian, nanas, tape dan juga nangka.

2.  Meningkatkan Kadar Gula Dalam Darah

Efek samping selanjutnya yaitu meningkatkan kadar gula dalam darah lebih cepat dibandingkan dengan gula pasir. Oleh alasannya yaitu itu, penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah durian. Bagi yang normal sekalipun, dihentikan mengonsumsi buah ini secara berlebihan, alasannya yaitu akan memicu risiko terkena diabetes. Hal tersebut masuk akal mengingat buah durian memang mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi.

3.  Membahayakan Jantung

Efek samping yang juga akan muncul saat Anda memakannya bersama dengan alkohol. Apalagi buah durian juga menawarkan imbas panas yang mengandung alkohol sehingga sangat berbahaya bila dikombinasikan dengan minuman alkohol. Selain itu, kandungan kolesterol dan alkohol yang ada dalam buah durian juga membahayakan kesehatan jantung.

Sekedar informasi, alkohol dalam buah durian yang dipadukan dengan minuman beralkohol akan menghasilkan sulfur atau sulfur. Jika sulfur tersebut masuk ke dalam badan insan dalam jumlah yang banyak maka akan mengakibatkan kematian. Pasalnya sulfur yaitu zat yang sangat tidak diperbolehkan masuk ke dalam badan manusia.

4.  Hipertensi

Sama halnya dengan penderita penyakit jantung, orang yang mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi juga diusahakan untuk tidak mengonsumsi buah durian secara berlebihan. Pasalnya penderita hipertensi biasanya berkaitan dengan komplikasi penyakit jantung. Dalam buah durian, terkandung alkohol yang bisa menaikkan tekanan darah.

Tekanan darah yang semakin tinggi akan memicu jantung berdetak lebih cepat sehingga mengakibatkan terjadinya serangan jantung. Jika serangan jantung dan hipertensi tiba secara bersamaan, maka imbas terburuk yang bisa terjadi yaitu kematian. Sehingga tak heran bila penderita hipertensi sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian.

5.  Mengganggu Kesehatan Ginjal

Efek samping buah durian yang terakhir yaitu mengganggu kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan adanya kandungan methanol, ethyl metacrylate dan ethanol dalam buah ini yang sifatnya tidak baik untuk kesehatan ginjal.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat buah durian dan imbas sampingnya untuk kesehatan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

0 Response to "Manfaat Buah Durian Dan Pengaruh Sampingnya Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel