45 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buah naga menjadi salah satu buah favorit keluarga Indonesia. Buah ini sudah sangat terkenal di tengah-tengah masyarakat. Buah naga sendiri bukan merupakan buah lokal Indonesia, meskipun begitu keberadaannya di Indonesia sengaja dihadirkan dan dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Buah naga berasal dari negeri Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika pecahan Selatan. Buah ini pun dibudidayakan hampir di seluruh dunia termasuk di Asia ibarat di Indonesia, Filipina, Malaysia, Taiwan, Cina dan Vietnam. Bahkan, di Cina buah ini dipercaya sebagai salah satu buah pembawa berkah.

Buah naga merupakan buah dari tumbuhan sejenis kaktus yang mempunyai nama Hylocereus dan juga Selenicereus. Di Indonesia, terdapat dua jenis buah naga, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Buah naga merah mengacu kepada daging buah naga yang mempunyai warna merah pekat keunguan dan buah naga putih mengacu pada buah dengan daging berwarna putih. Manfaat buah naga merah dan putih hampir sama.


Kandungan Nutrisi Buah Naga


Dalam sekitar 100 gram buah naga, terkandung nutrisi yang sangat banyak, yaitu 60 kkal kalori, 0.71 serat, 0.53 gr protein, 11.5 gr karbohidrat, 0.65 mg zat besi,  134.5 mg kalsium, 9.4 vitamin C, 87 mg fosfor dan kadar air buah naga mencapai 90% serta masih banyak lagi kandungan dari buah dengan rasa manis ini.

Agar kita lebih mengetahui manfaat dari buah naga, pada ulasan berikut ini akan dijelaskan beberapa kandungan buah ini secara detail. Simak ulasannya berikut ini.

1.  Mengandung Banyak Vitamin

  • Vitamin C. Meskipun tidak mempunyai rasa masam yang menyengat, buah ini ternyata juga mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Di dalam satu buah naga terkandung vitamin C yang sanggup memenuhi kebutuhan vitamin C harian, bahkan 10 kali lebih banyak dari jumlah yang diharuskan. Dengan demikian, daya tahan tubuh akan tetap terjaga.
  • Vitamin B1. Vitamin B1 atau Thiamine merupakan vitamin yang sangat diharapkan oleh tubuh. Di dalam buah naga, jumlah kandungan vitamin B1 juga sangat banyak. Jika selama ini Anda mengonsumsi roti gandum untuk sarapan, Anda bisa mulai menggantinya dengan buah naga yang juga sama-sama mempunyai kandungan vitamin B1 yang tinggi. Dengan begitu, sarapan Anda akan lebih sehat.
  • Vitamin B3. Vitamin B3 atau niasin merupakan nutrisi yang mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat dalam tubuh. Oleh lantaran itu, buah naga sangat disarankan untuk siapa pun yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi. Dengan rutin mengonsumsi buah naga, kolesterol Anda akan turun dan menjadi normal.
  • Vitamin B12. Vitamin B12 atau riboflavin mempunyai manfaat untuk menjaga sistem saraf biar tetap sehat dan juga melancarkan proses pembentukan DNA. Tak hanya itu, vitamin B12 juga sangat bermanfaat untuk mengatur pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Di dalam buah naga juga terkandung vitamin B12.

2.  Serat

Di dalam buah naga juga terkandung nutrisi serat yang cukup tinggi. Serat sangat bermanfaat untuk tubuh terutama dalam menjaga proses pencernaan biar tetap lancar.

3.  Mineral

Dalam buah naga, mineral yang terkandung ialah fosfor dan kalsium. Dua mineral ini tentu mempunyai manfaat yang berbeda. Persamaannya ialah keduanya mempunyai kandungan manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan saraf.

4.  Protein

Gizi penting yang diharapkan tubuh salah satunya ialah protein. Protein sangat berperan dalam hal membangun dan juga mendorong proses  metabolisme tubuh. Tubuh bisa membentuk protein secara berdikari di dalam tubuh. Akan tetapi, tubuh tetap membutuhkan asupan protein dari luar tubuh dan ini bisa didapatkan dari buah naga.

5.  Karbohidrat

Buah naga juga mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat sendiri merupakan sumber energi yang diharapkan oleh tubuh. Bagi Anda yang sedang diet, Anda disarankan untuk mengontrol konsumsi karbohidrat. Untuk pengganti karbohidrat nasi, Anda bisa memakai buah naga.


10 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan yang Sangat Penting


 Buah naga menjadi salah satu buah favorit keluarga Indonesia 45 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1.  Menurunkan Kolesterol

Kandungan nutrisi yang cukup tinggi dalam buah naga ialah vitamin B3. Vitamin ini sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh lantaran itu, buah ini sangat diharapkan bagi penderita kolesterol.

2.  Memperkuat Tulang dan Gigi

Di dalam buah naga terdapat kandungan kalsium dan fosfor. Dua mineral ini sangat penting dalam proses pembentukan tulang. Dengan mengonsumsi buah naga, kesehatan tulang dan gigi akan tetap terjaga.

3.  Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang paling banyak ditakuti oleh semua orang. Akan tetapi, masyarakat modern  lebih terancam terkena penyakit ini. Sebagai pencegahan, Anda bisa memakai buah naga untuk konsumsi sehari-hari.

4.  Melancarkan Buang Air Besar

Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga sanggup melancarkan proses pencernaan. Oleh lantaran itu, buang air besar pun bisa rutin dilakukan setiap hari.

5.  Menambah Nafsu Makan

Mengonsumsi buah ini juga sanggup memicu bertambahnya nafsu makan, khususnya bagi anak-anak.

6.  Memperbanyak Energi

Buah naga juga sanggup meningkatkan energi tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan karbohidrat dalam buah naga.

7.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin C yang tinggi bisa menciptakan tubuh tahan terhadap gangguan kesehatan dari luar tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga ketika Anda mengonsumsi buah naga secara teratur.

8.  Mencegah Diabetes

Buah naga bermanfaat untuk mencegah diabetes melitus. Kandungan nutrisi dalam buah ini sanggup menekan pertumbuhan sel jahat tanggapan contoh hidup yang tidak sehat. Kadar gula dalam darah pun akan diatur sesuai dengan kebutuhan tubuh.

9.  Meringankan Batuk dan Asma

Cuaca yang tidak menentu ibarat kini ini sanggup menciptakan tubuh rentan terkena gangguan ibarat batuk dan asma. Gangguan kecil ibarat ini tentu sanggup mengganggu acara Anda. Anda perlu mengonsumsi buah naga yang kaya vitamin C untuk meringankan gangguan batuk dan asma.

10.  Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Buah naga mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk proses pembentukan sel darah merah.


20 Manfaat Buah Naga Untuk Konsumsi Sehari-hari


 Buah naga menjadi salah satu buah favorit keluarga Indonesia 45 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengonsumsi buah naga secara rutin setiap hari juga akan memperlihatkan manfaat yang baik. Berikut ini ialah 20 manfaat pelengkap ketika Anda mengonsumsi buah naga secara rutin setiap harinya.

  1. Sangat baik untuk membersihkan usus
  2. Membuat tubuh tidak gampang kram
  3. Mencegah peradangan
  4. Mencegah tulang keropos
  5. Menjaga ion dalam tubuh
  6. Meningkatkan stamina dan juga daya tahan tubuh
  7. Menjaga kesehatan syaraf
  8. Mencegah kelumpuhan otot
  9. Baik untuk para manula
  10. Dapat dijadikan sebagai materi pewarna yang alami
  11. Menjaga kelembapan kulit
  12. Meningkatkan ASI
  13. Mengobati sariawan dan panas dalam
  14. Meningkatkan sistem peredaran darah
  15. Mengatasi gangguan tenggorokan kering
  16. Menjaga usus dari basil jahat
  17. Sumber energi dalam tubuh
  18. Menjaga kesehatan gigi
  19. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh
  20. Mencegah penuaan dini 


10 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan


 Buah naga menjadi salah satu buah favorit keluarga Indonesia 45 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, buah naga juga mempunyai manfaat untuk menjaga kecantikan dan kelembutan kulit. Manfaat buah naga untuk kecantikan sangat penting bagi seorang wanita. Tak perlu perawatan salon yang mahal, dengan mengetahui manfaat buah ini, Anda bisa tetap bagus tetapi tidak mahal. Berikut uraian lengkapnya:

1.  Menjaga Kelembapan Kulit dan Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah dan buah naga putih sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kehalusan banyak sekali jenis kulit. Dengan kulit yang lembut dan mulus, kecantikan diri Anda niscaya akan lebih terpancar. Untuk memperoleh manfaat yang satu ini Anda sanggup melaksanakan cara berikut ini.

  • Siapkan satu buah naga berukuran sedang dan basuh hingga bersih.
  • Blender buah naga hingga halus.
  • Setelah itu, saring jus tersebut dan buang ampasnya. Gunakan ramuan ini untuk masker kulit dan wajah. Oleskan secara merata ke tubuh Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, perawatan dengan buah naga ini bisa dilakukan selama satu ahad sekali.

2.  Mencegah Penuaan Dini

Selain sanggup melembabkan sekaligus menghaluskan kulit, buah naga juga mempunyai manfaat untuk mencegah penuaan dini. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin E yang terdapat pada buah naga. Vitamin E dan beta karoten sangat bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel jahat yang sanggup menyebabkan penuaan dini.

Hal ini bisa diperoleh dengan menciptakan masker buah naga. Caranya kurang lebih sama ibarat yang telah dijelaskan di atas. Anda cukup menghaluskan satu buah naga dengan satu sendok yogurt. Gunakan masker ini untuk wajah dan leher, diamkan selama 30 menit biar kandungan nutrisi sanggup diserap tubuh, kemudian bilas dengan air bersih.

3.  Mengobati Luka Bakar

Luka bakar menjadi luka yang paling berpotensi meninggalkan belang yang susah hilang. Gunakan saja buah naga merah untuk mengobati luka bakar. Caranya, peras buah naga dan ambil airnya, tambahkan satu sendok madu dan satu sendok air, kemudian aduk hingga merata. Oleskan ramuan ini pada kulit yang terkena luka bakar.

4.  Mengembalikan Warna Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari sanggup menyebabkan kulit berwarna lebih gelap. Untuk mengembalikan warna kulit yang terbakar sinar matahari Anda sanggup memanfaatkan buah naga. Caranya sangat mudah, haluskan buah naga, kemudian oleskan ke pecahan tubuh yang terbakar sinar matahari.

5.  Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari yang terlalu menyengat sangat tidak baik untuk kulit Anda. Oleh lantaran itu, setiap keluar rumah sebaiknya Anda mengoleskan masker buah naga pada area kulit dan wajah.

6.  Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Bagi Anda yang mempunyai gangguan wajah ibarat banyaknya abses dan komedo, Anda sanggup memanfaatkan khasiat dari buah naga. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menciptakan masker alami dari buah naga. Setelah itu, oleskan pada wajah selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Jika dipakai secara rutin, gangguan abses dan komedo pada wajah akan perlahan-lahan menghilang.

7.  Membantu Proses Regenerasi Kulit

Kulit membutuhkan regenerasi demi menjaga keremajaannya. Proses regenerasi kulit ini bahu-membahu bisa dilakukan sendiri oleh tubuh. Akan tetapi, proses regenerasi ini akan lebih optimal kalau menerima donasi dari faktor luar.

Untuk mendukung proses regenerasi kulit baru, Anda membutuhkan buah naga. Manfaat buah berwarna merah ini salah satunya ialah untuk meregenerasi sel-sel kulit mati sehingga Anda terhindar dari flek hitam tanggapan abses atau luka.

8.  Menurunkan Berat Badan

Bagi seorang perempuan yang sangat peduli dengan kecantikan tubuh, mempunyai tubuh yang berlebih tentu sangat mengganggu. Buah naga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Cukup mengonsumsi buah naga ketika sarapan akan menciptakan Anda merasa kenyang hingga makan siang datang.

9.  Sangai Baik Untuk Proses Detoksifikasi Tubuh

Proses detoksifikasi yang tidak tepat tentu akan menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan, salah satunya akan menghipnotis kesehatan kulit. Oleh lantaran itu, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah naga untuk memperlancar proses detoksifikasi tubuh.

10.  Mencerahkan Kulit Secara Alami

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah naga sanggup mencerahkan kulit secara berkala. Manfaat buah kaktus khusus ini bisa diperoleh dengan menciptakan masker wajah. Gunakan masker ini secara rutin supaya kulit wajah tampak lebih cerah dan bersih.

Manfaat buah ini sangat besar ibarat yang telah dijelaskan di atas. Tak heran kalau banyak orang menganggap buah ini sebagai salah satu buah yang istimewa. Selain sangat bermanfaat, buah ini juga tergolong sebagai buah yang tidak mahal. Saat animo panen, bahkan harga buah naga ini bisa sangat murah.

Uraian di atas telah menjelaskan sedikitnya 40 manfaat buah naga yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan. Masih adakah manfaat lain yang dimiliki oleh buah ini? Ya, masih ada lima manfaat pelengkap yang ada pada buah naga selain yang telah dijelaskan di atas, diantaranya yaitu:

  1. Aktif mencegah dan mengobati penyakit jantung
  2. Menjaga kesehatan janin bagi perempuan hamil
  3. Penangkal radikal bebas
  4. Baik untuk kesehatan mata
  5. Mencegah naiknya tekanan darah 

Bagaimana lengkap sekali bukan manfaat dari buah yang satu ini? Oleh lantaran itu, tak ada salahnya kalau Anda menyimpan persediaan buah ini di dalam kulkas. Dengan demikian, setiap hari Anda bisa mengonsumsi buah yang sangat bermanfaat ini.

0 Response to "45 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel