14 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buah duku merupakan salah satu anggota suku Meliaceae. Buah ini dibudidayakan di banyak daerah di Asia Tenggara. Makara tidak hanya di Indonesia, buah ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia Tenggara. Keunggulannya ialah harganya yang relatif terjangkau dan cukup gampang dibudidayakan. Meskipun ada kepingan buah yang terasa pahit, namun ternyata kepingan yang pahit tersebut sanggup menjadi obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kira-kira apa saja ya kandungan nutrisi dan manfaat buah duku ini? Berikut uraian lengkapnya.


Kandungan Nutrisi Buah Duku


Buah duku atau yang dalam bahasa latin disebut dengan Lansium Paraciticum ini mengandung banyak nutrisi penting dalam daging buahnya. Oleh sebab itu, tidak heran jikalau ada banyak manfaat dari buah yang satu ini. Beberapa nutrisi dalam 100 gram buah duku diantaranya ialah sebagai berikut.

1.  Vitamin

Buah duku didominasi oleh vitamin yang bermacam-macam menyerupai vitamin A, C, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), dan sebagainya. Walaupun masing-masing vitamin tersebut dalam jumlah kecil, namun beberapa vitamin tersebut bermanfaat ketika dikonsumsi oleh tubuh.

2.  Mineral

Selain vitamin, aneka macam jenis mineral juga ditemukan dalam buah ini. Beberapa diantaranya ialah kalsium, zat besi, fosfor dan masih banyak lagi.

3.  Lain-lain

Nutrisi penting lainnya yang terdapat dalam buah duku diantaranya ialah kalori, serat, protein, karbohidrat, lemak dan sebagainya. Buah yang mengandung kalori 63 kkal per 100 gram ini mengandung karbohidrat 13 gram,  lemak 0.2 gram, serat 1 gram dan protein 1 gram.


Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan


 Buah duku merupakan salah satu anggota suku  14 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1.  Memperkuat Sistem Imun

Manfaat yang pertama ialah sebagai sumber alami untuk memperkuat sistem imun. Hal ini, sebab kandungan vitamin penting untuk sistem imun menyerupai vitamin C. Jika sistem imun kuat, Anda tidak akan gampang terjangkit penyakit yang sering muncul ketika ekspresi dominan pancaroba menyerupai flu, demam, batuk dan sebagainya.

2.  Sumber Energi Alami

Manfaat berikutnya ialah mencukupi asupan energi untuk proses metabolisme dalam tubuh. Hal ini tidak lain dan tidak bukan, sebab adanya kandungan kalori dan karbohidrat dalam buah ini yang mempunyai tugas penting terutama dalam proses pembakaran energi.

3.  Menjaga Kelembapan Alami Pada Rambut

Manfaat selanjutnya yang wajib diketahui oleh para perempuan maupun laki-laki ialah menunjukkan kelembapan alami pada setiap helai rambut. Seperti yang kita tahu, rambut yang terlalu kering dan kaku akan menjadikan aneka macam kerusakan rambut. Karena itulah, nutrisi yang melembabkan rambut perlu Anda dapatkan.
4.  Sebagai Obat Alami Untuk Cacingan

Manfaat berikutnya yang penting untuk diketahui para kaum ibu ialah manfaat buah duku untuk mengatasi cacingan yang sering dialami oleh anak-anak. Anda sanggup menunjukkan anak yang cacingan beberapa butir buah duku. Selain itu, Anda juga sanggup menyisihkan biji buah duku untuk ditumbuk halus dan dicampur dengan air 1/4 gelas. Campuran tersebut diminum 2 kali sehari.

5.  Membantu Melancarkan Sistem dan Kinerja Organ Pencernaan

Manfaat lainnya dari buah duku ialah membantu sistem pencernaan tubuh supaya tetap bekerja optimal. Manfaat ini didapatkan dari kandungan serat dari buah ini. Serat yang cukup akan gampang diserap dan diproses oleh organ pencernaan sehingga hasil feses yang sering mengandung zat berbahaya pada tubuh sanggup dikeluarkan dengan lancar dan tidak menumpuk di perut.

6.  Mengatasi Jerawat Pada Wajah

Manfaat buah duku untuk kecantikan yang akan sangat penting diketahui oleh para kaum cukup umur ialah sebagai obat alami untuk menghilangkan abuh terutama yang terdapat pada wajah. Vitamin B kompleks dan vitamin C akan mengusir basil penyebab abuh tanpa harus meninggalkan bekas setelahnya.

7.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang mempunyai aktivitas diet dan ingin menurunkan berat badan, buah duku merupakan salah satu jenis buah-buahan yang bagus untuk membatasi asupan kalori yang berlebih sehingga berat tubuh tidak bertambah. Selain itu, kandungan karbohidrat dari buah ini juga akan menciptakan orang yang berdiet akan merasa kenyang lebih lama. Buah ini juga sanggup menjadi snack sehat ketika diet.

8.  Mempercepat Proses Penyembuhan Saat Sakit

Manfaat lainnya ialah sebagai asupan alami supaya ketika sakit proses penyembuhannya lebih cepat. Hal ini, sebab nutrisi dalam buah duku yang mempunyai sifat antioksidan terhadap aneka macam radikal bebas pembawa virus dan basil penyebab penyakit. Antioksidan tersebut tidak hanya memerangi penyakit namun juga membangun kekuatan tubuh yang sakit.

9.  Menutrisi Kulit Agar Tampak Muda dan Sehat

Manfaat berikutnya yang penting untuk diketahui oleh kaum perempuan ialah memberi nutrisi kulit dari dalam. Kulit juga memerlukan nutrisi menyerupai vitamin E dan C supaya sanggup selalu sehat. Vitamin C dari buah ini akan menutrisi kulit sekaligus menunjukkan keremajaan pada kulit. Dengan begitu, kulit yang ternutrisi akan terhindar dari gangguan menyerupai kulit gelap sebab sinar matahari dan sebagainya.

10.  Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit

Radikal bebas yang masuk ke dalam jaringan kulit akan menjadikan proses penuaan dini berlangsung lebih cepat. Hal ini sanggup dibuktikan dengan rasa gatal di kulit serta adanya kerutan, keriput, serta dilema lainnya pada kulit. Untuk mengatasinya, Anda sanggup mengonsumsi daging buah duku dan mengoleskan kulit buahnya ke area kulit yang gatal.

11.  Menjaga Kesehatan Kuku

Manfaat selanjutnya ialah untuk menjaga kesehatan kuku. Daripada memakai obat kimia, Anda sanggup merawat kuku dengan memanfaatkan buah duku. Perawatan ini cukup gampang dilakukan. Anda hanya perlu menusukkan kuku ke daging buahnya.

12.  Mengatasi Demam Tinggi

Jika suatu kali anak atau anggota keluarga mengalami demam dan tidak mempunyai nafsu makan, Anda sanggup menunjukkan daging buah duku untuk mereka makan. Selain itu, Anda juga sanggup menciptakan obat demam alami dari biji buah duku yang dihaluskan dan dicampur dengan air minum.

13.  Memperkuat Gigi dan Gusi

Selain kalori dan karbohidratnya, kandungan mineral menyerupai kalsium dalam buah duku juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kalsium akan menciptakan gigi menjadi lebih kuat, sementara pada gusi, kalsium akan membantu gusi supaya tidak gampang terkikis bahkan berdarah. Jadi, selain rutin gosok gigi, Anda juga perlu mengonsumsi masakan yang baik untuk gigi dan gusi.
14.  Sebagai Obat Alami Untuk Diare

Manfaat buah duku yang terakhir ialah sebagai obat alami untuk diare. Diare sanggup terjadi sebab kurangnya konsumsi masakan yang kaya serat. Karena itu, orang yang mengalami diare perlu mengonsumsi masakan dan buah kaya serat menyerupai buah duku ini.

Buah duku memang umumnya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung. Namun, jikalau Anda bosan dengan cara umum ini, Anda sanggup mencoba mengolah buah duku untuk diolah menjadi masakan atau minuman menyerupai pudding, kue, kerupuk dan sebagainya. Hanya saja, untuk mengolah buah ini, proses yang diharapkan tidak sebentar.

Demikian beberapa isu seputar kandungan nutrisi dan manfaat buah duku baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dari uraian tersebut sanggup disimpulkan bahwa tidak hanya daging buah duku saja yang bermanfaat, kulit maupun biji buah duku juga mempunyai manfaat tersendiri yang sama pentingnya. Bagaimana berdasarkan Anda?

0 Response to "14 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel